1.2 Model Relasional

Relasi merujuk pada model data dalam bentuk tabel 2 dimensi (baris dan kolom). Sebuah tabel memiliki nama tabel (relation), nama kolom (field), dan baris data (record). Demikian juga struktur tabel dalam Gambar 4 memiliki komponen sebagai berikut.

  1. Relasi MAHASISWA
  2. Field NIM, NAMA, LOGIN,  LEVELID, STATUSID
  3. Tipe Field NIM Character, NAMA Variable Character, LOGIN Variable Character, LEVELID Integer, STATUSID Integer
  4. Baris Data (Record) :

20190631101  Samsul             samsul@unmuhjember.ac.id     1 (Admin)  1 (Aktif)
20190631102  Sulaiman          sulaiman@unmuhjember.ac.id  2 (User)     1 (Aktif)
20190631103  Salsabila          salsabila@unmuhjember.ac.id   2 (User)     0 (Non-Aktif)


https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/547976/mod_page/content/5/gb%204%20relasi%20mahasiswa.PNG 

Gambar 4. Relasi MAHASISWA

Deskripsi data dalam model data disebut skema. Dalam model relasional, skema untuk satu relasi menentukan nama relasi, nama masing-masing field, dan tipe data. Sebagai contoh skema dari relasi MAHASISWA sebagai berikut.

MAHASISWA (NIM Character, NAMA Variable Character, LOGIN Variable Character, LEVELID Integer, STATUSID Integer)

 

Dalam prakteknya, relasi dalam bentuk tabel sehingga dilihat sebagai kumpulan baris record. Setiap baris record dalam relasi MAHASISWA menggambarkan satu data mahasiwa secara utuh. Sehingga dalam relasi MAHASISWA terdapat 3 baris record data mahasiswa.

Dalam model relasional yang kompleks, baris record pada relasi MAHASISWA dapat berhubungan dengan baris record pada relasi-relasi lainnya. 

Perhatikan Gambar 5, Sebagai contoh relasi MAHASISWA berhubungan dengan relasi LEVEL dan relasi STATUSMAHASISWA. Relasi MAHASISWA menjadi pusat relasi yang menghubungkan relasi LEVEL, STATUSMAHASISWA. 

Dalam hal ini relasi LEVEL dan STATUS MAHASISWA disebut parent table, dan relasi MAHASISWA disebut child table. Terminologinya satu parent (orangtua) memiliki banyak child (anak) dan satu child (anak) hanya memiliki satu parent (orangtua). Kita bisa melihat LEVELID 1 (Admin) pada relasi LEVEL berhubungan dengan satu baris record pada LEVELID 1 pada relasi MAHASISWA. Demikian juga LEVELID 2 (User) pada relasi LEVEL berhubungan dengan dua atau banyak baris record pada LEVELID 2 pada relasi MAHASISWA. Sebaliknya setiap baris record pada relasi MAHASISWA hanya berhubungan dengan satu baris record pada  LEVELID pada relasi LEVEL.

https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/547976/mod_page/content/5/gb%205%20relasi%20mahasiswa%20level%20status.PNG

Gambar 5. Relasi MAHASISWA, LEVEL, STATUSMAHASISWA


Last modified: Wednesday, 6 November 2019, 9:57 PM