Topic outline

  • PENGANTAR MATA KULIAH: ELEKTRONIKA (PDK UNISMUH - UHAMKA)

    Dosen Pengampu Mata Kuliah Elektronika
    1. SALAM PEMBUKA

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Selamat datang adik-adik mahasiswa(i) yang saya banggakan. Semoga selalu dalam keadaan sehat wala’fiat dan dalam lindungan Allah swt, dimanapun kalian berada.

    Selamat datang pada mata kuliah Elektronika dalam Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Prodi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar.

    Mata kuliah ini ditujukan kepada seluruh Mahasiswa(i) Prodi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar yang ingin memperoleh informasi mendalam terkait berbagai macam komponen elektronika disertai spesifikasi dan penggunaannya pada rangkaian sederhana dan perangkat elektronik.

    Selamat mengikuti proses perkuliahan ini dengan baik yah…

    Salam hangat dan tetap semangat…

    Wassalamualaikum wr wb

    2. IDENTITAS MATA KULIAH

    Nama mata kuliah     : Elektronika
    Kode mata kuliah       : CW6842034315
    Beban SKS                  : 3 SKS
    Semester                     : III
    program studi             : Pendidikan Fisika
    Fakultas                       : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Perguruan Tinggi       : Universitas Muhammadiyah Makassar
                                            Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

    3. DESKRIPSI MATA KULIAH

    Mata kuliah elektronika merupakan mata kuliah wajib dengan kode CW6842034315 yang menjadi perluasan dari materi fisika dasar II terkait prinsip kerja listrik dalam berbagai komponen elektronika. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang instrumentasi fisika serta dapat mengaplikasikannya sesuai dengan perkembangan sains dan teknologi. Mata kuliah ini membahas tentang karakteristik dan prinsip kerja berbagai komponen elektronika dalam sebuah rangkaian dengan topik komponen aktif dan pasif; rangkaian Thevenin-Norton; arus transien; rangkaian filter; konsep dasar teori atom, pita energi, dan semikonduktor; dioda penyearah; penyearah gelombang; transistor NPN dan PNP; penguat basis bersama, emitor bersama, dan kolektor bersama; serta rangkaian feedback dan op-amp. Mata kuliah ini dilaksanakan berbasis projek dan disertai praktikum dengan tujuan memperkuat pengetahuan yang diperoleh dan mengasah keterampilan mahasiswa di bidang instrumentasi fisika melalui pengalaman kontekstual. Mata kuliah ini dapat diikuti oleh mahasiswa pada semester 3 dengan beban 4 SKS. Perkuliahan dapat dilaksanakan secara luring maupun daring karena telah diterapkan metode blended learning.

    4. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

    Sikap

    1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
    2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
    3. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

    Keterampilan Umum

    1. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

    Keterampilan Khusus

    1. Mampu menganalisis masalah, menemukan sumber masalah, dan menyelesaikan masalah instrumentasi fisika dalam proses pembelajaran fisika dan masalah manajemen laboratorium fisika sesuai dengan kaidah keilmuan fisika.

    Penguasaan Pengetahuan

    1. Memahami konsep umum, prinsip, dan aplikasi matematika, komputasi, dan fisika instrumentasi
    2. Memiliki pengetahuan operasional lengkap tentang fungsi, cara mengoperasikan instrumen fisika yang umum dan yang khusus untuk proses pembelajaran

    5. CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK)

    Setelah mahasiswa mengikuti mata kuliah alat ukur dan pengukuran, diharapkan memiliki kemampuan:

    1. Mengaitkan konsep Islam dengan konsep kelistrikan dan penggunaannya sebagai dasar pembelajaran mata kuliah elektronika yang dimaknai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas ciptaan-Nya yang membawa berbagai kebermanfaatan melalui Q.S. An-Nur Ayat 35.
    2. Membangun komunikasi dalam pembelajaran, termasuk mengemukakan pendapat, menghargai perbedaan, serta sikap toleransi selama proses pembelajaran berlangsung.
    3. Menampilkan kerjasama, kepekaan sosial, dan kepedulian saat proses pembelajaran berlangsung.
    4. Mengklasifikasi komponen-komponen elektronika berdasarkan sifat dan kegunaannya.
    5. Menganalisis sebuah rangkaian pengganti Thevenin-Norton dan mengukur tegangan dan arus keluarannya.
    6. Memahami konsep dasar arus transien dan mengaplikasikan dalam proses pengisian dan pengosongan muatan kapasitor.
    7. Menganalisis prinsip kerja sebuah rangkaian filter dan mengkonstruksi skema rangkaian filter.
    8. Memahami konsep dasar teori atom, pita energi, dan semikonduktor.
    9. Memahami karakteristik dioda penyearah dan menganalisis sebuah rangkaian penyearah.
    10. Menganalisis rangkaian penyearah gelombang dan merancang beberapa jenis rangkaian penyearah.
    11. Menelaah perbedaan prinsip kerja dari transistor NPN dan PNP.
    12. Menganalisis mekanisme penguatan dalam transistor serta mengkonstruksi skema rangkaian penguat basis bersama, emitor bersama, dan kolektor Bersama.
    13. Memahami karakteristik rangkaian feedback dan op-amp serta menganalisis penggunaannya dalam beberapa skema rangkaian sederhana.

