KEGIATAN BELAJAR (Konsep Dasar PTK)


SILAHKAN LAKUKAN KEGIATAN BELAJAR DENGAN BAIK, DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB.

SEMOGA SUKSES !!!

PENDAHULUAN

Anda masih ingat tentang penelitian pendidikan, bukan? Dalam penelitian pendidikan telah diuraikan secara lengkap berbagai pendekatan metode dan bentuk dalam penelitian pendidikan, salah satu bentuk penelitian tersebut adalah penelitian tindakan kelas. Meskipun pada penelitian pendidikan telah dilakukan pembahasan, namun untuk mendapatkan penjelasan yang lebih dalam, maka pada modul ini akan dilakukan pembahasan yang lebih dalam lagi.

      Sebagai mahasiswa calon guru atau bahkan Anda sebagai pengajar, maka sudah seharusnya dalam menjalankan tugasnya nanti selalu berusaha meningkatkan dan memperbaiki proses pembelajaran yang Anda kelola memikirkan proses pembelajaran yang akan dilaksanakan agar dapat mebantu siswa mencapai setiap tujuan pembelajaran yang ditentukan secara efektif. Untuk mewujudkan ketercapaian tujuan pembelajaran tidak selamanya dapat berjalan secara lancar dan mulus, kadangkala terjadi hambatan, masalah yang tentunya tidak boleh didiamkan begitu saja, harus diselesaikan dan dipecahkan secara tepat, sistematis dan rasional atau dengan kata lain secara ilmiah. Pemecahan masalah secara ilmiah dikenal dengan istilah penelitian, khusus untuk perbaikan dan peningkatan serta perubahan pembelajaran dapat dilakukan dengan penelitian tindakan kelas.

            Bab ini secara khusus akan membahas berbagai persoalan penelitian tindakan kelas. Pada bagian pertama ini  akan dibahas pengertian peneltian tindakan kelas, tujuan dan manfaat penelitian tindakan kelas, karakteristik penelitian tindakan kelas dan prinsip prinsip penelitian tindakan kelas.