Pendahuluan



TUJUAN PEMBELAJARAN

Mahasiswa mampu menganalisis akuntansi untuk investasi pada entitas asosiasi dan ventura bersama.

 

 

PENGANTAR

PSAK 66 adalah pengaturan bersama. Di dalam konsolidasi apabila ada dua parent yang mengontrol satu sub sendiri dinamakan pengendalian/pengaturan bersama. Sedangkan apabila satu parent mengontrol satu sub sendiri dinamakan pengendalian sendiri.


PSAK 15 adalah mengenai investasi pada entitas asosiasi dan ventura bersama. Apa itu entitas asosiasi? Entitas asosiasi adalah di mana induk (parent) memiliki pengaruh signifikan. Dalam PSAK 15 terdapat istilah pengaruh signifikan. Pengaruh signifikan yaitu kekuasaan untuk berpartisipasi dalam keputusan kebijakan keuangan dan operasional suatu aktivitas ekonomi, tetapi tidak mengendalikan atau mengendalikan bersama atas kebijakan tersebut.

 

Dalam pertemuan ini materi yang dibahas adalah:

  1. PSAK 66 (Part 1)
  2. PSAK 66 (Part 2)
  3. PSAK 15 (Part 1)
  4. PSAK 15 (Part 2)


DAFTAR PUSTAKA

      • Ikatan Akuntan Indonesia. (2018). Standar Akuntansi Keuangan (SAK), per 1 Januari 2018.
      • Juan, Wahyuni. (2012). Panduan Praktis Standar Akuntansi Keuangan berbasis IFRS, edisi 2. Jakarta: Salemba Empat (Wah).
      • International Accounting Standards Board (IASB). International Accounting Standards (IAS)/International Financial Reporting Standards (IFRS).
      • Epstein, B.J., dan Eva K. Jermakowicz. (2015). Interpretation and Application of IAS, John Wiley & Sons Australia, Ltd..

Last modified: Sunday, 11 April 2021, 9:41 PM