PENGANTAR MK DASAR PERLINDUNGAN TANAMAN

 

 

 

 

 

RENCANA PERKULIAHAN SEMESTER (RPS)

DARING HIBRID  (Blended Learning)

 

MK  : DASAR PERLINDUNGAN TANAMAN

Kode MK: MKP 60601

Disusun oleh

Dr. Ir. Djuhari, M.Si..

Tanggal

24 April 2023

Bahan Kuliah Semester

Gasal 2023/2024

Program Studi

Agroteknologi/Agribisnis

Fakultas

Pertanian

 

 

UNIVERSITAS ISLAM MALANG

TAHUN 2023

 


 


RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS ISLAM MALANG

 

 

 Mata Kuliah    : DASAR PERLINDUNGAN TANAMAN                           Semester : GASAL     

 Kode              : MKD 60605                                                                 SKS : 3 SKS

 Program Studi :AGROTEKNOLOGI/AGRIBISNIS            Dosen Pengampu : Dr.Ir. DJUHARI, M.Si.

 

Deskripsi

:

Materi perkuliahan ini mencakup pengertian, ruang lingkup, tujuan, permasalahan perlindungan tanaman, bahasan mengenai ilmu-ilmu yang terkait, konsep-konsep dasar di dalam perlindungan tanaman, pengenalan mengenai Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) yang berupa hama, pathogen, dan gulma, serta gangguan tanaman berupa defisiensi unsur hara, dasar-dasar strategi pengendalian OPT beserta beberapa analisis dasar tentang intensitas serangan hama, intensitas penyakit, analisis vegetasi, Pengelolaan Hama Terpadu (HPT) dan implementasinya, dan prospek perlindungan tanaman di masa kini dan mendatang

 

 

 

 

 

TIU

 

 

 

Capaian Pembelajaran

Lulusan (CPL)/ILO

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

(CPMK)

:

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mengerti dan dapat menjelaskan tentang kepentingan, strategi, dan prospek perlindungan tanaman dalam bidang pertanian yang diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam

 

ILO 1

(S 10)

Memiliki sikap berpikir kreatif dan inovatif dalam pekerjaannya sesuai etika profesi di bidang pertanian

Have an attitude of creative and innovative thinking in accordance with professional ethics in the field of agriculture

ILO 2

(S 11)

Berperilaku sesuai kode etik profesi di bidang pertanian berlandaskan ajaran Islam Ahlusunnah wal  Jama’ah

Behave according to the professional code of ethics in agriculture based on the preaching of Ahlusunnah wal Jama'ah

ILO 3

(P 1-6)

Memiliki pengetahuan yang baik dan  mendalam dalam disiplin ilmu dasar bidang Agroteknologi

Have good and deep knowledge in the field of basic science that supports Agrotechnology

ILO 4

(KU 2,6, 7, 8)

Mampu bekerja secara mandiri dan atau dalam tim, serta menggunakan berbagai metode dalam berkomunikasi.

Able to work independently or in a team, and use various methods of communication.

ILO 5

(KU 1,7)

Mampu menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang agroteknologi dan bidang ilmu yang berkaitan

Able to solve problems that arise in the field of agrotechnology and related fields of science

ILO 6

(KU 3)

Mampu menggunakan alat, metode, dan proses untuk memecahkan berbagai permasalahan lapang di bidang pertanian

Able to use tools, methods, and processes to solve various field problems in agriculture

ILO 7

(KU 4;9)

Mampu menerapkan berbagai metode penelitian di bidang Agroteknologi

Able to apply various research methods in the field of Agrotechnology

ILO 8

(KK 1;3;8)

Mampu menerapkan praktek pertanian berdasarkan Good Agricultural Practices

Able to apply agricultural practices based on Good Agricultural Practices

ILO 9

(KK 5; 6)

Mampu mengelola sistem produksi tanaman.

Able to manage plant production system

ILO 10

(KK 2; 4; 5)

Mampu merancang peluang usaha di bidang produksi tanaman.

Able to design enterprise opportunities in the field of plant production.

