D. Komponen Penunjang

2. Jenis-Jenis Komponen Penunjang

A. SAKLAR

     
Saklar adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk memutuskan dan menghubungkan aliran arus listrik secara mekanik. Sehingga, saklar dinamakan sebagai alat penyambung atau pemutus aliran listrik dalam sebuah rangkaian. Saklar memiliki dua bagian utama yaitu kontaktor dan tuas. Saklar dapat digunakan untuk memutus dan menyambung kuat arus listrik yang besar maupun kuat arus listrik kecil. 
Saklar terdiri atas dua logam yang menempel pada rangkaian dan bisa terhubung atau terpisah sesuai dengan keadaan sambung (on) atau putus (off) dalam rangkaian itu. Material logam kontak sambungan umumnya dipilih agar tahan terhadap korosi. Apabila digunakan logam yang berasal dari bahan oksida biasa, saklar tidak bekerja secara efektif. Sehingga logam kontak harus disepuh dengan logam anti korosi dan anti karat agar mengurangi efek korosi. Pada dasarnya saklar tombol bisa diaplikasikan untuk sensor mekanik, karena alat ini bisa dipakai pada mikrokontroller untuk pengaturan rangkaian pengontrolan. Dalam menjalankan tugasnya saklar membutuhkan operator sebagai penggerak tuas. Operator tuas saklar dapat berupa suatu sistem elektro mekanis maupun operator manusia secara manual. Misalnya saja saat ingin menyalakan dan mematikan lampu, bisa dilakukan secara manual yaitu menekan tombolnya, serta menggunakan teknologi sensor seperti remot atau lampu pintar yang saat ini tengah berkembang.
B. SEKRING

Sekring adalah alat yang digunakan untuk mengukur atau mengamankan arus listrik agar tidak melebihi batas maksimum yang dapat mengakibatkan terjadinya korsleting. Sekring berbentuk sepotong kawat yang menghubungkan rangkaian arus listrik, apabila arus listrik bertambah, kawat akan melebur dan putus sehingga hubungan rangkaian arus listrik juga terputus atau terhubung singkat. Pengujian baik tidaknya komponen sekring ini dilakukan dengan menggunakan multimeter analog. Apabila sekring dalam kondisi dapat digunakan atau baik, maka jarum pada multimeter analog akan bergerak.