Kawasan Pengelolaan

Kawasan pengelolaan Teknologi Pendidikan


Pengolaan adalah bagian integral yang sering dihadapi oleh teknolog pembelajaran. Peran pengelolaan ini sering dihadapi sebagai pimpinan atau pejabat lembaga atau organisasi, baik dalam suatu unit besar atau hanya dari satu unit terkecil organisasi. Pengelolaan mencakup prinsip pengelolaan umum seperti pengendalian teknologi pembelajaran melalui perencanaan, pengorganisasi, pengordinasian, dan supervisi.
Pekerjaan pengelolaan itu dimulai dari administrasi pusat media, program media, dan pelayanan pemanfaatan media. Pengelolaan meliputi :
1. Pengelolaan Proyek, pengelolaan proyek meliputi perencanaan, monitoring, dan pengendalian proyek desain dan pengembangan. Yaitu memimpin pekerjaan yang harus selesai dalam kurun waktu tertentu. Para pengelola proyek bertanggung jawab atas perencanaan, penjadwalan dan pengendalian fungsi desain pembelajaran dan jenis-jenis proyek yang lain. Mereka harus melakukan negosiasi, menyusun anggaran, membentuk sistem pemantauan informasi, serta menilai kemajuan. Para pengelola proyek biasanya berhubungan dengan cara mengatasi ancaman proyek dan memberi saran pembaruan ke dalam.
2. Pengelolaan Sumber, yaitu mengatur bagaimana memanfaatkan dengan optimal sumber yang ada. Pengelolaan sumber mencakup perencanaan, pemantauan, dan pengendalian sistem pendukung dan pelayanan sumber.
3. Pengelolaan Sistem Penyampaian, pengelolaan ssistem mencakup perencanaan, pemantauan, dan pengendalian “bagaimana cara agar suatu medium sampai, atau dapat dijangkau oleh pengguna sekaligus menyediakan perangkat keras dan perangkat lunak, termasuk cara menggunakannya.”
4. Pengelolaan Informasi, pengelolaan ssistem mencakup perencanaan, pemantauan, dan pengendalian bagaimana agar informasi dapat diterima, dan dapat menghasilkan perubahan atas kurikulum dan desain pembelajaran.

Last modified: Friday, 16 October 2020, 5:33 AM