PENYAJIAN DATA

Coba kamu kelompokkan benda-benda di kamarmu. Atau coba keluarkan semua isi yang ada di tempat pensilmu. Lalu, kamu kelompokkan sesuai jenisnya, sehingga ada kelompok pensil, pulpen, penghapus, dan lain sebagainya. Setelah itu, hitunglah jumlah dari masing-masing kelompok dan catat hasilnya di kertas. 

Nah, apa yang kamu lakukan menghitung dan mencatat isi dari tempat pensil adalah sedang melakukan pengamatan. Iya, mengamati berapa banyak jenis alat tulis yang kamu punya dan masing-masing jumlahnya. Jumlah dan macam-macam kelompok alat tulis yang kamu catat di kertas tadi merupakan informasi yang diperoleh dari hasil pengamatan. Informasi ini bisa kita sebut sebagai data.

Data dapat kita sajikan dalam dua bentuk penyajian, yaitu tabel dan diagram. Adapun diagram yang sering digunakan, yaitu diagram garis, batang, dan lingkaran, histogram, poligon. Kenapa sih kita perlu melakukan penyajian data? Nah, tujuannya itu supaya data yang kita peroleh lebih mudah dibaca dan dimengerti, sehingga mudah juga untuk dianalisis dan diambil kesimpulannya.

Materi penyajian data.

https://sway.office.com/TmkqfpBXPJPaBvay?ref=Link

Baik. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak video berikut:

Video penyajian Data


Penyajian data dalam Tabel Distibusi Frekuensi






Demikian kelas pertemuan ini, insya allah minggu depan, kita akan mendiskusikan materi ukuran pemusatan data yaitu mean, median dan modus baik untuk data tunggal maupun untuk data kelompok.


Last modified: Saturday, 11 September 2021, 6:32 PM