Teknik Pengumpulan Data

TEKNIK PENGUMPULAN DATA

ada beberapa metode atau cara mengumpulkan data yang sering digunakan antar lain:

1. Angket

Angket adalah teknik pengumpulan data dengan menyerahkan atau mengirimkan daftar pertanyaan untuk diisi sendiri o/eh responden. Untuk dapat menggunakan teknik ini, para responden harus memiliki tingkat pendidikan yang memadai untuk dapat membaca, mengerti, dan menuliskan jawabannya.

Keuntungan:

Angket dapat menjangkau sampel dalam jumlah besar karena dapat dikirimkan melalui pos, Biaya relatif murah, Tidak mengganggu responden karena pengisiannya ditentukan oleh responden sesuai dengan kesediaan waktunya.

Kerugian:

Jika, angket dikirimkan melalui pos maka persentase yang dikembalikan relatif rendah., Angket tidak dapat digunakan oleh responden yang tidak dapat membaca atau menulis., Pertanyaan-pertanyaan dalam angket dapat ditafsirkan salah oleh responden dan tidak ada kesempatan untuk memberi penjelasan.

2. Wawancara

Wawancara (interviu) adalah pengumpulan data dengan mengajukan pertanyaan secara langsung oleh pewawancara (pengumpul data) kepada responden dan jawaban-jawaban responden dicatat atau direkam. Teknik wawancara ini dapat digunakan pada responden yang buta huruf termasuk pada anak-anak. Wawancara juga dapat dilakukan melalui telepon.

3. Observasi

Observasi berarti mengumpulkan data-data yang diperlukan berdasarkan indera penglihatan tanpa mengajukan pertanyaan.

4. Studi Dokumentasi

Studi dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data yang tidak langsung ditujukan kepada subjek penelitian, tetapi mempelajari dokumen yang tersedia.

5. dan lain-lain

Untuk lebih jelas tentang teknik pengumpulan data, simak video berikut:




Setelah instrumen penelitian selesai dikembangkan. Langkah selanjutnya adalah validasi isi oleh pakar. Setelah seluruh butir pertanyaan/pernyataan di instrumen penelitian dinyatakan valid oleh pakar, kemudian dilaksanakan uji coba instrumen penelitian. Uji coba ini khusus untuk tes dan angket. Hasil uji coba tersebut selanjutnya diuji validitas dan reliabilitasnya. Berikut video tutorial untuk menganalisis validitas dan reliabilitas dengan SPSS.

Video tutorial validitas dan reliabilitas tes pilihan ganda.


Video tutorial validitas dan reliabilitas tes essay dan angket

Last modified: Thursday, 2 September 2021, 1:32 PM