Bahasa Indonesia
DEWI RATNANINGSIH

Bahasa Indonesia

Matakuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi dan keterampilan mahasiswa dalam berbagai aspek kebahasaan, ilmu sastra, ilmu pendidikan, dan keterampilan berbahasa serta pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.  Selain itu, dalam sub-matakuliah, mahasiswa akan mempelajari berbagai konsep dalam kebahasaan, seperti hakikat bahasa, sifat dan fungsi bahasa, sejarah bahasa Indonesia, dan pengelompokan kata baku sesuai perkembangan ejaan bahasa Indonesia. Mereka juga akan memahami jenis-jenis teks dan memproduksi teks berdasarkan penulisan yang benar. Selain itu, teknik menulis karya ilmiah dan manajemen referensi (daftar pustaka) juga akan diajarkan.

Dasar-dasar Penelitian
SUYONO SUYONO

Dasar-dasar Penelitian

Tahun Akademik:
Genap 2019/2020
Kelas-Offr:
KH-KH
Deskripsi:
Matakuliah ini mengkaji konsep keterampilan dasar mengajar yang inovatif dan mempraktikkannya dengan mendasarkan pada kemampuan menerapkan keterampilan dasar mengajar dan menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian yang sesuai untuk pengajaran BSI.
Capaian Pembelajaran
  • 5.1 Mahasiswa menguasai pengertian, manfaat, dan tujuan pengajaran mikro.
  • 5.2 Mahasiswa menguasai jenis dan teknk keterampilan dasar mengajar.
  • 5.3 Mahasiswa mampu menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran yang tepat
Daftar Pustaka:
  • 1. Marsha, Colin. 2010. Becoming a Teacher: Knowledge, Skills, and Issues. Frenchs Forest: Pearson.
  • 2. Brown, H. Douglas. 2007. Principles of Language Learning and Teaching. New York: Pearson Longman.
  • 3. Namoco, Sarah. 2018. Principles Teaching 2. Internet.
  • 4. Cooper, James M. 2006. Classroom Teaching Skills. New York: Houghton Mifflin.

PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
AGUS MILU SUSETYO, M.PD Spada Dosen

PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA




Mata kuliah Program Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Prodi PBSI. Mata kuliah ini mempunyai bobot 3 SKS. Sebagai salah satu mata kuliah yang esensial, mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman belajar bagi mahasiswa agar mempunyai kemampuan dan keterampilan dalam melakukan desain pembelajaran. Mata kuliah ini berisi topik bahasan antara lain pengembangan program PBSI mencakup RPE, jadwal pelajaran, prota, promes, silabus dan RPP. Selain itu terdapat juga materi tentang remedial dan pengayaan. Hal yang harus disusun atau dikerjakan oleh mahasiswa dalam mata kuliah ini adalah menyusun semua perangkat pembelajaran layaknya guru yang ada di sekolah. Penguasaan materi dalam mata kuliah ini menggunakan metode diskusi, ceramah dan tanya jawab serta tugas protofolio. Sistem perkuliahan dilakukan dengan tatap muka dikelas dan dikombinasi dengan sistem perkuliahan daring (online) dengan web milik kampus. Penilaian akhir dari mata kuliah ini diambil dari absensi, keaktifan di kelas, tugas dan penampilan saat presentasi materi. Tujuan umum dari mata kuliah ini adalah agar mahasiswa PBSI mampu merancang dan menyembangkan perangkat pembelajaran yang inovatif dan kreatif sesuai dengan perkembangan jaman. Selain itu, adanya