Psikologi Pendidikan
Mata kuliah perkembangan psikologi pendidikan membekali mahasiswa untuk memiliki kemampuan memahami menjelaskan, menganalisis, mengaplikasikan dan mengevaluasi psikologi pendidikan dalam lingkup pendidikan anak uusia dini dengan topik yang di bahas yaitu; 1). Mengetahui konsep, unsur dan perilaku siswa dalam psikologi perkembangan, 2). Memahami kecakapan dan perkembangan peseta didik; 3). Menjelaskan kepribadian dan konsep teori belajar dalam psikologi; 4). Menganalisis yang mempengaruhi kesulitan belajar; 5).Mngaplikasikan asesmen hasil belajar; 6)Mengevaluasi peran seorang guru dalam psikologi pendidikan.
PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
Matakuliah Perkembangan Peserta Didik ini merupakan matakuliah yang wajib diprogram oleh para mahasiswa sesuai program studinya masing-masing di lingkungan Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISMA. Dengan mengikuti perkuliahan matakuliah ini mahasiswa akan memahami tentang karakteristik peserta didik sebagai bahan pertimbangan dalam proses pembelajaran sehingga guru mampu menyikap dan memperlakukan peserta didik secara efektif. Matakuliah ini memiliki bobot 2 SKS. Matakuliah ini dirancang dalam bentuk Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan berdasarkan Buku Pedoman Perkuiahan yang dibakukan di UNISMA, khususnya di Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pokok-pokok bahasan pada perkuliahan ini adalah: (1) Karakteristik Individu, (2) Karakteristik Individu, (3) Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan, (4) Aspek-aspek pertumbuhan dan perkembangan Individu, (5) Prinsip-prinsip Perkembangan, (6) Teori dan Hukum Perkembangan, (7) Fase-fase Perkembangan, (8) Tugas-tugas Perkembangan, (9) Faktor-faktor Perkembangan, (10) Motivasi dan Belajar, (11) Sosialisasi pada Anak, (12) Pengaruh Corak Hubungan Guru-Murid terhadap Perkembangan Kepribadian Anak, (13) Masalah/Kesulitan Belajar, (14) Pemacahan Masalah/Kesulitan Belajar, dan (15) Perkembangan Kepribadian Remaja.