Pendahuluan Perkuliahan

Pada pertemuan keempat akan dibahasa terkait software dan Aplikasi.

Materi: Software dan Aplikasi

a) Menjelaskan tentang Kategori Dasar Software:

  • Pembukaan sesi ini dapat dimulai dengan penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan perangkat lunak (software) dan mengapa perangkat lunak sangat penting dalam penggunaan komputer.
  • Kemudian, jelaskan tentang kategori dasar perangkat lunak, yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.
  • Diskusikan perbedaan antara keduanya. Perangkat lunak sistem mengelola sumber daya komputer, sementara perangkat lunak aplikasi adalah program-program yang digunakan untuk tujuan tertentu, seperti produktivitas, komunikasi, atau hiburan.

b) Menyebutkan peranan OS:

  • Fokuskan bagian ini pada peran sistem operasi (OS) dalam ekosistem perangkat lunak. Jelaskan bahwa OS bertindak sebagai penghubung antara perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak aplikasi.
  • Diskusikan peran OS dalam manajemen memori, manajemen proses, dan manajemen file.
  • Bicarakan tentang berbagai jenis OS yang tersedia, seperti Windows, macOS, Linux, dan bagaimana mereka berbeda satu sama lain.

c) Memberikan Contoh Aplikasi yang Membantu Pengguna:

  • Bagian ini dapat dimulai dengan membahas pentingnya aplikasi dalam kehidupan sehari-hari.
  • Kemudian, berikan contoh-contoh aplikasi dalam berbagai kategori yang membantu pengguna. Contohnya:
    • Business Software: Bicarakan tentang perangkat lunak akuntansi seperti QuickBooks, atau perangkat lunak manajemen proyek seperti Microsoft Project.
    • Application Software for Communication: Bahas aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, aplikasi email seperti Gmail, dan aplikasi konferensi video seperti Zoom.
    • Productivity Software: Jelaskan tentang Microsoft Office yang mencakup Word, Excel, dan PowerPoint.
    • Entertainment Software: Berbicara tentang permainan video yang populer, seperti Fortnite atau Minecraft.

Pembelajaran Kolaboratif:

  • Jadwalkan tiga pertemuan kuliah dan diskusi, masing-masing berdurasi 50 menit (TM = 3x50').
  • Gunakan video sebagai alat bantu untuk menyampaikan materi dengan lebih interaktif dan menarik. Anda dapat membagikan layar dan mendemonstrasikan penggunaan perangkat lunak atau aplikasi tertentu.
  • Dalam diskusi, berikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya dan berpartisipasi aktif dalam pembahasan.
  • Berikan tugas kepada peserta yang melibatkan penggunaan perangkat lunak atau aplikasi yang relevan. Misalnya, tugas ini bisa berupa tugas berbasis proyek yang mengharuskan mereka untuk menggunakan perangkat lunak tertentu untuk menyelesaikan tugas tertentu.
  • Evaluasi peserta dengan memperhatikan ketepatan pemahaman mereka terhadap materi melalui tugas dan juga melalui sesi tanya jawab dalam diskusi.

Dengan pendekatan ini, Anda dapat memastikan pemahaman yang lebih baik tentang perangkat lunak dan aplikasi, serta memungkinkan peserta untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran kolaboratif. Tugas yang relevan juga akan membantu mengaplikasikan pemahaman mereka dalam konteks nyata.


Last modified: Friday, 22 September 2023, 2:44 PM