    6. BAHAN KAJIAN (MATERI AJAR)

    Pada proses pembelajaran selama satu semester, pokok bahasan yang menjadi acuan perkuliahan antara lain:

    1. Komponen aktif dan pasif
    2. Rangkaian Thevenin-Norton
    3. Arus transien
    4. Rangkaian filter
    5. Konsep dasar teori atom, pita energi, dan semikonduktor
    6. Dioda penyearah
    7. Penyearah gelombang
    8. Transistor NPN dan PNP
    9. Penguat basis bersama, emitor bersama, dan kolektor Bersama
    10. Rangkaian feedback dan op-amp

    7. SKEMA (RENCANA) PERKULIAHAN 

    Proses perkuliahan pada mata kuliah Elektronika dilakukan dengan konsep pembelajaran daring kolaboratif dengan menggunakan aplikasi SPADA Unismuh Makassar. Pembelajaran daring ditempuh untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa(i) secara kolabaratif antara mahasiswa Pendidikan fisika Unismuh Makassar dengan mahasiswa Pendidikan fisika Uhamka. Adapun penerapan pembelajaran berbasis projek dilakukan dengan cara mengarahkan output pembelajaran pada sebuah produk yang terkait dengan serangkaian materi yang telah dipelajari. Hal ini dimaksudkan agar pembelajaran berfokus kepada mahasiswa melalui partisipasi aktifnya serta inisiasi terbaiknya sehingga menghasilkan kemandirian belajar dan melatih kolaborasi serta sikap tanggungjawab dalam memecahkan masalah proyek bersama. Secara tidak langsung, kegiatan ini dimaksudkan agar pengalaman belajar mahasiswa mengarah pada critical thinking and creativity mahasiswa.

    8. RENCANA ASESMEN (PENILAIAN)

    Berdasarkan sistem perkuliahan yang dijelaskan di atas, maka sistem penilaian mengacu pada proses dan aktivitas yang dilakukan oleh mahasiswa melalui halaman mata kuliah ini dan aktivitas kolaboratif online. Berikut ini beberapa instrumen penilaian yang dapat ditemukan pada proses pembelajaran online di SPADA, sebagai berikut:

    1. Kuis (online)
    2. Forum diskusi (online)
    3. Tugas (online) dan pemaparan tugas proyek
    4. Aktivitas kehadiran (online)
    5. Tes formatif
    6. Tes sumatif

      9. DOKUMEN RPS

      Silahkan Anda Download RPS di sini.

      10. INFORMASI DOSEN PENYUSUN

      • Dr. Salwa RufaidaM.Pd (0914098801) (089695464777) (salwa@unismuh.ac.id)
      • Nurfadilah, S.Pd., M.Pd (0904119101) (082396582991) (nurfadilah@unismuh.ac.id)
      • Dr. Imas Ratna Ernawati., M.Pd (0314086804) (0819700755) 
      • Martin, S.Pd., M.Pd (0307039102) (087870878677)

      11. REFERENSI

      1. Malvino, Albert Paul. 2015. Electronic Principles Eighth Edition ISBN 978-0-07-337388: McGraw-Hill Education
      2. Paul B. Zbar, Albert P. Malvino, Michael A. Miller. 1994. A text-lab Manual. 7th Ed, Glencoe, Macmillan/McGraw-Hill, New York.
      3. D. Chattopadhyay. 1989. Dasar Elektronika. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press)
      4. Sutrisno. 1986. Elektronika Teori dan Penerapannya. Bandung: ITB
      5. Owen Bishop. 2004. Dasar-Dasar Elektronika. Jakarta: Erlangga
      6. Brophy. JJ. 1972. Basic Electronics For Scientist, 2nd Ed.,McGraw-Hill Kogakusha Ltd.., Tokyo.
      7. Millman J. 1979. Microelectronics : Digital and Analog Circuit and Systems, pg, xvii-xxvii, Internstional Student Edition, McGraw-Hill Book Colpany, New York.
      8. Albert Paul Malvino. 2003. Prinsip-prinsip Elektronika, Jakarta. Penerbit Salemba Teknika

    1. PROJEK I: APLIKASI KOMPONEN DALAM PERALATAN ELEKTRONIK SEDERHANA

      Projek I

      السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

      Alhamdulillah, Anda sekarang dapat memulai aktivitas pembelajaran secara mandiri dimulai pada PROJEK I ini, sebelum lanjut melakukan aktivitas pembelajaran dan agar lebih mudah dalam menerima pelajaran dan supaya ilmu yang diterima dapat bermanfaat mari melafazkan doa berikut:

      رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ. 

      Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin

      Artinya: "Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh."

