Deskripsi Topik Materi

Assalamu'alaikum. Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sahabat mahasiswa pada hari ini? Semoga senantiasa dalam lindungan Tuhan YME dan selalu diberi keberkahan nikmat sehat dan semangat dalam menjalankan perkualiahan. Sahabat mahasiswa jangan lupa untuk selalu berdoa setiap akan melaksanakan perkuliahan agar ilmu yang diperoleh menjadi keberkahan pada saat menjadi mahasiswa maupun ketika sudah menjadi guru SD. Pada pertemuan ke-10 ini merupakan materi lanjutan dari pertemuan 9. Oleh karena itu, mahasiswa harus memahami dahulu materi terkait program literasi di sekolah sebelum sahabat mahasiswa mampu merancang program literasi di sekolah.

Deskripsi Topik Materi Ajar : 

Pada maeteri ini mahasiswa diharapkan merancang sebuah program literasi di sekolah setelah memahami definisi pojok literasi, membaca buku 15 menit, mading, duta literasi, lomba menulis, dan kunjungan rutin ke perpustakaan.

CMPK :

  1. Mahasiswa mampu mendeskripsikan (C3) teori, prosedur, dan prinsip kerja dalam pembelajaran literasi SD (S9, PP2) dan menginternalisasi tahapan proses prinsip kerja ilmiah melalui membaca buku “Pendidikan Literasi” secara benar.
  2. Mahasiswa mampu menerapkan pembelajaran literasi yang terkait dengan bidang-bidang yang mendukung peningkatan mutu pembelajaran di SD, yang meliputi bidang studi utama (Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Matematika, dan PPKn) (C4, P2) (KU1,KK8)

INDIKATOR

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan program-program pembelajaran literasi di SD.
  2. Mahasiswa mampu mengembangkan program-program pembelajaran literasi di SD.

PROGRAM LITERASI DI SEKOLAH

  1. Pojok literasi
  2. Membaca buku 15 menit
  3. Mading
  4. Duta literasi
  5. Lomba menulis
  6. Kunjunga rutin ke perpustakaan
  7. Resume bacaan koran