12 B: Mengukur Potensi Pasar E-Commerce di Suatu Daerah
Salah satu agenda reformasi nasional yang dicanangkan pemerintah adalah mewujudkan konsep otonomi daerah. Walaupun masih memasuki tahap infancy dalam pelaksanaannya, namun telah terlihat berbagai fenomena baru yang memperlihatkan semangat pemerintah daerah dalam mencoba untuk mengembangkan infrastruktur dan suprastruktur teknologi informasi demi kemajuan daerahnya. Dalam kenyataannya terlihat bahwa sebagian besar inisiatif pengembangan teknologi informasi berasal dari kajian akan potensi bisnis yang ditawarkan pada pasar yang bersangkutan; walaupun tidak dapat dipungkiri banyak daerah yang hanya bersifat latah atau ikut-ikutan dalam melakukan pengembangan bisnis teknologi informasi. Terlepas dari kenyataan tersebut, dipandang dari sisi bisnis, harus dilihat terlebih dahulu kira-kira besarnya potensi pasar yang dimiliki daerah pada saat ini untuk dapat memperkirakan potensi perkembangan industri terkait di kemudian hari. Lembaga-lembaga riset terkemuka semacam IDC dan GS biasanya mempergunakan beberapa ukuran makro untuk melihat potensi pasar pada suatu daerah atau negara.