Uraian Materi

Rangkuman

Sintaksis adalah ilmu tata bahasa yang mempelajari tentang susunan kata dengan kata lain sehingga membentuk suatu frasa, klausa, maupun kalimat. Empat macam alat sintaksis meliputi urutan, bentuk kata, intonasi, dan kata tugas. Informasi semantik dibutuhkan dalam sistem infomasi manajamen agar tidak terjadi kerancuan dalam penafsiran. 

Semantik adalah ilmu tentang makna kata, frasa, maupun kalimat dalam sebuah bahasa. Berbagai jenis relasi makna, seperti homonimi, polisemi, sinonimi, antonimi, hiponimi dan meronimi. Semantik merujuk kepada makna perkataan sedangkan sintaksis merujuk kepada struktur kebahasaan. Sintaksis dalam pemilahan kalimat memerlukan bantuan semantik. Kemudian, untuk menganalisis peran konstituen kalimat, sintaksis membutuhkan bantuan dari semantik.

Pragmatik adalah syarat-syarat yang mengakibatkan serasi tidaknya pemakaian bahasa dalam komunikasi. Pentingnya kesesuaian antara kalimat-kalimat yang diujarkan oleh pengguna bahasa dengan konteks tuturannya.Sedangkan sintaksis hanya melihat pembentukan dan susunan kata-kata dalam sebuah objek kajian. Dengan kata lain, sintaksis fokus pada struktur pembentukan suatu kalimat, sedangkan pragmatik meninjau dari segi fungsi penggunaan kalimat tersebut dalam ujaran atau komunikasi.