Pendahuluan



Tujuan Pembelajaran:
Mahasiswa mampu menganalis akuntansi untuk pendapatan dari kontrak dengan pelanggan.
 
Pengantar:
PSAK 72 – Pendapatan dari kontrak dengan pelanggan merupakan PSAK yang cukup baru, berlaku efektif di 1 Januari 2020. PSAK 72 sangat penting karena mengubah prinsip pengakuan pendapatan di dalam mempersiapkan laporan keuangan. Perbedaan PSAK 72 dengan standar sebelumnya, yaitu:

a. Pengakuan pendapatan dengan model 5 langkah.
b. Berlaku untuk semua jenis pendapatan (kecuali: kontrak sewa, kontrak asuransi, instrument keuangan dan hak atau kewajiban kontraktual lain dan pertukaran nonmoneter antara entitas dalam lini bisnis yang sama untuk memfasilitasi penjualan kepada pelanggan atau pelanggan potensial).
c.  Waktu pengakuan pendapatan pada standar lama berbasis konsep risk dan rewards, sedangkan PSAK 72 konsepnya pengendalian.
 
Dalam pertemuan ini materi yang dibahas adalah:

  1. Model 5 Langkah (Part 1)
  2. Model 5 Langkah (Part 2)
 
Referensi:

  • Epstein, B.J., dan Eva K. Jermakowicz. (2015). Interpretation and Application of IAS, John Wiley & Sons Australia, Ltd.
  • Ikatan Akuntan Indonesia. (2018). Standar Akuntansi Keuangan (SAK), per 1 Januari 2018.
  • International Accounting Standards Board (IASB). International Acounting Standards (IAS)/International Financial Reporting Standards (IFRS).
  • Juan, Wahyuni. (2012). Panduan Praktis Standar Akuntansi Keuangan berbasis IFRS, edisi 2. Jakarta: Salemba Empat (Wah).

Last modified: Friday, 10 December 2021, 8:55 AM