Rancangan Babak
Pembelajaran terdiri atas 14 babak yang dijabarkan dari 7 pokok bahasan
Ôö¼├í |
Capaian Pembelajaran |
Topik |
Aktivitas |
Strategi Pembelajaran (Interaksi) |
Objek Pembelajaran |
Format file |
||
Minggu ke |
Virtual Synch |
Independent Asynchs |
Collaborative Asynch |
|||||
1-2 (102000 Menit) |
Mampu menjelaskan Latar Belakang Pendidikan Pancasila; Kebijakan Nasional Pembangunan Bangsa dan Karakter; Landasan Hukum Pendidikan Pancasila; Kerangka Konseptual Pendidikan Pancasila; Visi Misi; dan Tujuan Pendidikan Pancasila; |
PENGANTAR PENDIDIKAN PANCASILA |
Ôö¼├í |
Diskusi video conference Ôö¼├í |
Membuat reportase hasil penelusuran Ôö¼├í Ôö¼├í |
Ôö¼├í |
1. UU No 12 tahun 2012 2. Bagian Pendahuluan Buku Pancasila, Dikti 3. Video Apa itu Pancasila? Ôö¼├í |
Ôö¼├í Ôö¼├í Ôö¼├í Jpeg Ôö¼├í Ôö¼├í Ôö¼├í |
3-4 (102000 Menit) |
Mampu menjelaskan dinamika Pancasila pada Era Pra Kemerdekaan, awal Kemerdekaan, Orde Lama, Orde Baru, dan Reformasi. |
PANCASILA DALAM ARUS SEJARAH BANGSA INDONESIA |
|
Diskusi video conference Ôö¼├í |
Ôö¼├í |
Membuat bagan alur Pancasila dalam konteks sejarah bangsa |
Ôö¼├í Ôö¼├í Ôö¼├í |
Ôö¼├í Jpeg Ôö¼├í |
5-6 (102000 Menit) |
Mampu menganalisis Hubungan Pancasila dengan dengan Proklamasi, Hubungan Pancasila dengan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Penjabaran Pancasila dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, Implementasi Pancasila dalam pembuatan kebijakan negara dalam bidang Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, dan Hankam |
PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA |
|
Text chatting Ôö¼├í |
|
Ôö¼├í |
Ôö¼├í Ôö¼├í |
Jpeg Ôö¼├í Ôö¼├í Ôö¼├í |
7-8 (102000 Menit) |
Mampu mengomparasikan ideologi Pancasila dengan Ideologi besar dunia Ôö¼├í |
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA |
MencariÔö¼├í literatur buku, jurnal, e-book terkait dengan pokok bahasan |
Diskusi video conference |
Ôö¼├í |
Menyusun konsep ideologi Pancasila, LiberalismeÔö¼├í dan Komunisme dalam tiga kelompok |
Ôö¼├í |
|
9-10 (102000 Menit) |
Mampu menganalisis Hakikat Sila- sila Pancasila Ôö¼├í |
PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT |
MencariÔö¼├í literatur buku, jurnal, e-book terkait dengan pokok bahasan |
Text chatting Ôö¼├í |
Merumuskan hakikat ketuhanan, kemanusiaanpersatuan, kerakyatan dan keadilan Ôö¼├í |
Ôö¼├í |
Ôö¼├í Ôö¼├í |
Ôö¼├í Ôö¼├í |
11-12 (102000 Menit) |
Mampu menerapkanÔö¼├í Pancasila sebagai solusi problem bangsa, seperti korupsi, kerusakan lingkungan, dekadensi moral, dll Ôö¼├í |
PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA |
Ôö¼├í |
Video conference Ôö¼├í |
Ôö¼├í |
Membuat video / poster terkait dengan korupsi, ekrusakan lingkungan, dekadensi moral |
Ôö¼├í |
Ôö¼├í Jpeg |
13-14 (102000 Menit) |
Mampu menerapkan nilai ketuhanan, kemanusian, persatuan, kerakyatan dan keadilan sebagai dasar pengembangan ilmu Ôö¼├í |
PANCASILA SEBAGAI DASAR PENGEMBA NGAN ILMU |
|
Text chatting Ôö¼├í |
Membuat kegiatan dengan menerapkan ilmu yang dikuasai sesuai dengan salah satu nilai Pancasila |
Ôö¼├í |
. |
Ôö¼├í Jpeg |