Cara Belajar, Strategi dan Instrumen Penilaian
Cara Belajar
Cara belajar sesuai kontraktual K3E, bertumpu pada pilar komitmen, konsisten, kompeten dan etika;
- Implementasi Komitmen:
- Komitmen terhadap keaktifan kuliah daring sinkronus maupun asinkronus;
- Komitmen terhadap penyerahan assignment, exercise SCORM, Quiz UTS dan UAS secara tepat waktu, tepat mutu dan tepat prosedur penyerahan (tuntas);
- Komitmen terhadap pemenuhan capaian belajar seluruh topik/babak.
- Implementasi Konsisten:
- Konsisten pada kuliah daring penuh;
- Konsisten terhadap pelaksanaan standar isi, proses dan luaran dalam setiap modul fitur, uts dan uas sesuai petunjuk teknis yang diterapkan;
- Konsisten dalam partisipasi peran pembelajar yang interaktif, integratif, holistik, saintifik, tematik, kontekstual, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa guna mengoptimasi capaian belajar.
- Implementasi Kompeten:
- Kompeten dalam pengoperasian sistem Kuliah Daring (MOODLE) dari sisi/role student;
- Kompeten dalam pemanfaatan sumber daya dan aktivitas standar MOODLE;
- Kompeten dalam pemenuhan umpan balik yang memadukan interoperabilitas MOODLE dengan aplikasi/tools/sistem diluarnya.
- Implementasi Etika:
- Menjunjung tinggi moralitas (nilai, norma, hukum dan aturan);
- Menjunjung tinggi intelektualitas (kaidah dan etika ilmiah berbasis IPTEK);
- Menjunjung tinggi humanitas (hubungan manusiawi, adab, kesantunan).
Strategi Belajar
Pada setiap topik (kecuali topik 8 UTS dan Topik 16 UAS), sekurangnya terdapat 12 modul dengan fungsi berbeda secara spesifik yang perlu anda respon proporsional pada kategori Bahan, Interaksi dan Reference dengan rincian fitur berikut:
- Informasi awal disajikan dalam bentuk summary topic berintikan deskripsi, capaian dan indikator pembelajaran
- Bahan materi baca berupa fitur page yang memuat uraian atau slide dan ringkasan.
- Tautan menuju sumber lain (website) berupa fitur link.
- Bahan modul Slides Show by Google Slide yang di embedkedalam fitur Lesson
- Bahan modul Video by Youtube atau GDrive yang dibuat sendiri maupun Reference
- Bahan modul Animasi baik buatan produksi sendiri atau Reference
- Berlatih aplikasi atau tools dari luar yang dikerjakan didalam LMS.berupa fitur SCORM
- Penugasan_mandiri yang harus diserahkan sebelum due date atau cut of date atas fitur assignment
- Quiz berdurasi singkat berupa kuanti atau berdurasi panjang model kualitatif , dengan ragam soal yang ada dalam quiz bank atau dibuat baru.
- Discuss Topic pada fitur forum yang ditriger dan dipandu dosen berdasar subjek, isi dan jumlah kata.
- Tanya Jawab pada fitur chattingsinkronus yang jadwal telah ditentukan dosen.
- Daftar pustaka reference/Glossary yang melibatkan peran mahasiswa untuk berkontribusi dalam berbagi kamus.
Instrumen Penilaian
Asesmen terhadap proses belajar dilakukan dengan monev yang terukur dan terperinci atas segala feedback yang terekam didalam fitur berikut:
- Report log activity (Frekuensi kunjungan, Aktivitas, Respon Penugasan), semakin intensif terhadap akses, interaksi dan penyerahan akan semakin baik bagi skor grade anda;
- Lesson page (essay, resume, analisis), semakin lengkap dan tuntas dalam pengerjaan maupun prosedur penyerahannya, akan semakin baik bagi skor grade anda
- SCORM atau External Tools Berlatih multiaplikasi, semakin sering anda coba mandiri pada level pemula hingga mahir akan semakin baik bagi ketajaman kompetensi anda;
- Assignment/ penyerahan link GDrive/ Text Online/ Embed Image semakin prosedural dengan ragam teknik akan semakin besar kemungkinan tuntasnya anda dalam belajar.
- Quiz essay dan kuanti yang anda respon secara disiplin terhadap isi dan durasi mengerjakan maka semakin baik bagi skor grade anda.
Last modified: Wednesday, 17 July 2019, 6:58 PM