Topic outline

  • ----------------------------------------------------------------------------



    DESKRIPSI MATA KULIAH

    Mata kuliah Penellitian Tindakan Kelas memberi pengalaman belajar mahasiswa tentang prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas yang  akan digunakan pada saat mahasiswa  melakukan penelitian untuk menyusun sekripsi atau tugas akhir atau keperluan pengembangan. Dalam perkuliahan ini di bahas tentang metodologi penelitian tindakan kelas meliputi : konsep dasar penelitian tindakan, karakteristik penelitian tindakan, tujuan dan manfaat penelitian tindakan kelas, identifikasi dan formulasi masalah dalam penelitian tindakan, analisis dalam penelitian tindakan kelas, format usulan penelitian tindakan kelas, contoh implementasi penelitian tindakan kelas dalam pendidikan di sekolah dasar.

     
    CAPAIAN PEMBELAJARAN

    1. Mahasiswa mampu menjelaskan  konsep dasar  penelitian tndakan kelas
    2. Mahasiswa mampu merumuskan masalah dalam  penelitian tindakan kelas
    3. Mahasiswa mamapu menjelaskan berbagai model penelitian tindakan kelas
    4. Mahasiswa mampu mengembangkan disain PTK, mengembangkan teknik  dan Alat yang diperlukan PTK, serta mamapu melakukan monitoring PTK
    5. Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian tindakan kelas  dan mempresentasikannya

    MATERI PEMBELAJARAN

    1. Konsep dasar peneltian tindakan kelas  (pengertian, rasionalisasi, karakteristik, tujuan dan manfaat penelitian tindakan kelas)
    2. Identifikasi dan formulasi masalah dalm penelitian tindakan kelas (identifikasi masalah, tinjauan pustaka, perumusan masalah)
    3. Model model penelitian tindakan kelas
    4. Pengembangan desain penelitian tindakan kelas
    5. Monitoring dalam penelitian tindakan kelas
    6. Teknik dan alat yang diperlukan dalam penelitian tindakan kelas
    7. Observasi dalam penelitian tindakan kelas
    8. Analisis dalam penelitian tindakan kelas
    9. Format usulan penelitian tindakan kelas
    10. Implementasi penelitian tindakan kelas

    • KONSEP DASAR PENELITIAN TINDAKAN KELAS

      Sebagai mahasiswa calon guru atau bahkan Anda sebagai pengajar, maka sudah seharusnya dalam menjalankan tugasnya nanti selalu berusaha meningkatkan dan memperbaiki proses pembelajaran yang Anda kelola memikirkan proses pembelajaran yang akan dilaksanakan agar dapat mebantu siswa mencapai setiap tujuan pembelajaran yang ditentukan secara efektif. Untuk mewujudkan ketercapaian tujuan pembelajaran tidak selamanya dapat berjalan secara lancar dan mulus, kadangkala terjadi hambatan, masalah yang tentunya tidak boleh didiamkan begitu saja, harus diselesaikan dan dipecahkan secara tepat, sistematis dan rasional atau dengan kata lain secara ilmiah. Pemecahan masalah secara ilmiah dikenal dengan istilah penelitian, khusus untuk perbaikan dan peningkatan serta perubahan pembelajaran dapat dilakukan dengan penelitian tindakan kelas.

      Pada Bab ini secara khusus akan membahas berbagai persoalan penelitian tindakan kelas. Pada bagian pertama ini  akan dibahas pengertian peneltian tindakan kelas, tujuan dan manfaat penelitian tindakan kelas, karakteristik penelitian tindakan kelas dan prinsip prinsip penelitian tindakan kelas.

      CAPAIAN PEMBELAJARAN

      Anda diharapkan dapat memiliki pemahaman yang benar tentang penelitian tindakan kelas dan dapat membedakan dengan penelitian lainnya dalam bidang pendidikan. Secara khusus Anda diharapkan dapat :

      1. menjelaskan pengertian penelitian tindakan kelas
      2. tujuan dan manfaat pelaksanaan penelitian tndakan kelas
      3. karakteristik dan perbedaan penelitian tindakan kelas dengan penelitian pendidikan lainnya, serta
      4. prinsip penelitian tindakan kelas.

