Sejarah Kebudayaan
TOFAN PRIANANDA ADINATA

Sejarah Kebudayaan

Matakuliah ini mengkaji tentang perkembangan kebudayaan Indonesia, baik yang bersifat materi maupun non materi, mulai dari kebudayaan Indonesia masa pra aksara hingga masa hubungan global

Strategi Pembelajaran Sejarah
DHALIA SOETOPO

Strategi Pembelajaran Sejarah

Konsep strategi pembelajaran, klasifikasi strategi pembelajaran, jenos strategi pembelajaran, metode pembelajaran sejarah, dasar Sejarah, Evaluasi pembelajaran sejarah Media Pembelajaran Sejarah dan Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Sejarah.

Metode Penelitian Sejarah
KUSWONO KUSWONO

Metode Penelitian Sejarah

Mata kuliah metode penelitian sejarah memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada mahasiswa dalam menganalisis teori dan konsep mengenai dengan prosedur/cara penelitian sejarah, bentuk penelitian sejarah, metode, dan metodologi sejarah. Bahasan mata kuliah ini meliputi pengertian metode sejarah, fakta, konsep, teori, pendekatan dan ilmu bantu sejarah. Mahasiswa juga diharapkan mampu mengaplikasikan penelitian sejarah dengan menggunakan metode sejarah.

Peta kompetensi untuk mata kuliah Metode Penelitian Sejarah dapat dibagi menjadi empat tahapan utama: heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Setiap tahapan ini mencerminkan keterampilan dan pengetahuan yang esensial bagi seorang peneliti sejarah.

Penelitian Sejarah di SMA: Pengalaman Guru – HISTORIA VITAE MAGISTRA, LA  HISTORIA ME ABSOLVERA

Dengan menguasai keempat tahapan tersebut, mahasiswa diharapkan dapat menjadi peneliti sejarah yang kompeten, mampu mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data sejarah dengan landasan teori dan metodologi yang kuat. Peta kompetensi ini memastikan bahwa mahasiswa tidak hanya memahami langkah-langkah praktis dalam penelitian sejarah, tetapi juga memiliki wawasan kritis terhadap kerangka konseptual dan metodologis dalam studi sejarah.

Metode Penilaian Mata Kuliah Metode Penelitian Sejarah dengan pendekatan Project Based Learning memiliki bobot penilaian dengan jumlah persentase kehadiran 10%, Quiz dan Tugas 10%, UTS 15%, UAS 15%, dan Penyelesaian Project berupa artikel ilmiah dengan persentase sejumlah 50%,