Pendahuluan


Tujuan Pembelajaran:

    • Mahasiswa mampu mengidentifikasi dampak dari perubahan terhadap permintaan.
    • Mahasiswa mampu mengidentifikasi dampak dari perubahan terhadap penawaran.
    • Mahasiswa mampu menghubungkan pengaruh perubahan permintaan dan penawaran terhadap keseimbangan pasar.


    Pengantar

    Dunia pemasaran merupakan suatu tempat dimana pembeli dan penjual melakukan transaksi. Adanya seller yang menawarkan produknya dan buyer yang akan membeli barangnya. Jika pemenuhan kebutuhan buyer sesuai dengan keadaan barang yang ada dengan harga yang normal saat itulah terjadi keseimbangan pasar.

    Keseimbangan yang terjadi pada market sangat penting terjadi guna mendapatkan kurva permintaan-penawaran berjalan dengan normal. Jika tidak terjadi keseimbangan maka kurva yang ada pun tidak seimbang, harga dan permintaan pasar bisa menjadi terlalu naik atau menurun drastis.


    Dalam pertemuan ini materi yang dibahas adalah:

    1. Definisi dan keseimbangan pasar
    2. Pergeseran kurva permintaan dan penawaran
     
    Referensi:

    Mankiw, N. Gregory. 2013. Principles Of Economics: An Asian Edition, 2nd ed. Cengage Learning:Singapore.


    Last modified: Tuesday, 29 December 2020, 8:22 PM