      1. Materi Ajar Projek I

      1. Komponen Aktif dan Pasif
      2. Rangkaian  Thevenin-Norton
      3. Arus Transien
      4. Rangkaian Filter
      5. Konsep Dasar Teori Atom, Pita Energi, dan Semikonduktor
      2. Petunjuk Belajar

      1. Cermati sumber belajar dan sumber aktivitas yang tersedia dibawah ini
      2. Mulailah Anda mengakses dan menelaah sumber belajar yang tersedia baik secara terstruktur maupun tidak terstruktur
      3. Kerjakan sumber aktivitas yang tersedia, seperti: tugas, forum diskusi, kuis, evaluasi, dll 
      4. Catatan: Rekam jejak aktivitas belajar Anda terekam oleh sistem di SPADA Unismuh Makassar 

      3. Petunjuk Tugas Projek I

      1. Projek I berupa pembuatan peralatan elektronik sederhana sebagai pengaplikasian dari konsep komponen elektronika.
      2. Tugas projek I ini menghasilkan sebuah produk lengkap dengan spesifikasi produk berupa peralatan elektronik sederhana yang melibatkan beberapa komponen dalam prinsip kerjanya, baik komponen aktif maupun pasif.
      3. Waktu pengerjaan tugas projek I dimulai sejak tanggal 2 Oktober 2023 hingga 13 November 2023
      4. Tugas projek I dibuat melalui tahapan (a) Menentukan dasar pembuatan projek; (b) Membuat rancangan desain projek; (c) Menyusul timeschedule pembuatan projek sesuai alokasi waktu yang telah ditetapkan; (d) Membuat laporan kemajuan terkait projek I; (e) Mengujicoba hasil rancangan projek; dan (f) mengevaluasi projek yang telah dihasilkan.
      5. Tugas projek I ini menghasilkan sebuah luaran berupa sebuah peralatan elektronik yang menerapkan penggunaan komponen elektronika sehingga peralatan elektronika tersebut dapat berfungsi dengan baik.
      6. Tugas projek I ini menjadi pengganti nilai ujian tengah semester adik-adik dengan bobot nilai 20% dari total penilaian.
      7. Silahkan mendiskusikan tugas projek I ini bersama teman kelompok yang telah ditentukan sebelumnya. Jika terdapat kesulitan atau kendala dalam pembuatan projek, Anda dapat mengkonsultasikannya kepada dosen pengampu mata kuliah.


      SELAMAT BELAJAR DAN SEMOGA SUKSES !!!

    2. PROYEK II : Lab Virtual Elektronika

      Projek II

      السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

      Alhamdulillah, Anda sekarang dapat memulai aktivitas pembelajaran secara mandiri dimulai pada PROYEK II ini, sebelum lanjut melakukan aktivitas pembelajaran dan agar lebih mudah dalam menerima pelajaran dan supaya ilmu yang diterima dapat bermanfaat mari melafazkan doa berikut:

      رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ. 

      Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin

      Artinya: "Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh."

      1. Materi Ajar Proyek II

      1. Dioda Penyearah
      2. Penyearah Gelombang
      3. Transistor NPN dan PNP
      4. Penguat Basis Bersama, Emitor Bersama, dan Kolektor Bersama
      5. Rangkaian Feedback dan op-amp
      2. Petunjuk Belajar

      1. Cermati sumber belajar dan sumber aktivitas yang tersedia dibawah ini
      2. Mulailah Anda mengakses dan menelaah sumber belajar yang tersedia baik secara terstruktur maupun tidak terstruktur
      3. Kerjakan sumber aktivitas yang tersedia, seperti: tugas, forum diskusi, kuis, evaluasi, dll 
      4. Catatan: Rekam jejak aktivitas belajar Anda terekam oleh sistem di SPADA Unismuh Makassar 

      3. Petunjuk Tugas Proyek II

      1. Proyek II dibuat berdasarkan hasil pelaksanaan praktikum elektronika terkait beberapa materi di atas melalui lab virtual.
      2. Tugas proyek II ini menghasilkan sebuah produk berupa karya tulis ilmiah berdasarkan hasil pelaksanaan praktikum elektronika terkait beberapa materi di atas melalui lab virtual.
      3. Waktu pengerjaan tugas proyek II dimulai sejak tanggal 15 November 2023 hingga 15 Desember 2023
      4. Tugas proyek II dibuat melalui tahapan (a) Menentukan dasar pembuatan proyek; (b) Membuat rancangan desain proyek; (c) Menyusul timeschedule pembuatan proyek sesuai alokasi waktu yang telah ditetapkan; (d) Membuat proyek II secara kolaboratif dosen dan mahasiswa; (e) Mempresentasikan hasil proyek II; dan (f) mengevaluasi proyek yang telah dihasilkan.
      5. Tugas proyek I ini menghasilkan sebuah luaran jurnal ilmiah berbasis praktikum lab virtual elektronika yang kemudian akan diterbitkan pada jurnal terindeks.
      6. Tugas proyek II ini menjadi pengganti nilai ujian akhir semester adik-adik dengan bobot nilai 30% dari total penilaian.
      7. Silahkan mendiskusikan tugas proyek II ini bersama teman kelompok yang telah ditentukan sebelumnya. Jika terdapat kesulitan atau kendala dalam pembuatan proyek, Anda dapat mengkonsultasikannya kepada dosen pengampu mata kuliah.

      SELAMAT BELAJAR DAN SEMOGA SUKSES