4B : Prosedur Penanganan Insiden Keamanan Dunia Siber

[boxes]

[boxcontent color="info"]

Pada dasarnya apa yang harus dilakukan sebuah organisasi jika terjadi insiden terkait dengan keamanan informasi? Secara prinsip, tujuan dari manajemen penanganan insiden adalah:

Sedapat mungkin berusaha untuk mengurangi dampak kerusakan yang terjadi akibat insiden keamanan dimaksud;

Mencegah menjalarnya insiden ke lokasi lain yang dapat menimbulkan dampak negatif yang jauh lebih besar;

Menciptakan lingkungan penanganan insiden yang kondusif, dimana seluruh pihak yang "terlibat dan berkepentingan dapat bekerjasama melakukan koordinasi yang terorganisir;

Agar proses resolusi atau penyelesaian insiden dapat berjalan efektif dan dalam tempo sesingkat mungkin; dan

Mencegah terjadinya kesimpangsiuran tindakan yang dapat mengarah pada dampak negatif yang lebih besar lagi.

[/boxcontent]

[/boxes]


Click MKIDI-8A-ProsedurPenanganan.pdf link to view the file.