Week Name Description
Pertemuan ke: 1 Batasan teori evolusi File 1.2 Kegiatan Perkuliahan Inti 2a: Membaca Buku saku Evolusi

Bacalah Buku saku Evolusi berikut ini.

Buku ini berisi ringkasan esensial teori evolusi yang meliputi paradigm ilmu evolusi, Sejarah perkembangan teori evolusi, Konflik teori evolusi, Teori Evolusi Manusia, dan Kajian multidisipliner teori evolusi.

File 1.2. Kegiatan Perkuliahan Inti 2b: Membaca Artikel

Evolusi penuh dengan teori yang saling konflik. Setelah Anda menonton video yang berisi Bantahan terhadap Teori Evolusi, selanjutnya Anda harus membaca Artikel "Mempertimbangkan Teori Harun Yahya" agar mempunyai pemahaman yang bijak terhadap teori Evolusi. Selamat membaca!

File 1.3 Kegiatan Penutup Batasan Teori Evolusi

Setelah Anda membaca Artikel Mempertimbangkan Teori Harun Yahya dan Melihat Video Keruntuhan Teori Evolusi kerjakan tugas berikut ini:

Tugas: Anda adalah ilmuwan Biologi yang Agamis. Menurut Anda, apakah Makhluk Hidup mengalami Evolusi? Jelaskan Jawaban Anda!.

Petunjuk: Tugas dikerjakan secara individu, diketik rapi dengan format ukuran kertas A4, Font Arial 11, spasi 1,15. Maksimal 2 lembar serta dilengkapi daftar pustaka.


Pertemuan ke: 2 Metodologi Paleontologi dan Rekonstruksi Fosil File 2.1 Kegiatan Pendahuluan: Membaca Handout

Materi berikut ini memberi informasi kepada Anda tentang metodologi paleontologi, fosil, macam-macam fosil, dan proses pembentukan fosil. Selamat Membaca!

Pertemuan ke: 5 Evolusi Makhluk Hidup dalam skala waktu geologis dan Teori asal-usul kehidupan File 5.2 Kegiatan Perkuliahan Inti 1: Membaca Materi Teori Asal-usul Makhluk Hidup

Materi berikut berisi tentang teori Abiogenesis versus Teori Biogenesis. Pelajari dengan baik materi ini, sebagai bahan diskusi. Anda juga dipersilahkan membaca referensi atau sumber yang lain. Selamat Belajar!

Pertemuan ke: 6 Teori evolusi Lamarck File 6.2 Kegiatan Inti: Membaca materi tentang Teori Lamarck

Berikut ini diberikan ringkasan materi Teori Evolusi Lamarck dan Darwin secara singkat. Cocokkanlah pemahaman yang telah Anda bangun dengan ringkasan materi berikut ini. Jika Ada yang belum dimengerti, Anda dapat menyampaikannya di Forum diskusi.

Pertemuan ke: 7 Teori evolusi Darwin File 7.3 Kegiatan Penutup: Penguatan Materi Teori Evolusi Darwin

Pelajari materi berupa animasi berikut ini. Materi ini akan memberikan penguatan terhadap teori evolusi Darwin. Buatlah refleksi diri terhadap pemahaman anda pada teori evolusi khususnya teori evolusi Darwin

Pertemuan ke: 9 Bukti-bukti evolusi, meliputi: Fosil sebagai bukti evolusi File 9.3 Kegiatan Penutup: Penguatan Fosil sebagai bukti Evolusi

Nah, Anda telah belajar cara merekonstruksi fosil. Untuk meningkatkan pemahaman Anda, karakteriktik fosil yang bias digunakan sebagai bukti evolusi maka pelajari handout berikut ini. jika ada kesulitan, silahkan dapat disampaikan pada fitur obrolan. selamat belajar!

Pertemuan ke: 10 Bukti-bukti evolusi: Anatomi perbandingan sebagai bukti evolusi URL 10.1 Kegiatan Pendahuluan: Menonton Video Animasi

Saksikanlah video berikut ini. Video ini akan memberikan gambaran bagaimana bukti evolusi dilihat dari perbandingan anatomi.

Pertemuan ke: 11 Bukti-bukti evolusi: Embriologi perbandingan sebagai bukti evolusi File 11.1 Kegiatan Pendahuluan: Membaca Handout

Dapatkah Anda mengetahui organisme apa sajakah dari embrio berikut ini?

Untuk mempelajari topik embriologi perbandingan berikut ini, baca dan pelajari slide powerpoint yang sudah disiapkan!

Pertemuan ke: 12 Bukti-bukti evolusi: Genetika dan Biologi molekuler sebagai bukti evolusi File 12.3 Kegiatan Penutup

Untuk memantapkan pemahaman Anda terhadap materi bukti evolusi menggunakan genetika dan biologi molekuler, baca dan pahami handout berikut ini. 

Pertemuan ke: 13 Spesies, Spesiasi dan Mekanisme evolusi File 13.3 Kegiatan Penutup: Mempelajari handout

Sekarang, kita sampai pada kegiatan penutup. untuk menguatkan pemahaman Anda tentang mekanisme evolusi pelajari animasi berikut ini dan buatlah ringkasan mandiri.