 

1.  Mampu menjelaskan arti penting dasar perlindungan tanaman dan mengevaluasi masalah Gangguan berdasarkan Konsep faktor-faktor penyebab gangguan.

2. Mampu menganalisis potensi lingkungan dalam penerapan  dasar perlindungan tanaman berdasarkan elemen dasar perlindungan tanaman

3. Mampu melakukan praktik  perlindungan tanaman berdasarkan elemen-elemen pengendalian OPT

4. Mampu merekomendasikan rancangan penerapan perlindungan tanaman berdasarkan potensi sumber daya yang tersedia dengan konsep penegndalian terpadu.

 

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER MK DASAR PERLINDUNGAN TANAMAN SEMESTER GASAL 2023/2024

Pertemuan Ke :

Sub CPMK

Indikator

Materi Perkulisahan/Pokok Bahasan

Bentuk/Metode Pembelajaran

Mode Pembelajaran Blended

Waktu

Penilaian

Referensi

 

Sinkron

Asinkron

Strategi

Kriteria dan Rubrik

 

 

 

CPMK 1 : Mampu menjelaskan arti penting dasar perlindungan tanaman dan mengevaluasi masalah Gangguan berdasarkan faktor-faktor penyebab gangguan

 

 

1-2

Mahasiswa mampu menjelaskan arti penting DPT, mendiskripsikan  gangguan dan mendiagnosis penyakit tanaman yang disebabkan oleh beberapa jenis patogen

  1. Dapat menjelaskan arti penting DPT
  2. Mendiskripsikan jenis gangguan dan cara indentifikasi gangguan

 

  1. 1.       Arti Penting Dasar Perlindungan Tanaman
  2. 2.       Konsep Gangguan dan Identifikasi Berbagai Penyebab Penyakit Tanaman

 

Pembelajaran Kasus/Studi berbasis kasus (Case-based Teaching)

 

Tugas mandiri

 

Tugas terstruktur

Sinkron Langsung dan Sinkron Maya

Asinkron Mandiri

LMS Unisma/

Spada Indonesia

Melihas ... modul 1/Video 1

4 *2* 50’

 

 

 

 

 

4*1*60’

 

4*1*60’

 

  1. Case-based Lecturer (Vicon)
  2. Mempelajari materi dari video contoh kasus
  3. Menunjukkan hasil evaluasi

Diskripsi Konsep Gangguan dan Hasil Evaluasi Gangguan pada Tanaman dinilai dengan rubrik dan hasil unjuk kerja.

a. Hasil evaluasi

b. Peran manusia

 

 

3-6

Mahasisa mampu menerangkan hama-hama penting dan Gulma di bidang budidaya pertanian

  1. Menunjukkan berbagai jenis gejala penyakit tanamn
  2. Mengidentifikasi penyebab penyakit tanaman
  3. Menunjukkan pengenalan jenis hama tanaman
  4. Menerangkan peran penting biologi-ekologi hama
  5. Memberikan penjelasan peran Gulma

 

  1. 3.       Pengenalan Gejala dan Tanda Tanaman Sakit
  2. 4.       Diagnosis Penyakit Tanaman
  3. 5.       Hama-Hama Penting di Indonesia
  4. 6.       Identifikasi dan Periode Kritis Gulma

Pembelajaran Kasus/Studi berbasis kasus (Case-based Teaching)

 

Tugas mandiri

 

Tugas terstruktur

Sinkron Maya

Asinkron Kolaborasi

LMS Unisma/

Spada Indonesia

 

2 *2* 50’

 

 

 

 

 

2*1*60’

 

2*1*60’

 

  1. Case-based Lecturer (Vicon)
  2. Mempelajari materi dari video contoh kasus dan mrndiskripsikan gejala penyakit, hama, dan gulma
  3. Berpatisipasi dalam forum diskusi dan tugas individu melalui LMS Unisma

Hasil Tugas :

a. Diskripsi gejala penyakit, hama dan gulma

2. Diskusi pemaparan hasil evaluasi konsep gangguan

 

 

 

CPMK 2 : Mampu menganalisis potensi lingkungan dalam penerapan  dasar perlindungan tanaman berdasarkan elemen dasar perlindungan tanaman

