Pengantar Pembelajaran

Capaian Umum Modul Etno Sains Fisika

Secara umum, kompetensi peserta didik yang ingin dicapai dari modul ini adalah siswa mampu:

  1. Menjelaskan tentang kearifan lokal dalam pembelajaran fisika.
  2. Mengidentifikasi budaya-budaya lokal yang berkaitan dengan ilmu fisika.
  3. Mengintegrasikan kearifan lokal dalam pembelajaran fisika.

Capaian Khusus Modul Etno Sains Fisika

Secara khusus, pembelajaran ini diharapkan dapat membantu peserta didik untuk mampu:

  1. Menjelaskan pengertian tentang kearifan lokal kebudayaan seni tari tradisional dongkrek dalam pembelajaran fisika pada materi getaran, gelombang dan bunyi.
  2. Menjabarkan terkait infomasi kebudayaan seni tari dongkrek.
  3. Menjabarkan budaya lokal kebudayaan seni tari tradisional dongkrek yang berkaitan dengan ilmu fisika pada materi getaran, gelombang dan bunyi.
  4. Menjabarkan integrasikan kearifan lokal tari dongkrek dalam pembelajaran fisika pada materi getaran, gelombang dan bunyi.
  5. Menjelaskan alat musik yang mengandung nilai budaya dan sains ilmiah yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran.

Isi Materi Pembelajaran :

  1. Kearifan lokal kebudayaan tari dongkrek dalam pembelajaran fisika materi getaran, gelombang dan bunyi.
  2. Budaya lokal kebudayaan seni tari tradisional dongkrek yang berkaitan dengan ilmu fisika pada materi getaran, gelombang dan bunyi
  3. Integrasi kearifan lokal kebudayaan tari dongkrek dalam pembelajaran fisika materi getaran, gelombang dan bunyi

Sumber Belajar:

  • Video: 
  1. Kebudayaan seni tari tradisional dongkrek dalam pembelajaran fisika pada materi getaran, gelombang dan bunyi: https://drive.google.com/drive/u/5/folders/1LSIUM6hj2fZ06SZD0yvNi2Td0DMVVpM1
  • Bacaan:
  1. Evaluasi Pembelajaran Fisika (Dr. Nana, M. Pd) *lembar bacaan terlampir pada file materi
  2. A-Siti Puspitasari, Indah Permatasari, Tita Hidayati (Kelompok 17)(1).docx. (2021). Kebudayaan Seni Tari Tradisional Dongkrek Dalam Pembelajaran Fisika Pada Materi Getaran, Gelombang Dan Bunyi. Google Docs. 
  3. https://docs.google.com/document/d/1yNbH1NghN-IOVYHEjfTKXwRrt5O-a-u9/edit
  4. WARISAN BUDAYA TAK BENDA INDONESIA KESENIAN DONGKREK DI MADIUN JAWA TIMUR. (n.d.).
  5. https://sdm.data.kemdikbud.go.id/upload/files/Kesenian_Dongkrek.pdf
  6. Sukesti, R., Handhika, J., & Erawan Kurniadi. (2019). Potensi Etnosains Dalam Pembelajaran Fisika Pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi. SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika), 0(0). 
  7. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNPF/article/view/1394
  • Tautan: 
  1. https://drive.google.com/drive/u/5/folders/1LSIUM6hj2fZ06SZD0yvNi2Td0DMVVpM1
  2. https://docs.google.com/document/d/1yNbH1NghN-IOVYHEjfTKXwRrt5O-a-u9/edit
  3. https://sdm.data.kemdikbud.go.id/upload/files/Kesenian_Dongkrek.pdf
  4. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNPF/article/view/1394

Last modified: Wednesday, 5 October 2022, 4:21 PM