8.2. Wistle Blowing

Wistle Blowing adalah tindakan yang dilakukan oleh seseorang atau beberapa karyawan untuk membocorkan kecurangan baik itu yang dilakukan oleh pihak perusahaan maupun karyawan, kepada pihak lain. Wistle Blowing dibedakan menjadi dua macam yaitu :


a.  Wistle Blowing internal

 Wistle Blowing internal terjadi ketika seseorang atau beberapa karyawan tahu mengenai kecurangan yang dilakukan oleh karyawan lain atau kepalabagiannya kemudia melaporkan kecurangan tersebut kepada pimpinan perusahaan yang lebih tinggi lagi. Motivasi utama dari Wistle Blowing internal adalah motivasi moral demi mencegah kerugian bagi perusahaan tersebut.

Untuk mencegah kekeliruan demi mengamankan posisi moralnya, karyawan pelapor perlu melakukan beberapa langkah sebagai berikut :

1.                  Cari peluang, kemungkinan dan cara yang paling cocok tanpa menyinggung perasaan untuk menegur atau mengingatkan sesama karyawan atau atasannya.

 

2.                  Karyawan yang bersangkutan perlu mencari dan mengumpulkan data sebanyak mungkin sebagai pegangan kongkrit untuk menguatkan posisinya jika perlu sertai saksi-saksi yang kuat.


b.                  Wistle Blowing ekternal

 Wistle Blowing ekternal menyangkut kasus dimana pekerja mengetahui kecurangan yang dilakukan perusahaan lalu membocorkannya kepada masyarakat karena karyawan yang bersangkutan mengetahui bahwa kecurangan itu akan merugikan masyarakat.


Last modified: Tuesday, 9 November 2021, 1:19 PM