Kawasan Pengembangan

Kawasan Pengembangan Teknologi Pendidikan


Kawasan pengembangan: proses penerjemahan spesifikasi desain ke dalam bentuk fisik. Mencakup banyak variasi teknologi seperti teknologi cetak, teknologi AV, teknologi berbasis komputer, teknologi terpadu.

Arti pengembangan yaitu proses penerjemahan spesifikasi desain ke dalam bentuk fisik. Pengembangan mencakup pengembangan teknologi cetak, teknologi audiovisual, teknologi berbasis komputer, dan multimedia. Pengembangan bersifat progresif, karena pengaruh kemajuan teknologi perangkat keras yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran. Pada dasarnya kawasan pengembangan dapat dijelaskan dengan adanya :
• Pesan yang didorong oleh isi
• Strategi pembelajaran yang didorong oleh strategi
• Manifestasi fisik dari teknologi – perangkat keras, perangkat lunak dan bahan pembelajaran.
Keterkaitan antara kawasan desain dan kawasan pengembangan :
“Didalam kawasan pengembangan, konsep desain mempunyai pengertian ketiga, selain pengertian desain yang bersifat makro (mengidentifikasi tujuan-tujuan umum, isi dan tujuan-tujuan khusus) dan desain pembelajaran bersifat mikro (menentukan dan mengurutkan kegiatan), bersifat aplikasi khusus, seperti halnya desain layar dalam kawasan pengembangan.”

  1. Teknologi Cetak, bahan ajar cetak muncul seiring dengan kemunculan pembelajaran terprogram. Teknologi cetak menjadi awal kemunculan teknologi lain (AV, berbasis komputer atau terpadu). Pengertian umum teknologi cetak adalah, “cara untuk mem-produksi atau menyampaikan bahan seperti buku-buku dan bahan visual yang statis, terutama melalui proses pencetakan mekanis atau fotografi”. Dua komponen utama teknologi cetak adalah teks (verbal) dan bahan visual.
  2. Teknologi Audiovisual, menurut batasannya, “ teknologi audiovisual merupakan cara memproduksi dan menyampaikan bahan dengan menggunakan peralatan mekanis dan elektronis untuk menyajikan pesan audio dan visual”. Teknologi AV dinilai lenih aktif karena sifatnya memerlukan indra pendengaran dan indra penglihatan peserta didik. Pesan dalam program video mencakup tidak hanya visual, namun juga gerak atau mampu menyajikan proses melalui potensi time-lapse.
  3. Teknologi Berbasis Komputer, berdasarkan definisinya, “teknologi berbasis kom-puter merupakan cara-cara memproduksi dan menyampaikan bahan enggan menggu-nakan perangkat yangbersumber mikroprosesor”. Teknologi ini merupakan teknologi berbasis digital, dengan monitor sebagai tumpuan penyajian pesan kepada peserta di-dik. Kekhususan teknologi inidi antaranya adalah penyajian materi yang linear, dapat menyajikan sesuatu yang abstrak menjadi sesuatu yang terlihat fisik, menerapkan teo-ri belajar kognitif serta menimbulkan interaktivitas tinggi bagi peserta didik.
  4. Teknologi Terpadu, definisi teknologi tepadu adalah, “...merupakan cara untuk mem-produksi dan menyampaikan bahan dengan memadukan beberapa jenis media yang dikendalikan oleh komputer.” Hypermedia, adalah istilah yang dimunculkan bagi tek-nologi terpadu ini. Kekhususan teknologi terpadu diantaranya terkait dengan penya-jian secara acak, digunakan sesuai dengan keinginan peserta didik, adanya adopsi teo-ri kognitivistik dan kontruktivistik serta tuntutan interaktivitas yang tinggi dari peserta didik.

Last modified: Friday, 16 October 2020, 5:28 AM