KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH

Setelah mempelajari Sub Unit 2.1 ini, Anda diharapkan dapat:

  1. Menjelaskan keterampilan pemecahan masalah.
  2. Menerapkan pengembangan keterampilan pemecahan masalah dalam pembelajaran IPA.

Jika Anda cermati tujuan mata pelajaran IPA sesuai dengan Standar Isi, Anda akan menemui istilah “pemecahan masalah”. Di dalam kehidupan sehari-hari, kita selalu berhadapan dengan masalah yang perlu diselesaikan. Akan tetapi, apakah masalah itu? Bagaimanakah langkah-langkah pemecahan masalah? Bagaimanakah pengembangan keterampilan pemecahan masalah di dalam pembelajaran IPA? Pertama-tama, cobalah “memecahkan masalah” berikut ini:


Misalkan Anda seorang detektif. Perhatikan gambar di atas! Terdapat 5 tumpukan koin, tiap-tiap tumpukan berisi 10 koin. Telah diketahui 1 tumpukan di antaranya berisi 10 koin palsu. Massa koin asli 10 gram, sedangkan massa koin palsu 9 gram. Tersedia pula timbangan digital yang cukup peka. DENGAN SEKALI TIMBANG, Anda diminta menentukan tumpukan manakah yang berisi koin palsu. Tuliskan langkah-langkah yang Anda lakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

BerhasilkahAnda? Marilah kita reviu pemecahan masalah yang Anda lakukan.

Apa yang diketahui? Apa yang tidak diketahui? Apa ruang lingkup dan batasan-batasannya?

Yang diketahui: jumlah tumpukan koin, jumlah isi tiap tumpukan koin, massa tiap koin asli, massa tiap koin palsu, ada timbangan digital yang cukup peka. Yang tidak diketahui: tumpukan yang berisi koin palsu.

Ruang lingkup dan batasan: Anda boleh MENGAMBIL KOIN BERAPA SAJA dari tiap tumpukan (tidak ada larangan di dalam masalah tersebut).

Anda diminta melakukan apa?

Anda diminta untuk merumuskan bagaimanakah mengambil koin, agar dengan satu kali menimbang, Anda dapat menentukan tumpukan koin manakah yang palsu.

Bagaimana strategi dan pengorganisasian informasinya ?

Anda perlu menghubungkan massa koin asli dan palsu dengan letak tumpukan.

Anda perlu memperhatikan batasan dalam pernyataan masalah tersebut.

Bagaimanakah penerapan strategi Anda?

Misalkan: ambil 1 koin di tumpukan pertama, 2 koin di tumpukan kedua, 3 koin di tumpukan ketiga, dan seterusnya. Jumlah koin total 15 buah. Timbang koin-koin tersebut. Jika semuanya asli, maka massa totalnya 150 gram. Nah, jika massa koin-koin itu 149 gram, berarti tumpukan pertama yang berisi koin palsu (hanya satu koin yang bermassa 9 gram). Jika massa koin-koin itu 145 gram, berarti yang berisi koin palsu adalah tumpukan kelima (Mengapa?).

Anda evaluasi pemecahan masalah yang telah Anda lakukan.

Apakah langkah-langkah yang telah Anda rumuskan/lakukan dapat menjawab masalah? Adakah cara lain? Apakah langkah-langkah Anda merupakan langkah yang paling efisien? Dalam kasus Anda, apakah pengambilan koinnya harus 1, 2, 3, 4, dan 5?

This lesson closed on Sunday, 4 October 2020, 4:00 PM.