CPMK dan CDIO Framework

Pada matakuliah Jaringan Enterprise terdapat 6 CPMK, yaitu:
CPMK 1 Menentukan topik terkait dengan Jaringan Enterprise.
CPMK 2 Menganalisis masalah Jaringan Enterprise yang kompleks dan menerapkan prinsip-prinsip komputasi dan disiplin lain yang relevan untuk mengidentifikasi solusi.
CPMK 3 Merancang solusi Jaringan Enterprise untuk memenuhi kebutuhan pengguna.
CPMK 4 Mampuan menggunakan peralatan modern dalam menerapkan konsep-konsep dasar komputer yang dibutuhkan untuk mengkonfigurasi, mengelola dan mengintegrasikan sumber daya dalam mengimplementasikan Jaringan Enterprise
CPMK 5 Mampu mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah, dan peningkatan pada Jaringan Enterprise
CPMK 6 Publikasi dan Pengakuan Proyek Jaringan Enterprise

Dalam mencapai CPMK pada mata kuliah Jaringan Enterprise, kita akan menggunakan metode CDIO yang terdiri dari 4 tahapan yaitu:

  1. Conceiving And Engineering Systems (Mengidentifikasi permasalahan, menentukan tujuan, dan kebutuhan sistem jaringan enterprise, mendefenisikan fungsi, konsep dan arsitektur, dan manajemen proyek). Pada tahapan pertama ini akan di laksanakan dua pertemuan dengan topik pertemuan 1: Jaringan Kampus  dan pertemuan 2:  Tantangan Jaringan Kampus dengan Perkembangan Teknologi. (CPMK 1 dan 2)
  2. Desain (Membuat beberapa desain yang dapat di terapkan untuk menyelesaiakan permasalahan meliputi Topologi Jaringan secara Fisik, Topologi Jaringan secara Logika, Manajemen pengalamat IP Address, menetukan kriteria, mengevaluasi solusi alternatif, dan menetukan desain). Pada tahapan ke dua akan di laksanakan dua pertemuan dengan topik pertemuan 3: Keamanan Jaringan Kampus  dan pertemuan 4:  Desain Jaringan Kampus. (CPMK 3)
  3. Implementation (Membuat proto type Jaringan Enterprise pada emulator atau simulator, Konfigurasi, Pengujian, Pemecahan masalah). Pada tahapan ke tiga akan di laksanakan lima pertemuan dengan topik pertemuan 5: Protokol Routing, Pertemuan 6: Access List Control, Pertemuan 7: Network Address Translation, Pertemuan 9: Virtual Private network, dan Pertemuan 10: QoS. (CPMK 4)
  4. Operational (Mengoperasikan proto type, Pengoptimalkan operasi, dan Pengembangan). Pada tahapan ke dua akan di laksanakan tiga pertemuan dengan topik pertemuan 11 dan 12: Manajemen Jaringan, dan Pertemuan 13: Pemecahan masalah jaringan. ( CPMK 5)
Selain dari tahapan diatas, terdapat tambahan tahapan lainnya untuk luaran yaitu:
  1. Mampu menyusun laporan ilmiah dari hasil proyek yang telah di buat. (CPMK 6)
  2. Mampu memaparkan hasil proyek ke pihak luar (CPMK 6).

Last modified: Monday, 5 December 2022, 9:19 AM