9D: Anatomi Infrastruktur Icorp
Untuk dapat sukses berbisnis di dunia maya, sebuah perusahaan iCorp (internet Corporation) harus memiliki anatomi infrastruktur (arsitektur) yang sesuai. Secara prinsip, anatomi iCorp dibangun sebagai jembatan yang menghubungkan antara sisi kebutuhan (demand) dan sisi pasokan (supply). Pada sisi demand, terlihat bahwa paling tidak ada 4 (empat) stakeholders (yang berkepentingan) akan keberadaan iCorp, masing-masing adalah: staf dan karyawan, pemasok dan distributor, investor dan pengamat bisnis, dan pelanggan. Sementara di sisi supply terlihat bagaimana iCorp harus dapat menghubungkan dirinya dengan sistem logistik e-commerce global untuk keperluan pemasokan sumber daya atau produk yang dibutuhkan oleh pelanggan (konsumen langsung) maupun pihak berkepentingan lainnya. Untuk menjembatani kedua kutub tersebut, ada baiknya infrastruktur iCorp dibangun di atas tiga lapisan utama (three tier architecture).