Rancangan Babak

Pembelajaran terdiri atas 14 babak yang dijabarkan dari 7 pokok bahasan

Ôö¼├í

Capaian Pembelajaran

Topik

Aktivitas

Strategi Pembelajaran (Interaksi)

Objek Pembelajaran

Format file

Minggu ke

Virtual Synch

Independent Asynchs

Collaborative Asynch

1-2

(102000 Menit)

Mampu menjelaskan Latar Belakang Pendidikan Pancasila; Kebijakan Nasional Pembangunan Bangsa dan Karakter; Landasan Hukum Pendidikan Pancasila; Kerangka Konseptual Pendidikan Pancasila; Visi Misi; dan Tujuan Pendidikan Pancasila;

PENGANTAR PENDIDIKAN PANCASILA

  1. Menelusuri peraturan perundang-undangan terkait latar belakangan pendidikan Pancasila
  2. Menyaksikan video tentang Apa itu Pancasila

Ôö¼├í

Diskusi video conference

Ôö¼├í

Membuat reportase hasil penelusuran

Ôö¼├í

Ôö¼├í

Ôö¼├í

1. UU No 12 tahun 2012

2. Bagian Pendahuluan Buku Pancasila, Dikti

3. Video Apa itu Pancasila?

Ôö¼├í

Pdf

Ôö¼├í

Pdf

Ôö¼├í

Ôö¼├í

Jpeg

Ôö¼├í

Ôö¼├í

Ôö¼├í

3-4

(102000 Menit)

Mampu menjelaskan dinamika Pancasila pada Era Pra Kemerdekaan, awal Kemerdekaan, Orde Lama, Orde Baru, dan Reformasi.

PANCASILA DALAM ARUS SEJARAH BANGSA INDONESIA

  1. Mencari literatur buku dan internet terkait dengan perkembangan Pancasila dlm sejarah bangsa
  2. Menyaksikan video Fragmen Sidang BPUPKI dan PPKI
  3. Melakukan wawancara dengan tokoh pelaku sejarah

Diskusi video conference

Ôö¼├í

Ôö¼├í

Membuat bagan alur Pancasila dalam konteks sejarah bangsa

  1. Bab I, Buku Pancasila Dikti
  2. Video Fragmen Sidang BPUPKI dan PPKI

Ôö¼├í

Ôö¼├í

Ôö¼├í

Pdf

Ôö¼├í

Jpeg

Ôö¼├í

5-6

(102000 Menit)

Mampu menganalisis Hubungan Pancasila dengan dengan Proklamasi, Hubungan Pancasila dengan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Penjabaran Pancasila dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, Implementasi Pancasila dalam pembuatan kebijakan negara dalam bidang Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, dan Hankam

PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA

  1. MencariÔö¼├í literatur buku, jurnal, e-book terkait dengan pokok bahasan
  2. Menyaksikan video Pidato Sukarno dalam Sidang PBB
  3. Mencari peraturan per-UUan yang menui kontroversi dalam masyarakat

Text chatting

Ôö¼├í

  1. Membuat analisis hubungan antara Pancasila, Proklama si dan UUD 45
  2. Mengin ventari sasi kebijakan yang sesuai dan tidak sesuai dengan Pancasila

Ôö¼├í

  1. Bab II, Buku Pancasila Dikti
  2. Video Pidato Soekarno dalam Sidang PBB

Ôö¼├í

Ôö¼├í

Jpeg

Ôö¼├í

Ôö¼├í

Ôö¼├í

Pdf

7-8

(102000 Menit)

Mampu mengomparasikan ideologi Pancasila dengan Ideologi besar dunia

Ôö¼├í

PANCASILA SEBAGAI

IDEOLOGI NEGARA

MencariÔö¼├í literatur buku, jurnal, e-book terkait dengan pokok bahasan

Diskusi video conference

Ôö¼├í

Menyusun konsep ideologi Pancasila, LiberalismeÔö¼├í dan Komunisme dalam tiga kelompok

  1. Bab III, Buku Pancasila Dikti

Ôö¼├í

Pdf

9-10

(102000 Menit)

Mampu menganalisis Hakikat Sila- sila Pancasila

Ôö¼├í

PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT

MencariÔö¼├í literatur buku, jurnal, e-book terkait dengan pokok bahasan

Text chatting

Ôö¼├í

Merumuskan hakikat ketuhanan, kemanusiaanpersatuan, kerakyatan dan keadilan

Ôö¼├í

Ôö¼├í

  1. Bab IV, Buku Pancasila Dikti

Ôö¼├í

Ôö¼├í

Pdf

Ôö¼├í

Ôö¼├í

11-12

(102000 Menit)

Mampu menerapkanÔö¼├í Pancasila sebagai solusi problem bangsa, seperti korupsi, kerusakan lingkungan, dekadensi moral, dll

Ôö¼├í

PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA

  1. MencariÔö¼├í literatur buku, jurnal, e-book terkait dengan pokok bahasan
  2. Menyaksikan video Korupsi
  3. Mencari kasus problem aktual, dan menjadikan Pancasila sebagai solusi penyelesaian

Ôö¼├í

Video conference

Ôö¼├í

Ôö¼├í

Membuat video / poster terkait dengan korupsi, ekrusakan lingkungan, dekadensi moral

  1. Bab V, Buku Pancasila Dikti
  2. Video Korupsi, Dikti

Ôö¼├í

Pdf

Ôö¼├í

Jpeg

13-14

(102000 Menit)

Mampu menerapkan nilai ketuhanan, kemanusian, persatuan, kerakyatan dan keadilan sebagai dasar pengembangan ilmu

Ôö¼├í

PANCASILA SEBAGAI DASAR PENGEMBA NGAN ILMU

  1. MencariÔö¼├í literatur buku, jurnal, e-book terkait dengan pokok bahasan
  2. Merumuskan perkembangan ilmu prodi yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
  3. Menyaksikan dampak IPTEKS terhadap kemanusiaan dana alam semesta

Text chatting

Ôö¼├í

Membuat kegiatan dengan menerapkan ilmu yang dikuasai sesuai dengan salah satu nilai Pancasila

Ôö¼├í

  1. Bab VI, Buku Pancasila Dikti
  2. Video dampak perkembangan IPTKS BAGI kemanusiaan dan alam semesta)

.

Pdf

Ôö¼├í

Jpeg

Last modified: Friday, 14 August 2015, 8:15 PM