Apa itu Magang 1?

A.    Tujuan

Magang 1 bertujuan mengenal kultur Sekolah Dasar melalui proses perkuliahan dan pengamatan untuk mencari tahu struktur organisasi sekolah, merasakan iklim persekolahan, mengenal tugas pokok dan fungsi guru secara langsung, dan mengenal sistem administrasi di SD serta kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

B.      Kompetensi

  1. memahami kultur sekolah.
  2. mendeskripsikan struktur organisasi dan tata kerja sekolah,
  3. mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah,
  4. mengidentifikasi kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuluer,
  5. mendeskripsikan praktik-praktik pembiasan dan kebiasan positif di sekolah.
  6. memahami tugas pokok dan fungsi guru di sekolah dasar
  7. mengenal sistem administrasi di sekolah dasar

C.      Pelaksanaan

Dosen pengampuh mata kuliah magang sekaligus dosen pembimbing magang 1 melakukan pertemuan di kelas untuk membahas mekanisme pelaksanaan magang 1 dan mengembangkan instrument yang akan digunakan

Jumlah jam mata kuliah magang adalah 150 menit x l6 pertemuan atau ekuivalen dengan 40 jam di sekolah dan datang mulai jam pertama sampai dengan jam terakhir sekolah. Akan tetapi karena adanya pertemuan di kampus, maka jam di sekolah disesuaikan dengan pelaksaaan perkuliahan (penjadwalan) atau tidak harus berada di sekolah mulai jam pertama sampai jam terakhir.

Alur Pelaksanaan Kegiatan yang dilakukan mahasiswa magang I adalah sebagai berikut:

Pengamatan1:

  1. Mahasiswa melaksanakan kunjungan ke sekolah sebanyak 2 sampai 3 kali
  2. Melakukan Pengamatan dan wawancara dengan kepala sekolah dan guru serta tenaga kependidikan di sekolah untuk mendapatkan informasi tentang struktur organisasi sekolah (tupoksi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, peraturan dan tata tertib sekolah, dan melakukan analisis tentang hasil observasi dan wawancara berdasarkan teori-teori yang dibaca dari berbagai buku sumber
  3. Kembali ke kampus untuk melakukan FGD 1 tentang temuan-temuan yang diperolehnya serta hasil analisis berdasarkan teori-teori yang dibaca dari berbagai buku sumber (setiap kelompok wajib mempresentasikan temuannya) dan menyiapkan instrumen observasi untuk melaksanakan Pengamatan 2

Pengamatan 2:

  1. Melaksanakan kunjungan ke sekolah sebanyak 2 sampai 3 kali
  2. Melakukan Pengamatan dan wawancara dengan kepala sekolah dan guru serta tenaga kependidikan di sekolah untuk mendapatkan informasi tentang kultur sekolah, praktik-praktik pembiasan dan kebiasan positif di sekolah, serta melakukan analisis tentang hasil observasi dan wawancara berdasarkan teori-teori yang dibaca dari berbagai buku sumber
  3. Kembali Ke kampus untuk melakukan FGD 2 tentang temuan-temuan yang diperolehnya serta hasil dianalisis berdasarkan teori-teori yang dibaca dari berbagai buku sumber (setiap kelompok wajib mempresentasikan temuannya)

Dosen dan mahasiswa melakukan review untuk merumuskan temuan dan atau pemecahan masalah (jika masalah ditemukan)

Mahasiswa membuat laporan Magang 1 berdasarkan hasil observasi dan FGD. Pengumpulan laporan paling lambat 2 minggu setelah kegiatan magang di sekolah

D.      Sistem Pembimbingan

  1. Mahasiswa peserta Magang 1 dibimbing oleh dosen pembimbing Magang.
  2. Satu dosen pembimbing membimbing 8-10 (delapan) orang mahasiswa peserta Magang
  3. Dosen pembimbing Magang1 melakukan pembimbingan secara intensif, baik secara tatap muka maupun melalui media komunikasi lainnya.
  4. Dosen pembimbing Magang1 melakukan pembimbingan paling sedikit 1 (satu) kali bimbingan di sekolah mitra.
  5. Proses pembimbingan ditekankan pada identifikasi permasalahan dan hambatan yang dihadapi mahasiswa serta saran untuk solusi.


E.       Sistem Penilaian

- Komponen penilaian Magang 1 terdiri dari:

a.

Kehadiran di kampus dan di sekolah

50%

b.

Kehadiran FGD

20%

c.

Laporan Pelaksanaan Magang 1

30%

 - Penilaian menggunakan format yang telah disediakan  (terlampir)

- Penilaian dilakukan oleh dosen pembimbing Magang 1 sesuai dengan komponen dan bobot penilaian yang ditentukan.

- Batas lulus (passing grade) Magang 1 paling rendah B


Last modified: Thursday, 9 April 2020, 1:46 PM