 

 

7

Mahasiswa mampu memberikan rasional empat elemen Perlindungan Tanaman

1. Menjelaskan empat elemen Perlindungan Tanaman

2. Mamapu menganalisis dan memberi alternatif solusi gangguan OPT

 

7. Elemen Dasar Perlindungan Tanaman

Pembelajaran Kasus/Studi berbasis kasus (Case-based Teaching)

 

Tugas mandiri

 

Tugas terstruktur

Sinkron Maya

Asinkron Mandiri

LMS Unisma/

Spada Indonesia

1*2 *50’

 

 

 

 

 

1*1*60’

 

1*1*60’

 

  1. Case-based Lecturer (Vicon)
  2. Mempelajari materi dari video contoh kasus
  3. Berpatisipasi dalam forum diskusi dan tugas individu melalui LMS Unisma

Dihasilkan penjelasan dan contoh prinsip pengendalian dan peran periode kritis gulma

 

 

        8

 -------- UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) ------------ UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) ------------ UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) ------------ UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) ----------

9-14

CPMK 3 : Mampu melakukan praktik  perlindungan tanaman berdasarkan elemen-elemen pengendalian OPT

 

 

Mahasiswa mampu melakukan praktik perlindungan tanaman  dengan memperhatikan aspek ekonomis, ekologis, dan sosiologis

  1. Dapat melaksanakan pengendalian secara Fisik dan Mekanik
  2. Dapat melaksanakan pengendalian berbasis regulasi dan tanaman tahan
  3. Dapat melaksanakan pengendalian secara Alami
  4. Dapat melaksanakan pengendalian secara Biologis
  5. Dapat melaksanakan pengendalian secara Kultur Teknis
  6. Dapat melaksanakan pengendalian secara Kimia

 

9. Teknik Pengendalian OPT secara Fisik dan Mekanik

10. Teknik Pengendalian OPT berbasis regulasi dan tanaman tahan

11. Teknik Pengendalian OPT secara Alami

12. Teknik Pengendalian OPT secara Biologis

13. Teknik Pengendalian OPT secara Kultur Teknis

14. Teknik Pengendalian OPT secara Kimia

Pembelajaran berbasis proyek (Project-based Learning)

 

 

Tugas mandiri

 

Tugas terstruktur

Sinkron Langsung dan Sinkron Maya

Asinkron Mandiri dan Asinkron Kolaborasi

LMS Unisma/

Spada Indonesia

6*2* 50’

 

 

 

 

 

6*1*60’

 

6*1*60’

 

  1. Case -based Lecturer (hYBRID
  2. Mempelajari materi dari video contoh proyek
  3. Berpatisipasi dalam forum diskusi dan tugas individu melalui LMS Unisma

Dihasilkan Video Pengendalian Hama/Penyakit dengan teknik sesuai penugasan dinilai dengan hasil unjuk kerja (Kelompok)

 

 

 

CPMK 4 : Mampu merekomendasikan rancangan penerapan perlindungan tanaman berdasarkan potensi sumber daya yang tersedia dengan konsep penegndalian terpadu

 

 

15

Mahasiswa mampu menganalisis potensi lingkungan sosial dan ekonomis, kemudian merencanalan perlindungan tanaman berdasarkan potensi  sumberdaya yang tersedia

  1. Dapat menganalisis potensi lingkungan
  2. Dapat menganalisis potensi sosial
  3. Dapat menganalisis potensi ekonomi
  4. Dapat merencanakan perlindungan tanaman berdasar potensi yang tersedia

 

15. Konsep Pengendalian Terpadu

Pembelajaran Kasus/Studi berbasis kasus (Project-based Teaching)

 

Tugas mandiri

 

Tugas terstruktur

Sinkron Maya

Asinkron Mandiri

LMS Unisma/

Spada Indonesia

1*2 *50’

 

 

 

 

 

1*1*60’

 

1*1*60’

 

  1. Case -based Lecturer (hYBRID
  2. Mempelajari materi dari video contoh proyek
  3. Berpatisipasi dalam forum diskusi dan tugas individu melalui LMS Unisma

