10.3. Makna Etis Menipu Dalam Iklan.

Prinsip etika bisnis yang paling relevan disini adalah prinsip kejujuran, yakni mengataka yang benar dan tidak menipu. Prinsip ini tidak hanya menyangkut kepentingan banyak orang, melainkan juga pada akhirnya menyangkut kepentingan pebisnis. Persoalannya adalah apakah makna etis menipu disini dan sejauhmana sebuah iklan dikategorikan sebagai menipu dan dikutuk secara moral.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia kata tipu mengandung pengertian perbuatan atau perkataan yang tidak jujur, dengan maksud untuk menyesatkan, mengakali atau mencari untung, dengan kata lain menipu adalah mengenakan tipu muslihat, memperdaya, juga perbuatan curang yang dijalankan dengan niat yang direncanakan karena bertentangan dengan prinsip kejujuran dan secara moral dinilai sebagai hal yang tidak baik.

Iklan yang membuat pernyataan salah atau atau tidak sesuai dengan kenyataan dan memeng diketahui tidak benar oleh pembuat iklan dan produsen barang tersebut dengan maksud untuk memperdaya atau mengecoh konsumen adalah sebuah tipuan dan karena itu harus dinilai sebagai iklan yang tidak etis.



Last modified: Tuesday, 9 November 2021, 2:29 PM