Identitas, Capaian, Proses dan Referensi Mata Kuliah

IDENTITAS MATA KULIAH

  1. Nama Mata Kuliah: Masase Olahraga
  2. Kode Mata Kuliah: IKOS120409
  3. Beban SKS: 2
  4. Semester: Genap
  5. Jenjang: -
  6. Nama Program Studi: Pendidikan Kepelatihan Olahraga
  7. Nama Fakultas: Fakultas Olahraga dan Kesehatan
  8. Nama Perguruan Tinggi: Universitas Pendidikan Ganesha


DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah masase dan tujuan, pengaruh masase terhadap organ tubuh, kontra indikasi masase olahraga, faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan masase, manipulasi masage, masase olahraga.

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL/CPMK)

  1. Sikap (S): Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan, bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan, bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
    peradaban berdasarkan Pancasila
  2. Keterampilan Umum (KU): Mempunyai ketulusan, komitmen dan kesungguhan hati dalam bekerja, menghargai pendapat atau temuan orisinal orang lain, disiplin dalam penggunaan waktu, menginternalisasi semangat kemandirian
  3. Keterampilan Khusus (KK): Mahasiswa mampu melaksankan manipulasi masage, masase olahraga
  4. Penguasaan Pengetahuan (PP): Memahami hakikat sejarah dan tujuan masase, memahami hakikat  pengaruh masase terhadap organ tubuh, memahami  kontra indikasi masase olahraga, mampu faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan masase

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (Sub-CPMK)

  1. sub-cpmk 1 Memahami sejarah  dan tujuan masase
  2. sub-cpmk 2 Memahami pengaruh masase terhadap kulit, ,memahami pengaruh masase terhadap jaringan kunjunktiva, memahami pengaruh masase terhadap elemen-elemen alat pengokoh dan gerakan, memahami pengaruh masase terhadap sirkulasi darah dan limfa, memahami pengaruh masase terhadap sistem saraf, memahami pengaruh masase terhadap jaringan dan organ bagian dalam
  3. sub-cpmk 3 Memahami  dan mengenal pasien (orang yang akan dimasase), memahani terhadap bagian yang akan dimasase, memahami palpasi terhadap bagian yang akan dimasase, memahami kondisi yang bagaimana bisa dimasase, memahami kondisi yang bagaimana tidak boleh di masase
  4. sub-cpmk 4 Memahami cabang olahraga yang dilakukan, memahami kondisi tubuh olahragawan, memahami keadaan psikis olahragawan, memahami kontra indikasi yang ada, memahami waktu yang tersedia, memahami akomodasi yang digunakan, memahami keadaan cuaca, memahami lamanya dan intersitas ketegangan
  5. sub-cpmk 5 Memahami teknik manipulasi massage
  6. sub-cpmk 6 Masase olahraga

BAHAN KAJIAN

Untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran yang dibebankan pada mata kuliah  ini maka disajikan bahan-bahan kajian, sebagai berikut:

  1. Sejarah dan tujuan masase
  2. Pengaruh masase terhadap organ tubuh 
  3. Kontra indikasi masase olahraga
  4. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan masase
  5. Manipulasi masage, masase olahraga peraturan
RENCANA PERKULIAHAN

Mata kuliah ini menggunakan model pembelajaran blended learning. Aktivitas di dalam mata kuliah ini meliputi tutorial dan diskusi secara sinkronus (di dalam kelas/lab/teleconference) dan asinkronus (melalui media e-learning). Selain belajar secara individu, mahasiswa juga diarahkan untuk bekerjasama dalam sebuah kelompok.

RENCANA ASESMEN

Asesmen yang akan di temui selama proses pembelajaran adalah produk project berupa PPT, makalah, dan video.

REFERENSI MATA KULIAH

Silakan untuk melihat rujukan di bawah ini untuk membantu proses pembelajaran yang akan di lakukan kedepannya:

  1. Fondy, T. (2016). Sport Massage: Panduan Praktis Merawat & Mereposisi Cedera. Gramedia Pustaka Utama.
  2. Wibowo, Ari Kurniawan, 2020. Sport Massage Pijat Kebugaran, Tulungagung: Akademika Pustaka
  3. Sanusi, R., Surahman, F., & Yeni, H. O. (2020). Pengembangan Buku Ajar Penanganan dan Terapi Cedera Olahraga. Journal Sport Area5(1), 40-50
  4. Tisna, G. D., Kusuma, K. C. A., Muliarta, I. W., & Darmawan, G. E. B. (2023). Content validity of D-MESS: Articulate storyline 3-based learning media in sport massage courses. Journal Sport Area8(1), 105-116