Dihasilkan Video Pengendalian Hama/Penyakit dengan teknik sesuai penugasan dinilai dengan hasil unjuk kerja (Kelompok)

 

 

16

 -------- UJIAN AKHIR SEMESTER (UTS) ------------ UJIAN AKHIR SEMESTER (UTS) ------------ UJIAN AKHIR SEMESTER (UTS) ------------ UJIAN AKHIR SEMESTER (UTS) ----------

 

            

24 April  2023

 

 

Rencana Tugas dan Penilaian

  1. Rencana Tugas MK Dsar Perlindungan Tanaman

Minggu ke

Bahan Kajian/Materi Pembelajaran

Tugas

Waktu (menit)

Hasil Tugas dan Kriteria Penilaian

1

Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS

Mandiri

 

 

 

Terstruktur

 

 

 

2

Materi utama Cermati infografis tentang Konsep Gangguan

Materi pendukung Materi TM 1 dan TM 2 di LMS

Mandiri

Cermati paparan di video tentang Konsep Gangguan di LMS. Lakukan evaluasi terhadap beberapa kemungkinan timbulnya gangguan. Bagaimana peran manusia agar dapat mencegah/meminimalisir gangguan pada tanaman.

3x60=180’

Hasil Tugas:

  • Hasil evaluasi gangguan kumbang kelapa
  • Peran manusia agar dapat mencegah/meminimalisir terjadinya gangguan kumbang kelapa

Terstruktur

 

 

 

3

Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS

Mandiri

Mencari dan mempelajari berbagai sumber informasi tentang penyakit tanaman, hama, dan gulma penting di Indonesia.

3 x 60’=180’

Hasil Tugas :

Diskripsi tentang penyakit tanaman ham,a dan gulma penting di Indonesia

Terstruktur

  • Mempelajari materi dari video contoh kasus dan mrndiskripsikan gejala penyakit, hama, dan gulma
  • Berpatisipasi dalam forum diskusi dan tugas individu melalui LMS Unisma

6x60=360’

Hasil Tugas :

Diskripsi penyakit, hama, dan gulma sesuai gejala pada kasus yang dipelajari

4

Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS

Mandiri

 

 

 

Terstruktur

 

 

 

5

Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS

Mandiri

 

 

 

Terstruktur

  •  

 

 

6

Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS

Mandiri

 

 

 

Terstruktur

 

 

 

7

Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS

Mandiri

 

 

 

Terstruktur

 

 

 

8

UTS

9

Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS

Mandiri

 

 

 

Terstruktur

 

 

 

10

Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS

Mandiri

 

 

 

Terstruktur

Melakukan Review artikel jurnal, menemukan masalah gangguan pada tanaman yang diteliti, novelty penelitian, dan ringkasan hasil penelian.

2x60=180’

Hasil Tugas:

  • Hasil analisis artikel
  • Rumusan masalah
  • Rumusan hipotesis penelitian

Kriteria Penllaian

  • Analisis artikel singkat dan komprehensif
  • Rumusan masalah jelas, operasional dan layak dilakukan penelitian
  • Rumusan hipotesis dapat diuji

(dapat dibuat dalam bentuk rubrik penilaian)

11

Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS

Mandiri

Mencari dan mempelajari berbagai sumber informasi tentang penyakit elemen dasar dan komponen-komponen pengendalian OPT.

8 x 60’=480’

Hasil Tugas :

Konsep tentang elemen dasar dan komponen-komponen pengendalian OPT

Terstruktur

 

 

 

12

Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS

Mandiri

 

 

 

Terstruktur

Melakukan evaluasi terhadap kasus serangan hama/atau penyakit tanaman dan merekomendasikan bagaimana alternatif solusinya.

6x60’=360’

Hasil Tugas :

a. Hasil evaluasi kasus

b. Rekomendasi solusi mengatasi kasus

13

Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS

Mandiri

 

 

 

Terstruktur

 

 

 

14

Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS

Mandiri

 

 

 

Terstruktur

 

 

 

15

Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS

Mandiri

 

 

 

Terstruktur

 

 

 

16

UAS

 

Last modified: Saturday, 23 September 2023, 9:01 PM