Font dan Typography

JENIS FONT

SERIF

Font yang memiliki ciri lekukan di ujungnya. Digunakan untuk yang bersifat resmi dan formal, tidak cocok untuk paragraf, kaku, lebih cocok digunakan pada judul dan sub judul.

Tipe font ini disebut menggambarkan tanggung jawab, sifat impresif, penuh hormat, sikat berwibawa, dan tradisional. Para blogger atau penulis terkenal membangun karier mereka dari tulisan-tulisan mereka. memang banyak unsure lain yang mendukung kesuksesan mereka, namun pilihan font Serif juga memberi kontribusi yang tidak sedikit.

Contoh: Times New Roman, Bodoni

SAN SERIF

Font yang tidak memiliki lekukan di ujungnya. Digunakan untuk yang bersifat semi formal dan santai. Bersifat kurang tegas, lebih cocok digunakan untuk penulisan paragraf

Jenis font ini menggambarkan sesuatu yang universal, bersih, modern, objektif, dan stabil. Menggunakan font ini menggmbarkan sesuatu yang global, dapat diterima oleh segala golongan. Secara natural, jika kita menggunakan font ini, semua orang dapat menerimanya.

Contoh: Arial

Script

Merupakan font latin. Bersifat anggun, memiliki tebal tipis yang bervariasi. Berkarakter artistic, elegan dan klasik. Cocok digunakan untuk sub judul.

Font ini mewakili sesuatu yang sifatnya feminine, elegan, bersahabat, menarik, dan kreatif. Lihat saja blog music, seni, dan industry film, pasti banyak yang menggunakan font jenis ini dalam proyek mereka.

Decoratif / Modern

Merupakan font yang didesain secara khusus, tematik, dan tidak formal. Bagus digunakan untuk bagian judul. Sebaiknya digunakan untuk maksimal 4 kata.

Font ini mewakili jiwa-jiwa eksklusif, cerdas, stylish, dan pati. Pengguna font ini memberikan kesan penampilan yang terbaik.

DINGBAT

Dingbats adalah blok Unicode yang mengandung ornamen daun, tanda baca, ampersand, persegi rajut, dan pola papan catur. Blok ini merupakan subset font dingbat Webdings, Wingdings, dan Wingdings 2.

Dingbat

Gambar 3 Deretan Contoh Dingbat Font


KOMBINASI FONT

Kesesuaian antara font menyiratkan ada semacam kesepakatan bahwa dua font memiliki kesamaan yang umum. Kombinasi font dengan keharmonisan sering menjadi  sebagian besar desainer cenderung memilih kontras, misalnya heading jenis font sanserif, dan body copy adalah jenis font serif.

Namun jika kombinasi dengan harmoni dapat diakukan dengan benar, dengan memasangkan dua font serupa, akibatnya dapat menghasilkan tampilan yang sangat bersih, halus dan profesional.

(1) Kombinasi dengan jenis huruf (typeface) yang sama

Salah satu teknik yang baik dalam memadukan font agar memperolehharmoni  adalah untuk menggabungkan dua font yang sama font-familynya. Anda sering dapat mencapai hasil yang baik dengan memilih font serif dan sans-serif yang termasuk ke dalam jenis huruf yang sama. Meskipun ini sering dapat dilakukan, namun cara lain adalah dengan memilih salah satu font dan membuat kontras halus melalui versi demi-bold atau semi-condensed untuk judul.

(2) Kombinasi dengan Font  yang Mirip

Memilih dua font serupa agar harmonis dapat diperoleh dengan memasangkan dua font-kategori yang sama bersama-sama (misalnya dari dua jenis serif).

(3) Kombinasi dengan Kontras

Kontras ini merupakan kombinasi dua klasifikasi font yang berbeda. Dapat dilakukan dengan beberapa cara yang berbeda, yang paling umum adalah untuk menggabungkan serif dengan sans-serif. Anda dapat menemukan kontras melalui kualitas font yang berbeda, seperti ukuran, gaya, berat, klasifikasi dan lain-lain.

Kontras Style  Gaya font yang umum dikenal sebagai klasifikasi, seperti Monospace, Script, Slab-Serif, modern dan lain-lain. Ketika pasangan Sebaliknya Anda ingin memilih dua yang saling melengkapi.

Kontras Ukuran Tidak banyak untuk dikatakan di sini, cukup menggabungkan font ukuran besar dengan yang kecil.

Kontras Bobot atau Berat Kontras bobot ini cukup banyak secara umum dipraktikkan, dan kebanyakan orang melakukannya tanpa berpikir. Menggunakan bobot adalah cara yang baik untuk mengembangkan hirarki visual melalui kedua judul dan sub-judul.

Kontras Bentuk adalah salah satu yang menarik. Jika Anda memasangkan dua font yang sama bersama-sama, memastikan ada kontras dalam proporsi. Ini bisa apa saja dari kerning, ke x-height. Dua contoh di bawah ini menunjukkan penggunaan pasangan Serif dan Sans-Serif font sebagai judul.

(4) fasilitas font pairing di internet

1.       Buka halaman http://www.esperfonto.com/

2.       Tentukan penggunaan Font

esperfonto

Gambar 4 Menentukan Kebutuhan Font di www.esperfonto.com

3.       Dalam contoh font digunakan untuk keperluan Formal, Modern, digunakan untuk judul dan isi slide, dan menggunakan semua jenis huruf (Serif, Sans Serif dan Script)

4.       Klik Search Font

5.       Akan muncul usulan Font yang dapat digunakan seperti tampak pada gambar berikut

Gambar 5 Hasil Referensi Kombinasi Font dari www.esperfonto.com/

6.       Misal font “Amerigo” dapat dipasangkan dengan “Frutiger, Univers / Zurich, Kabel, Futura, Wide Latin”

Perhatikan hal-hal berikut pada saat memilih Font :

Best Pratice jumlah kombinasi font : 2 Jenis Font adalah Optimal dan  3 Jenis Font adalah Maksimal

Gunakan font yang sesuai dengan perusahaan andaMisal: Perusahan bonafit dan berkelas gunakan font serif atau sans serif, jangan menggunakan font decoratif yang terkesan “alay”.

Usahakan dalam 1 kalimat hanya terdiri dan 4-5 kata saja.

Usahakan mencari font-font terbaru dan berbeda dari apa yang sudah ada dalam komputar anda secara default

Pergunakan bold italic maupun underline secara bijaksana sesuai dengan point kata-kata yang ingin Anda fokuskan. Tidak perlu semua menggunakan ukuran font yang sama, selalu tonjolkan ide utama yang Anda ingin lekatkan ke pikiran para audience  

“Opposite Attcact” yaitu dengan menggabungkan  beberapa jenis font namun tetap  saling melengkapi

Gambar 6 Contoh Kombinasi Font

Selain itu beberapa aturan dasar dalam penggunaan fotn akan dibahas dalam video tentang "Typography" Berikut ini


Last modified: Friday, 15 March 2019, 5:40 PM