Topic outline

  • PROFIL MATA KULIAH

    Matakuliah      : Pemrograman Berorientasi Objek/ Object Oriented Programming

    Jumlah SKS      : 3 SKS

    Program Studi : Teknik Elektro

    Pengampu      : Heni Jusuf, M.Kom dan Fuad Djauhari, MT
  • PROFIL DOSEN PENGAMPU

    DOSEN PENGAMPU

    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Selamat datang Rekan-Rekan Mahasiswa yang saya banggakan dimanapun berada, Semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat dan dalam lindungan Allah SWT. Selamat bertemu di Mata kuliah Daring Pemrograman Berorientasi Objek ini ditujukan bagi Mahasiswa yang sedang mengambil program S1 Sarjana pada Program Studi Teknik Elektro di Universitas Nasional. matakuliah ini memiliki bobot 3 sks, dengan kode matakuliah 1702043616, diberikan di semester Ganjil. Selamat mengikuti Perkuliahan ini dengan baik, Salam hangat dan tetap semangat.


    Nama                                  
    :Heni Jusuf     
    Tempat, tanggal lahir      
    :Bandung, 05 Februari 1973             
    Pendidikan Terakhir          
    :S3, (on Going) Teknologi Pendidikan        
    Alamat                               
    :Jl. Amsar no. 4, Cipulir, Jakarta-Selatan, 12203    
    Hp, WA, Telegram             
    :0812-1007770                      
    Email                                   
    :heni149@gmail.com         
    Kompetensi
    :Network Admin, Lead Programmer, Education Technology      

  • PERTEMUAN # 1 : 1. Merancang Arsitektur Aplikasi

    Pada pertemuan ini, kita akan mempelajari tentang bagaimana merancang arsitektur aplikasi. Kompetensi yang dicapai dari pertemuan ini terdiri dari dua elemen unit yaitu merancang arsitektur aplikasi dan mendokumentasikan arsitektur aplikasi. Metode belajar yang digunakan adalah metode belajar orang dewasa (andragogi) artinya, mahasiswa dituntut untuk belajar mandiri dan memiliki motivasi belajar yang tinggi. Keatifkan mahasiswa menjadi mutlak diperlukan pada pertemuan ini, karena teknik belajar menggunakan kegiatan berbasis objek, artinya setiap mahasiswa akan memiliki tugas individu dengan objek yang berbeda.

  • Pertemuan #2: Merancang Mobile Interface

    Sesi ini akan membahas tentang bagaimana merancang mobile interface. Kompetensi yang diharapkan dapat dipelajari adalah bagaimana menentukan tools, memilih informasi dan membuat aksi-aksi atau design yang estetis. Beberapa materi pokok yang akan dibahas diantaranya adalah diagram data base, struktur komponen arsitektur, diagram interaksi, dan beberapa materi pendukung perancangan mobile interface yang lebih detai akan dipaparkan pada materi ajar.

  • Pertemuan #3 : Merancang user Experience

    Pada pertemuan ini, akan dibahas tentang merancang user experience. Kompetensi unit dari pertemuan ini meliputi, Analisa dan perancangan kebutuhan skenario penggunaan program yang dikembangkan. Pertemuan ini akan dikaitkan dengan pertemuan sebelumya yaitu merancang user experience dari sistem program yang telah di pilih untuk dikembangkan pada mata kuliah ini. Berdasarkan hal tersebut maka dapat digambarkan proses pembelajaran yang digunakan dalam tahap ini adalah metode praktek langsung menggunakan proyek yang telah ditetapkan. Keatifkan mahasiswa menjadi mutlak diperlukan pada pertemuan ini, karena teknik belajar menggunakan kegiatan berbasis objek, artinya setiap mahasiswa akan memiliki tugas individu dengan objek yang berbeda.

  • Pertemuan #4 : Melakukan Indentifikasi Library, Komponen, atau Framework yang diperlukan

    Materi pokok yang akan dibahas dalam pertemuan ini adalah 1. Analisis library, komponen, atau Framwork, 2. Proof of concept library, kompenen atau framwork dan, 3. Integrasi dan batasan penggunaan library, komponen atau framework program. Pokok bahasan ini menentukan kompetensi, pengetahuan dan Sikap kerja yang diperlukan untuk pencarian, pengembangan proof of concept, dan penentuan library, komponen atau framework dari open source hingga proprietary untuk dapat dimanfaatkan pada pekerjaan pembanguan perangkat lunak.

  • Pertemuan #5 : Melakukan Instalasi Software Tools Pemrograman

    Pada pertemuan ini akan dibahas tentang bagaimana melakukan Instalasi Software Tools Pemrograman. Kompetensi yang dibutuhkan meluputi memilih tools, melakukan instalasi program. Topik bahasan ini lebih bersifat praktek kerja, dengan demikian diharapkan untuk para mahasiswa memiliki perangkat komputer atau laptop untuk dapat mengikuti nstruki proses penginstalan tools yang digunakan.

  • Pertemuan #6 : Melakukan konfigurasi Perangkat Lunak Sesuai Environment ( Development, Staging, Production)

    Pertemuan ini akan khusus dan secara spesifik membahas tentang Melaksanakan Konfigurasi Perangkat Lunak Sesuai Environment (Development, Staging, Production). Kompetensi dari pertemuan ini meliputi analisis keberadaan dan kebutuhan environment dan melakukan konfigurasi perangkat lunak.

