Materi pertemuan 12

Menerapkan Akses Basis Data

1.Membuat berbagai operasi terhadap basis data

Dapat membuat database dan tabel dengan menggunakan MySQL


Memahami Istilah Database

Table : Sebuah tabel merupakan kumpulan data (nilai) yang diorganisasikan ke dalam baris (record) dan kolom (field). Masing-masing kolom memiliki nama yang spesifik dan unik.

Field : Field merupakan kolom dari sebuah table. Field memiliki ukuran type data tertentu yang menentukan bagaimana data nantinya tersimpan.

Record : Field merupakan sebuah kumpulan nilai yang saling terkait.

Key : Key merupakan suatu field yang dapat dijadikan kunci dalam operasi tabel. Dalam konsep database, key memiliki banyak jenis diantaranya Primary Key, Foreign Key, Composite Key, dll.

SQL : SQL atau Structured Query Language merupakan suatu bahasa (language) yang digunakan untuk mengakses database. SQL sering disebut juga sebagai query.

Hierarki Database : Dalam konsep database, urutan atau hierarki database sangatlah penting. Urutan atau hierarki database digambarkan dalam gambar sbb :




Manajemen Database dengan MySQL

1.Tipe-tipe Field (Kolom) MySQL

MySQL memiliki cukup banyak tipe data untuk field (kolom) tabel. Tipe field (kolom) ini menentukan besar kecilnya ukuran suatu tabel. Tipe field di MySQL setidaknya terbagi menjadi beberapa kelompok, yaitu numerik, string, date-andtime, dan kelompok himpunan (set dan enum). Masing-masing tipe field memiliki batasan lebar dan ukurannya.

2.Tipe Numeric

Tipe data numerik digunakan untuk menyimpan data numeric (angka). Ciri utama data numeric adalah suatu data yang memungkinkan untuk dikenai operasi aritmatika seperti pertambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Berikut ini tipe field (kolom) di MySQL yang termasuk ke dalam kelompok tipe numerik:

·TINYINT Penggunaan Jangkauan Ukuran : digunakan untuk menyimpan data bilangan bulat positif dan negatif. : -128 s/d 127: 1 byte (8 bit).

·SMALLINT Penggunaan Jangkauan Ukuran : digunakan untuk menyimpan data bilangan bulat positif dan negatif. : -32.768 s/d 32.767: 2 byte (16 bit).

·MEDIUMINTPenggunaan : digunakan untuk menyimpan data bilangan bulat positif dan negatif.

·INT Penggunaan Jangkauan Ukuran

·BIGINT Penggunaan Jangkauan Ukuran

·FLOAT Penggunaan Jangkauan Ukuran

·DOUBLE Penggunaan Jangkauan Ukuran

·REAL

3.Tipe BLOB (Biner)

Tipe data blob digunakan untuk menyimpan data biner. Tipe ini biasanya digunakan untuk menyimpan kode-kode biner dari suatu file atau object. BLOB merupakan singkatan dari Binary Large Object. Berikut ini tipe field (kolom) di MySQL yang termasuk ke dalam kelompok tipe blob:

21. BIT (sejak versi 5.0.3) Penggunaan Jangkauan

22. TINYBLOB Penggunaan Jangkauan

23. BLOBPenggunaanJangkauan24. MEDIUMBLOBPenggunaan : digunakan untuk menyimpan data biner. Jangkauan : 224 - 1 byte

25. LONGBLOBPenggunaan : digunakan untuk menyimpan data biner. Jangkauan : 232 - 1 byte

4.Tipe Data yang Lain

Selain tipe data di atas, MySQL juga menyediakan tipe data yang lain. Tipe data di MySQL mungkin akan terus bertambah seiring dengan perkembangan versi MySQL. Berikut ini beberapa tipe data tambahan MySQL:

ENUM Penggunaan Jangkauan

SET Penggunaan Jangkauan

: enumerasi (kumpulan data). : sampai dengan 65535 string.

: combination (himpunan data).: sampai dengan 255 string anggotas.

: digunakan untuk menyimpan data biner. : 64 digit biner

: digunakan untuk menyimpan data biner. : 255 byte

: digunakan untuk menyimpan data biner. :216-1byte

Merancang Database

Merancang database merupakan hal yang pertama kali harus dilakukan sebelum membuat suatu aplikasi berbasis database. Rancangan database yang baik akan menentukan seberapa baik sebuah aplikasi dibangun. Berikut ini contoh sederhana sebuah rancangan database dalam pada Sistem Akademik Rancangan database disajikan dalam bentuk class diagram. Langkah-langkah membuat database di MySQL adalah sebagai berikut 1. Aktifkan terlebih dahulu Control Panel XAMPP, seperti gambar berikut:









Last modified: Sunday, 6 May 2018, 2:51 PM