      • TUGAS 1 Assignment
        Restricted Not available unless:
        • It is before 20 February 2023, 11:55 PM
        • The activity FORUM DISKUSI is marked complete
      • Tes Formatif 1 Quiz
        Restricted Not available unless:
        • The activity TUGAS 1 is marked complete
        • It is before 20 February 2023, 11:55 PM
    • MODEL-MODEL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

      Pada Bagian 2 ini Anda akan mengkaji model model  Penelitian Tindakan Kelas .  Sebagaimana penelitian yang lain seperti Penelitian Pengembangan juga ada beberapa model yang dikembangkan oleh ahli, demikian juga pada penelitian lainnya . 

      Setelah mengkaji model-model penelitian ini, Anda diharapkan dapat memiliki pemahaman yang benar tentang berbagai model penelitian tindakan kelas dari beberapa ahli. Dari penguasaan terhadap beberapa model penelitian tindakan kelas tersebut, Anda diharapkan dapat mengembangkan penelitian tindakan kelas dengan mengacu dari model-model tersebut yang kiranya relevan untuk diterapkan dalam penellitian   yang akan Anda lakukan pada saatnya menjadi seorang guru untuk memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran.

      CAPAIAN PEMBELAJARAN

      Anda diharapkan dapat memiliki pemahaman yang benar tentang model penelitian tindakan kelas  dari beberapa ahli. Secara khusus Anda diharapkan dapat :

      1. menguraikan model Kurt Lewin, model Riel, model Kemmis Taggart dan model DDAER.
      2. menguraikan kesamaan dan perbedaan dari model model yang dikembangkan ahli tersebut.
      3. menetapkan kedudukan dari setiap model dalam  penelitian tindakan kelas

       


    • PROSEDUR PTK

      Anda masih ingat tentunya bahwa PTK bukan hanya bertujuan mengungkapkan penyebab dari berbagai permasalahan pembelajaran yang dihadapi seperti kesulitan siswa dalam mempelajari pokok-pokok bahasan tertentu, pemilihan metode dan strategi guru yang kurang tepat, penggunaan media yang tidak efektif dan sebagainya, tetapi yang lebih penting lagi adalah memberikan pemecahan masalah berupa tindakan tertentu untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar. Atas dasar itu, terdapat tiga hal penting dalam pelaksanaan PTK yakni sebagai berikut.

      1. PTK adalah penelitian yang mengikutsertakan secara aktif peran guru dan siswa dalam berbagai tindakan.
      2. Kegiatan refleksi (perenungan, pemikiran, evaluasi) dilakukan berdasar- kan pertimbangan rasional (menggunakan konsep teori) yang mantap dan valid guna melakukan perbaikan tindakan dalam upaya memecahkan masalah yang terjadi.
      3. Tindakan perbaikan terhadap situasi dan kondisi pembelajaran dilakukan dengan segera dan dilakukan secara praktis (dapat dilakukan dalam praktik pembelajaran).

               Berikut ini anda akan mempelajari prosedur pelaksanaan PTK yang meliputi penetapan fokus permasalahan, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan yang diikuti dengan kegiatan observasi, interpretasi, dan analisis, serta refleksi.
               

      Anda diharapkan dapat memiliki pemahaman yang benar tentang prosedur  penelitian tindakan kelas. Berbekal penguasaan terhadap prosedur penelitian tindakan kelas tersebut, Anda diharapkan dapat menjelaskan prosedur  penelitian tindakan kelas  dan dapat menerapkan prosedur tersebut dalam penellitian yang akan Anda lakukan pada saatnya menjadi seorang guru untuk memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran.