  • Pertemuan #7 : Menulis kode dengan Prinsip sesuai Guidelines dan Best Practices

    Pada pertemuan ini akan dibahas tentang Menulis Kode dengan Prinsip sesuai Guidelines dan Best Practices. Memahami tentang deklarasi variabel, operator, kondisional & pilihan, serta string dan mengimplementasikannya dalam program sederhana dengan menggunakan NetBeans. Kompetensi dalam pertemuan ini meliputi menerapkan coding guidelines dan best practices dalam penulisan program dan menggunakan ukuran performansi dalam menuliskan kode sumber program yang dikembangkan.

  • Ujian Tengah Semester

    Untuk mengukur tingkat ketercapaian pemahaman yang telah anda dapatkan selama proses pembelajaran, silahkan ikuti ujian tengah semester berikut:
  • Pertemuan ke #8 : Membuat Dokumen Kode Program

    Pokok bahasan ini berhubungan dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan untuk membuat dokumentasi dari kode program yang telah ditulis secara hardcopy termasuk indetifikasi penjelas dari dokumen tersebut. Setiap proses kerja memiliki prosedur dan tata cara yang dijadikan panduan penggunaan dan identifikasi. Pada pertemuan ini, mahasiswa diharapkan dapat melakukan deokumentasi kode program yang dapat dijadikan pedoman dalam proses pengembangan dan penelusuran prosedur sebuah program aplikasi. Untuk memahami sub kerja tersebut, mahasiswa harus mampu melakukan identifikasi kode program dan mampu membuat dokumentasi modul program yang sesuai dengan arsitektur rancangan program.

  • Pertemuan ke #10 : Mengimplementasikan Pemrograman Terstruktur

    Dalam pertemuan ini, mahasiswa akan diajak untuk memahami tentang Mengimplementasikan Pemrograman Terstruktur yang didalamnya membahas tentang deklarasi variabel, operator, kondisional & pilihan, serta string. mengimplementasikannya dalam program sederhana dengan menggunakan NetBeans dan lain sebagainya. Kompetensi dalam pertemuan ini meliputi menggunakan tipe data dan control program dan dapat mengkompilasi Program.

  • Pertemuan ke # 11 : Mengimplementasikan Rancangan Entitas dan Keterkaitan antara Entitas

    Pertemuan ini membahas materi tentang bagaimana mengimplementasikan rancangan entitas dan keterkaitan antar entitas yang meliputi beberapa kompetensi seperti mengidentifikasi entitas yang terkait dengan lingkup program dan membuat query informasi dasar terhadap model data yang telah dikembangkan. Mahasiswa pada pertemuan ini diharapkan memahami program yang dikembangkan secara seksama sehingga dapat mengidentifikasi keterkaitan antar entitas sebuah program.

  • Pertemuan ke #12 : Menerapkan Akses basis Data

    Pada pertemuan ini akan dibahas tentang teori menerapkan akses basis data. Sebuah tabel merupakan kumpulan data (nilai) yang diorganisasikan ke dalam baris (record) dan kolom (field). Masing-masing kolom memiliki nama yang spesifik dan unik. Sistem akses dari setiap karekteristik data yang hendak di olah ataupun diorganisasi dalam sebuah program hendaknya dapat didefinisikan dengan jelas. Kompetensi dalam pertemuan ini meliputi membuat berbagai operasi terhadap basis data dan membuat prosedur akses terhadap basis data.

  • Pertemuan ke #13 : Melakukan Debugging

    Pada pertemuan ini, mahasiswa diarahkan untuk melakukan analisa kesalahan dalam sebuah program aplikasi sehingga dapat menentukan tindakan untuk perbaikan. Adapuan kompetensi dalam pertemuan ini meliputi kemampuan melakukan debugging sistem dan memperbaiki program menggunakan hasil debugging dengan tepat.

  • Pertemuan ke #14 : Melaksanakan Pengujian Program Sistem

    Pertemuan ini merupakan pertemuan terakhir. Adapun pertemuan ini membahast tentang bagaimana melakukan proses pengujian sistem sebuah program yang telah dikembangkan. Kompetensi pengujian program meliputi mempersiapkan dokumentasi peralatan dan lingkungan pengujian integrase menggunakan form identifikasi, melaksanakan pengujian system dan menganalisa data pengujian system dengan mengisi form analisa.

  • Lisensi HaKi

    Materi yang disajikan diambil dari youtube, untuk itu Lisensi yang dipilih untuk matakuliah ini adalah : pencipta diberikan kredit dan boleh diturunkan dengan lisensi yang identik untuk tujuan non komersial saja.

  • Survei

    Survei adalah pemeriksaan, survei ini dilakukan agar matakuliah daring ini kedepannya lebih baik lagi.

    mohon untuk mengisi kuisoner ini

    Klik Untuk Mengisi Kuesioner

  • Pustaka

    1. Deitel, P., & Deitel, H.2011. Java how to program (9th ed). Prentice hall.
    2. Horstmann, C.S., &Cornell, G. 2008. Core Java Fundamentals (8th ed., vol.I). California: prentice hall.
    3. McLaughlin, B.D., Pollice,G., & West, D.2007. Head First Object oriented Analysis and design. California: o'reilly.
    4. O'Docherty, M.2005. Object Oriented Analysis and Design Understanding System Development with UML 2.0. West Susses: John Wile & Sons, Ltd
    5. SKKNI Pemrograman tahun 2016
    6. KKNI Pemrograman tahun 2017
    7. Peta Okupasi Nasional bidang TIK tahun 2018