Evaluasi aliran data dalam jaringan

Aliran paket dalam jaringan bisa dievaluasi. Pada situasi tertentu, seorang admin jaringan perlu melakukan evaluasi terhadap trafik jaringan. Evaluasi jaringan bertujuan untuk mengetahui lebih detail apa saja yang melintas dalam jaringan. Dengan melakukan evaluasi trafik, kita bisa mengenali apakah data yang dilewatkan melalui jaringan telah berisi sesuai dengan keinginan kita. Evaluasi trafik juga salah satu metode untuk mengenali anomali terhadap gangguan keamanan dalam jaringan kita, sebab dengan mengevaluasi kita bisa melakukan perbandingan antara trafik sebenarnya dengan trafik yang kita harapkan. 

Terdapat dua hal yang akan kita kerjakan disini, pertama ada evaluasi trafik dengan menggunakan wireshark, lalu evaluasi trafik web yang terenkripsi (https). Lakukan beberapa percobaan sesuai dengan instruksi pada url berikut : 

Instruksi Pertama

Bila anda telah selesai melakukan instruksi tersebut, lakukanlah percobaan untuk melihat isi trafik, misal pada saat membuka laman web atau mengakses ftp . Anda bisa juga melakukan evaluasi terhadap aktivitas lain, misal pada saat memainkan game online. Setelah selesai dengan percobaan pertama, lakukanlah percobaan kedua : 


Last modified: Tuesday, 1 June 2021, 9:59 PM