KONTRAK BELAJAR

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengajarkan tentang pengembangan kurikulum dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar, dan merupakan konsep dasar yang harus dimiliki oleh mahasiswa PGSD. Mata kuliah ini secara substansi terdiri dari sub-bab materi yang harus dikuasai oleh mahasiswa PGSD meliputi konsep dasar kurikulum, prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, proses multisektor dan multilevel perencanaan kurikulum, dimensi manusia dalam perencanaan kurikulum, model-model pengembangan kurikulum, filosofis dan tujuan pendidikan kaitannya dengan pengembangan kurikulum, analisis kebutuhan pengembangan kurikulum, target dan tujuan kurikulum pada tingkat sekolah dasar, organisasi dan implementasi kurikulum, target dan tujuan pembelajaran, pemilihan dan penerapan strategi pembelajaran berdasarkan kurikulum, evaluasi pembelajaran dalam penggunaan kurikulum di SD, evaluasi kurikulum pada pembelajaran luring dan daring (Kurikulum 2013, Kurikulum Darurat, dan Kurikulum Prototype 2022).

Materi Pembelajaran

  1. Konsep dasar kurikulum;
  2. Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum;
  3. Proses multi sektor dan multi level perencanaan kurikulum;
  4. Dimensi manusia dalam perencanaan kurikulum;
  5. Model-model pengembangan kurikulum;
  6. Filosofis dan tujuan pendidikan kaitannya dengan pengembangan kurikulum;
  7. Analisis kebutuhan pengembangan kurikulum;
  8. Target dan tujuan kurikulum pada tingkat sekolah dasar;
  9. Organisasi dan implementasi kurikulum;
  10. Target dan tujuan pembelajaran berdasarkan perkembangan kurikulum di SD;
  11. Pemilihan dan penerapan strategi pembelajaran berdasarkan kurikulum di SD;
  12. Evaluasi pembelajaran dalam penggunaan kurikulum di SD;
  13. Analisis lapangan terkait evaluasi kurikulum pada pembelajaran luring dan daring (Kurikulum 2013, Kurikulum Darurat, dan Kurikulum Prototype 2022).

Bahan Bacaan:

  1. Jutila, Marco. 2020. Education Curriculum Development. New York : Nova Science Publishers
  2. Peter F. Oliva. 1992. Developing The Curriculum. New York: Harper Collins Publishers.
  3. Sukadinata, Nana, S. 2005. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Bandung: Rosdakarya.
  4. Jurnal-jurnal nasional dan internasional pendukung terbitan 2016-2022.
  5. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD (Universitas Terbuka).
  6. Walker, Timothy D. 2017. Teach Like FinlandiaJakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Team Teaching

  1. Ratri N. Qudwatullathifah, M.Pd. (Pertemuan 9-16)
  2. Gregorius Sebo Bito, S.Pd., M.Pd. (Pertemuan 1-8)

Aturan Perkuliahan:

  1. Mahasiswa wajib Untuk mengisi absensi paling lambat setelah 10 menit jam kuliah berjalan. Setelah 10 Menit akan dihitung tidak hadir.
  2. Jika mahasiswa tidak mengisi presensi lebih dari 3x maka akan diberikan tambahan tugas individu.
  3. UTS dan UAS ditulis tangan pada kertas A4 menggunakan pena tinta biru dipindai dan diunggah dalam ekstensi pdf.
  4. Materi perkuliahan akan dishare pada  H-1 perkuliahan.
  5. Perkuliahan akan dilaksanakan bergantian secara secara sinkronus atau tatap maya melalui aplikasi zoom meteng dan asinkronus melalui LMS. Materi dan tugas saat proses perkuliahan dengan tatap maya seperti link zoom dan materi akan dishare melalui LMS.
  6. Mahasiswa diwajibkan untuk berinteraksi dalam diskusi baik dalam tatap maya maupun LMS dengan menjawab pertanyaan2 diskusi pada forum di LMS maupu pertanyaan2 diskusi saat zoom meeting.
  7. Mahasiswa wajib menyelesaikan seluruh evaluasi baik diskusi, kuis, UTS maupun UAS yang semuanya akan ada pada LMS.
  8. Sistem penilaian dapat dilihat pada silabus yang diberikan.
  9. Perkuliahan akan dibimbing oleh 2 dosen yaitu : Ratri N. Qudwatullathifah, M.Pd. dari IPB Cirebon (Pertemuan 9-16); dan  Gregorius Sebo Bito, S.Pd., M.Pd. dari Universitas Flores (Pertemuan 1-8)


Last modified: Sunday, 27 August 2023, 11:14 AM