1A: E-Business dan Dunia Maya

Fenomena eBusiness tidak dapat disangkal telah menjadi trend yang+mewarnai aktivitas bisnis di negara-negara maju maupun berkembang.+Konsep baru yang berkembang karena kemajuan teknologi informasi dan+berbagai paradigma bisnis baru ini dianggap sebagai kunci sukses+perusahaan-perusahaan di era informasi dan di masa-masa mendatang.+Secara ringkas, Mohan Sawhney mendefinisikan eBusiness sebagai:

++ The use of electronic networks and associated technologies to enable, improve, enhance, transform, or invent a business process or business system to create superior value for current or potential customers+++.

Secara prinsip definisi tersebut jelas memperlihatkan bagaimana teknologi elektronik dan digital berfungsi sebagai medium tercapainya proses dan sistem bisnis (pertukaran barang atau jasa) yang jauh lebih baik dibandingkan dengan cara-cara konvensional, terutama dilihat dari manfaat yang dapat dirasakan oleh mereka yang berkepentingan (stakeholders). Seperti halnya pepatah yang mengatakan ++ banyak jalan menuju Roma+++, eBusiness merupakan salah satu jalan yang dimaksud untuk menuju kepada ++ the creation of wealth+++ bagi sebuah perusahaan (harap diperhatikan bahwa eBusiness bukanlah merupakan tujuan, atau ++ Roma+++ yang dimaksud dalam pepatah terkait). Dengan kata lain, cakupan atau spektrum eBusiness dapat sangat luas wilayahnya tergantung dari masin-masing orang melihat definisi dari kata ++ bisnis+++ itu sendiri. Untuk dapat menangkap dimensi ruang lingkup pengertian eBusiness, cara yang kerap dipakai adalah dengan menggunakan prinsip 4W (What, Who, Where, dan Why).

Click KDSEB-1A-EBusiness.pdf link to view the file.