    • UJIAN TENGAH SEMESTER

      Selamat, Anda telah menyelesaikan Topik pembelajaran  (Konsep Dasar Penelitian Tindakan Kelas dan Prosedur Penelitian). Selanjutnya, silahkan Anda kerjakan Ujian Tengah Semester. Ujian Tengah Semester ini sebagai rangkaian penilaian untuk memastikan sejauh mana ketercapain capaian pembelajaran mata kuliah yang telah ditetapkan. Ujian Tengah semester ini memiliki bobot 30 % dari keseluruhan penilaian. 

      Sebelum mengerjakan Ujian Tengah Semester ini persiapkan dengan baik dan perhatikan jadwal dan limit waktu yang disediakan. 

      Selamat Mengerjakan.

      • UJIAN TENGAH SEMESTER Quiz
        Restricted Available until 28 March 2023, 10:05 AM
    • PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

      Anda telah mengkaji Konsep Dasar PTK, Model - model Penelitian Kelas dan Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Pada modul 4 ini , Anda akan mengkaji tentang proposal penelitian tindakan kelas.

      Setelah fokus masalah ditentukan dan dihasilkan judul penelitian tindakan kelas, langkah selanjutnya adalah merancang atau menyusun proposal PTK.

      Proposal PTK merupakan rencana penelitian yang dituangkan secara sistematis dan terorganisasi dalam bentuk narasi. Proposal ini akan menjadi pedoman Anda dalam melaksanakan PTK. Dapat Anda bayangkan jika pedoman yang Anda buat tidak jelas, tentu akan terjadi kebingungan dalam pelaksanaannya.

      Setelah mempelajari Modul 4 ini, Anda diharapkan mampu menyusun proposal PTK dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dari case study, identifikasi masalah, rumusan masalah, dan judul yang telah dirumuskan. Untuk membantu Anda agar menguasai kemampuan tersebut, pembahasan Modul 4 ini disajikan dalam tiga Kegiatan Belajar (KB) sebagai berikut.

      1.  KB 1: Komponen dan Perancangan Proposal PTK
      2.  KB 2: Menyusun Kajian Pustaka
      3.  KB 3: Menyusun Metode Penelitian

      Agar anda dapat memperoleh capaian belajar yang ditentukan dengan maksimal lakukan belajar baik.

    • SISTEMATIKA LAPORAN DAN DESKRIPSI HASIL PENELITIAN

      Anda telah mempelajari dan mempraktikkan penyusunan proposal penelitian tindakan kelas. Setelah proposal tersebut dilaksanakan tentunya harus dilaporkan hasilnya. Bagaimana sistematika laporan dan deskripsi hasil penelitian tersebut akan kita bahas pada Bab atau modul  ke 5  ini. 

      Modul ini terdiri dari  2 (dua) kegiatan belajar, yaitu ;

      1. kegiatan belajar 1 (satu) membahas tentang “sistematika laporan”, 
      2. kegiatan belajar 2 (dua) membahas tentang  “deskripsi hasil penelitian”.

      Setelah mempelajari modul ini Anda diharapkan mampu menyusun laporan penelitian tindakan kelas.

      Selamat Belajar !



      • UJIAN TENGAH SEMESTER (REMEDI) Quiz
        Restricted Available until 23 May 2023, 10:05 AM
    • UJIAN AKHIR SEMESTER

      Selamat, Anda telah menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan perkuliahan dari Topik pertama sampai dengan topik yang terakhir.

      Kini saatnya Anda melakukan Ujian Akhir Semester.  Ujian akhir semester dilakukan secara online melalui aplikasi ini, sesuai jadwal perkuliahan. ( 30 Mei 2023, Mulai pukul 08.00 )

      Diharapkan mahasiswa untuk mempersiapkan secara baik dan sungguh sungguh !

      Terima kasih.

      • UJIAN AKHIR SEMESTER 1 Quiz
        Restricted Available until 7 June 2023, 10:00 AM