PENGANTAR MATA KULIAH: ELEKTRONIKA (PDK UNISMUH - UHAMKA)
1. SALAM PEMBUKA
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Selamat datang adik-adik mahasiswa(i) yang saya banggakan. Semoga selalu dalam keadaan sehat wala’fiat dan dalam lindungan Allah swt, dimanapun kalian berada.
Selamat datang pada mata kuliah Elektronika dalam Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Prodi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar.
Mata kuliah ini ditujukan kepada seluruh Mahasiswa(i) Prodi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar yang ingin memperoleh informasi mendalam terkait berbagai macam komponen elektronika disertai spesifikasi dan penggunaannya pada rangkaian sederhana dan perangkat elektronik.
Selamat mengikuti proses perkuliahan ini dengan baik yah…
Salam hangat dan tetap semangat…
Wassalamualaikum wr wb
2. IDENTITAS MATA KULIAH
Nama mata kuliah : Elektronika
Kode mata kuliah : CW6842034315
Beban SKS : 3 SKS
Semester : III
program studi : Pendidikan Fisika
Fakultas : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Perguruan Tinggi : Universitas Muhammadiyah Makassar
Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
3. DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah elektronika merupakan mata kuliah wajib dengan kode CW6842034315 yang menjadi perluasan dari materi fisika dasar II terkait prinsip kerja listrik dalam berbagai komponen elektronika. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang instrumentasi fisika serta dapat mengaplikasikannya sesuai dengan perkembangan sains dan teknologi. Mata kuliah ini membahas tentang karakteristik dan prinsip kerja berbagai komponen elektronika dalam sebuah rangkaian dengan topik komponen aktif dan pasif; rangkaian Thevenin-Norton; arus transien; rangkaian filter; konsep dasar teori atom, pita energi, dan semikonduktor; dioda penyearah; penyearah gelombang; transistor NPN dan PNP; penguat basis bersama, emitor bersama, dan kolektor bersama; serta rangkaian feedback dan op-amp. Mata kuliah ini dilaksanakan berbasis projek dan disertai praktikum dengan tujuan memperkuat pengetahuan yang diperoleh dan mengasah keterampilan mahasiswa di bidang instrumentasi fisika melalui pengalaman kontekstual. Mata kuliah ini dapat diikuti oleh mahasiswa pada semester 3 dengan beban 4 SKS. Perkuliahan dapat dilaksanakan secara luring maupun daring karena telah diterapkan metode blended learning.
4. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
Sikap
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
Keterampilan Umum
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Keterampilan Khusus
- Mampu menganalisis masalah, menemukan sumber masalah, dan menyelesaikan masalah instrumentasi fisika dalam proses pembelajaran fisika dan masalah manajemen laboratorium fisika sesuai dengan kaidah keilmuan fisika.
Penguasaan Pengetahuan
- Memahami konsep umum, prinsip, dan aplikasi matematika, komputasi, dan fisika instrumentasi
- Memiliki pengetahuan operasional lengkap tentang fungsi, cara mengoperasikan instrumen fisika yang umum dan yang khusus untuk proses pembelajaran
5. CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK)
Setelah mahasiswa mengikuti mata kuliah alat ukur dan pengukuran, diharapkan memiliki kemampuan:
- Mengaitkan konsep Islam dengan konsep kelistrikan dan penggunaannya sebagai dasar pembelajaran mata kuliah elektronika yang dimaknai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas ciptaan-Nya yang membawa berbagai kebermanfaatan melalui Q.S. An-Nur Ayat 35.
- Membangun komunikasi dalam pembelajaran, termasuk mengemukakan pendapat, menghargai perbedaan, serta sikap toleransi selama proses pembelajaran berlangsung.
- Menampilkan kerjasama, kepekaan sosial, dan kepedulian saat proses pembelajaran berlangsung.
- Mengklasifikasi komponen-komponen elektronika berdasarkan sifat dan kegunaannya.
- Menganalisis sebuah rangkaian pengganti Thevenin-Norton dan mengukur tegangan dan arus keluarannya.
- Memahami konsep dasar arus transien dan mengaplikasikan dalam proses pengisian dan pengosongan muatan kapasitor.
- Menganalisis prinsip kerja sebuah rangkaian filter dan mengkonstruksi skema rangkaian filter.
- Memahami konsep dasar teori atom, pita energi, dan semikonduktor.
- Memahami karakteristik dioda penyearah dan menganalisis sebuah rangkaian penyearah.
- Menganalisis rangkaian penyearah gelombang dan merancang beberapa jenis rangkaian penyearah.
