Topic outline

  • Perkenalan



    Halo halo semua....

    selamat datang di laman pembelajaran materi terbuka ini. sebelum kita mulai belajar, ijinkanlah saya memperkenalkan diri terlebih dahulu. Karena kata orang "Tak kenal maka Ta'aruf" hehehehe.....

    Nama saya "Deni Arifianto." Saya adalah seorang tenaga pengajar di sebuah universitas swasta di daerah Jawa Timur, Yaitu "Universitas Muhammadiyah Jember." 

    Selain mengajar, saya juga menjalankan beebrapa bisnis profit. dari kedua dunia tersebut (Pendidikan dan bisnis) menyadarkan saya bahwa kemampuan komunikasi itu sangat penting. baik itu komunikasi verbal maupun komunikasi visual. Untuk itu dalam kesempatan kali ini saya ingin sedikit berbagi tentang dasar-dasar teori komunikasi visual melalui desain yang dicurahkan dalam sebuah slide presentasi. Selanjutnya mari kita simak materinya

  • Slide yang Bercerita


    Slide merupakan bagian dari media yang dipresentasikan. Presentasi merupakan salah satu  strategi berkomunikasi yang terus dikembangkan. Slide presentasi yang powerfull adalah slide yang communicative. Modul akan menggambarkan basic pembuatan commnicative slide presentation (CSP). Sebelum ke beberapa hal teknis kita pelajari dulu beberapa hal  yang mendasari sebuah CSP.

  • Font

    Memilih font yang tepat juga merupakan salah satu kekuatan kita untuk memvisualkan pesan yang kuat. Memilih font yang tepat juga salah satu strategi untuk memperhatikan kebutuhan audiens. Gambar 2 Font Psikologi mengilustrasikan pemilihan font dengan suasana atau karakter pesan.

     Jenis Font

  • WARNA


    Warna merupakan elemen komunikasi visual yang sangat kuat. Satyendra Singh melakukan studi tentang dampak warna terhadap pemasaran menyatakan bahwa 90% dari penilaian cepat konsumen untuk membeli produk dapat dipengaruhi oleh penggunaan warna saja. Wajar saja ini karena warna dapat membangkitkan perasaan, asosiasi, dan pengalaman bagi pengguna. Maka pemilihan warna yang tepat pada slide presentasi juga dapat memvisualkan pesan yang kuat.

  • GAMBAR / IMAGE


    Gambar merupakan faktor visual paling penting dalam memvisualkan pesan yang kuat. Untuk itu gambar merupakan hal yang harus dipikirkan secara ekstra untuk dapat dipilih untuk ditampilkan dalam sebuah presentasi.


  • SHAPE


    Program presentasi PowerPoint memang bukan program pembuat gambar, namun demikian program presentasi ini memiliki fasilitas untuk menyusun bentuk (shape). Shape merupakan senjata yang tepat untuk menggambarkan ilustrasi pesan. Mungkin setelah font, warna dan gambar belum pas menggambarkan pesan, shape lah jawabannya. Hasil imajinasi dan seni yang cukup baik akan menghasilkan shape yang dapat memvisualkan pesan yang kuat.


  • DIAGRAM DAN GRAFIK


    Diagram dan Grafik adalah dua hal yang berbeda. Apa perbedaannya? Kapan kita harus menggunakan keduanya? serta bagaimana membuat sebuah diagramatau grafik yang menarik namun sekaligus informatif?

  • KOMPOSISI / TATA LETAK


    Dalam bagian ini kita akan mempelajari tentang tata letak secara estetika sehinga selain desain menarik akan tetapi juga tetap mudah dibaca dan informatif. Dengan demukian desain yang kita suguhkan akan mudah dicerna dan tidak membosankan