Pengantar Pembelajaran

Capaian Umum Modul Model pembelajaran

Secara umum, kompetensi peserta didik yang ingin dicapai dari modul ini adalah siswa mampu:

  1. Mengetahui pengertian model pembelajaran
  2. Mengetahui komponen model pembelajaran : sintakmatik, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, dampak intruksional dan pengiring
  3. Mengetahui faktor yang perlu menjadi pertimbangan dalam memilih atau mengembangkan model pembelajaran: tujuan pembelajaran, karakter materi (objek), dan karakter siswa (subjek)
  4. Mengetahui pengertian cara dan strategi mengembangkan model pembelajaran fisikal
  5. Mengetahui model pembelajaran: pengolahan informasi, personal, social, sistem perilaku (behaviorral)
  6. Mengetahui komponen model pembelajaran: sintakmatik, sistem social, prinsip reaksi, sistem pendukung, dampak instruksional dan pengiring
  7. Mengetahui pengertian faktor yang perlu menjadi pertimbangan dalam memilih atau mengembangkan model pembelajaran: tujuan pembelajaran, karakter materi (objek dan karakter siswa (subjek)

Capaian Khusus Modul Model pembelajaran

Secara khusus, pembelajaran ini diharapkan dapat membantu peserta didik untuk mampu:

  1. Menjelaskan pengertian model pembelajaran
  2. Menjelaskan mengenai pengolahan informasi, personal, social, sistem perilaku (behaviorral dalam model pembelajaran)
  3. Menjelaskan komponen dari model-model pembelajaran: sintakmatik, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, dampak intruksional dan pengiring
  4. Menjelaskan faktor yang perlu menjadi pertimbangan dalam memilih atau mengembangkan model pembelajaran
  5. Menjelaskan  tujuan pembelajaran
  6. Menjelaskan karakter materi (objek) dan karakter siswa (subjek)

Isi Materi Pembelajaran :

  1. Pengertian model pembelajaran: pengolahan informasi, personal, social, sistem perilaku (behaviorral) 
  2. Pengertian komponen model pembelajaran: sintakmatik, sistem social, prinsip reaksi, sistem pendukung, dampak instruksional dan pengiring
  3. Pengertian faktor yang perlu menjadi pertimbangan dalam memilih atau mengembangkan model pembelajaran: tujuan pembelajaran, karaktermateri (objek), dan karakter siswa (subjek)
  4. Pengertian cara dan strategi mengembangkan Model Pembelajaran Fisikal

Sumber Belajar:

  • Video :
  1. youtube.com/watch?v=L7-saaaf2vM
  • Bacaan: 
  1. Evaluasi Pembelajaran Fisika (Dr. Nana, M. Pd) *lembar bacaan terlampir pada file materi
  • Tautan:
  1. Jurnal : https://www.jurnal.stitnu-sadhar.ac.id/index.php/JS/article/download/17/5 (model-model pembelajaran empat rumpun model pembelajaran)
  2. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/196209061986011-AHMAD_MULYADIPRANA/PDF/Komponen_Pembelajaran.pdf (komponen-komponen Pembelajaran)
  3. Blog : http://blog.unnes.ac.id/seputarpendidikan/2015/10/24/model-model-pembelajaran-pengertiannya/ (model-model Pembelajaran)

Last modified: Wednesday, 5 October 2022, 2:47 PM