- Menelaah perbedaan prinsip kerja dari transistor NPN dan PNP.
- Menganalisis mekanisme penguatan dalam transistor serta mengkonstruksi skema rangkaian penguat basis bersama, emitor bersama, dan kolektor Bersama.
- Memahami karakteristik rangkaian feedback dan op-amp serta menganalisis penggunaannya dalam beberapa skema rangkaian sederhana.
6. BAHAN KAJIAN (MATERI AJAR)
Pada proses pembelajaran selama satu semester, pokok bahasan yang menjadi acuan perkuliahan antara lain:
- Komponen aktif dan pasif
- Rangkaian Thevenin-Norton
- Arus transien
- Rangkaian filter
- Konsep dasar teori atom, pita energi, dan semikonduktor
- Dioda penyearah
- Penyearah gelombang
- Transistor NPN dan PNP
- Penguat basis bersama, emitor bersama, dan kolektor Bersama
- Rangkaian feedback dan op-amp
7. SKEMA (RENCANA) PERKULIAHAN
Proses perkuliahan pada mata kuliah Elektronika dilakukan dengan konsep pembelajaran daring kolaboratif dengan menggunakan aplikasi SPADA Unismuh Makassar. Pembelajaran daring ditempuh untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa(i) secara kolabaratif antara mahasiswa Pendidikan fisika Unismuh Makassar dengan mahasiswa Pendidikan fisika Uhamka. Adapun penerapan pembelajaran berbasis projek dilakukan dengan cara mengarahkan output pembelajaran pada sebuah produk yang terkait dengan serangkaian materi yang telah dipelajari. Hal ini dimaksudkan agar pembelajaran berfokus kepada mahasiswa melalui partisipasi aktifnya serta inisiasi terbaiknya sehingga menghasilkan kemandirian belajar dan melatih kolaborasi serta sikap tanggungjawab dalam memecahkan masalah proyek bersama. Secara tidak langsung, kegiatan ini dimaksudkan agar pengalaman belajar mahasiswa mengarah pada critical thinking and creativity mahasiswa.
8. RENCANA ASESMEN (PENILAIAN)
Berdasarkan sistem perkuliahan yang dijelaskan di atas, maka sistem penilaian mengacu pada proses dan aktivitas yang dilakukan oleh mahasiswa melalui halaman mata kuliah ini dan aktivitas kolaboratif online. Berikut ini beberapa instrumen penilaian yang dapat ditemukan pada proses pembelajaran online di SPADA, sebagai berikut:
- Kuis (online)
- Forum diskusi (online)
- Tugas (online) dan pemaparan tugas proyek
- Aktivitas kehadiran (online)
- Tes formatif
- Tes sumatif
9. DOKUMEN RPS
Silahkan Anda Download RPS di sini.
10. INFORMASI DOSEN PENYUSUN
- Dr. Salwa Rufaida, M.Pd (0914098801) (089695464777) (salwa@unismuh.ac.id)
- Nurfadilah, S.Pd., M.Pd (0904119101) (082396582991) (nurfadilah@unismuh.ac.id)
- Dr. Imas Ratna Ernawati., M.Pd (0314086804) (0819700755)
- Martin, S.Pd., M.Pd (0307039102) (087870878677)
11. REFERENSI
- Malvino, Albert Paul. 2015. Electronic Principles Eighth Edition ISBN 978-0-07-337388: McGraw-Hill Education
- Paul B. Zbar, Albert P. Malvino, Michael A. Miller. 1994. A text-lab Manual. 7th Ed, Glencoe, Macmillan/McGraw-Hill, New York.
- D. Chattopadhyay. 1989. Dasar Elektronika. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press)
- Sutrisno. 1986. Elektronika Teori dan Penerapannya. Bandung: ITB
- Owen Bishop. 2004. Dasar-Dasar Elektronika. Jakarta: Erlangga
- Brophy. JJ. 1972. Basic Electronics For Scientist, 2nd Ed.,McGraw-Hill Kogakusha Ltd.., Tokyo.
- Millman J. 1979. Microelectronics : Digital and Analog Circuit and Systems, pg, xvii-xxvii, Internstional Student Edition, McGraw-Hill Book Colpany, New York.
- Albert Paul Malvino. 2003. Prinsip-prinsip Elektronika, Jakarta. Penerbit Salemba Teknika
Tatap Maya/Virtual Perdana
Silahkan klik link di atas untuk mengikuti pertemuan pertama berupa apersepsi kontrak mata kuliah dan penyampaian pengantar mata kuliah elektronika.