3.3 Sasaran dan Lingkup Etika Bisnis

Ada tiga sasaran dan lingkup pokok dari etika bisnis yaitu :

 

a.                   Etika Bisnis sebagai etika profesi membahas berbagai prinsip, kondisi dan masalah yang terkait dengan praktek bisnis yang baik dan etis. Lingkup etika bisnis ini lebih sering ditujukkan kepada para manajer dan pelaku bisnis dan lebih sering berbicara bagaimana perilaku bisnis yang baik dan etis dan seringkali disebut sebagai etika manajemen.

 

b.                  Menyadarkan masyarakat, konsumen, buruh/karyawan dan masyarakat luas pemilik aset umum semacam lingkungan hidup akan hak dan kepentingan mereka yang tidak boleh dilanggar oleh praktek bisnis siapapun juga. Sasaran dan lingkup etika bisnis yang demikian berkaitan dengan hak konsumen dan hak karyawan.

 

c.                   Etika bisnis juga berbicara mengenai sistem ekonomi yang sangat menentukan etis tidaknya suatu praktek bisnis. Dalam lingkup yang ketiga ini etika bisnis menekankan pentingnya kerangka legal politis bagi praktek bisnis yang baik, yaitu hukum dan aturan bisnis serta peran pemerintah yang efektif menjamin ditaatinya aturan bisnis.


Last modified: Tuesday, 2 November 2021, 7:52 AM