10B: Mengukur Pontensi Pelanggan pada Website
Adalah merupakan suatu kenyataan bahwa dalam melakukan sebuah konsep e-business, sebuah perusahaan harus direduksi keberadaannya menjadi sebuah/beberapa halaman situs semata. Semua mekanisme interaksi dilakukan di dunia maya, dimana secara fisik tidak ada interaksi antara pihak perusahaan dengan pelanggan. Dalam situasi semacam ini, sangat sulit bagi sebuah perusahaan dalam mengerti perilaku dari setiap pelanggan yang mengakses situsnya, karena hanya sedikit sekali data mengenai pelanggan yang dimiliki. Namun dari data yang sedikit itu, sebenarnya perusahaan dapat memiliki cukup banyak informasi yang berguna sebagai bahan dasar dalam mengerti perilaku pelanggan. Yang dimaksud dengan data terkait adalah catatan kunjungan para pelanggan ke situs yang bersangkutan dimana dengan berbagai aplikasi sederhana dapat direkam hal-hal sebagai berikut:+
- Siapa yang sedang mengakses situs terkait;
- Kapan situs terkait diakses;
- Berapa lama situs terkait diakses;
- Darimana yang bersangkutan melakukan akses;
- Urut-urutan akses per-halaman yang ada pada sebuah situs;
- dan lain sebagainya.