Weekly outline

  • General




    Dosen Pengampu Matakuliah




    Kuliah Evolusi ini diampu oleh Dra. Winarsih, M.Kes, Muji Sri Prastiwi, S.Pd., M.Pd., dan Dwi Anggorowati, S.Pd., M.Si.

    Evolusi

    Selamat datang di kuliah daring Evolusi

    Kuliah ini mempelajari fenomena evolusi yang terjadi di alam dengan berbagai konflik teori yang melikupinya, proses rekonstruksi pada palentologi, Evolusi manusia dengan berbagai teori yang menerangkannya, Evolusi dalam skala waktu geologis dan asal-usul makhluk hidup dengan berbagai teori yang menerangkannya, teori evolusi Lamarck dan Darwin, bukti-bukti baik langsung maupun tidak langsung yang menunjukkan fenomena evolusi di alam, serta mekanisme evolusi untuk memahami fenomena yang ada di alam


    Capaian pembelajaran

    1. Mahasiswa dapat menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal pada teori evolusi
    2. Mahasiswa dapat mempunyai pemahaman terhadap proses rekonstruksi pada palentologi guna menerangkan proses evolusi, evolusi manusia dengan berbagai teori yang menerangkannya, evolusi dalam skala waktu geologis dan asal-usul makhluk hidup dengan berbagai teori yang menerangkannya, teori evolusi Lamarck dan Darwin, bukti-bukti baik langsung maupun tidak langsung yang menunjukkan fenomena evolusi di alam, serta mekanisme evolusi untuk memahami fenomena yang ada di alam
    3. Mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, dan sistematis dalam mengkaji teori evolusi sebagai teori ilmiah untuk memahami keanekaragaman Makhluk hidup
    4. Mahasiswa dapat memanfaatkan TIK untuk memperbarui pemahaman terhadap fenomena evolusi yang terjadi di alam dengan berbagai konflik teori yang melingkupinya



  • Pertemuan ke: 1 Batasan teori evolusi

    Salam Evolution! Pernahkah Anda bertemu dengan orang yang menyatakan bahwa ia tidak percaya terhadap teori evolusi? Anda termasuk orang yang percaya teori evolusi, ataukah tidak? Pernahkah Anda menonton tayangan Harun Yahya yang mengajukan teori penciptaan? Mana yang lebih tepat, apakah teori evolusi, ataukah teori penciptaan Harun Yahya? 
    Siapakah Harun Yahya? Pengadilan Kriminal Berat Nomor 30 di Istanbul, Turki, menilai Harun Yahya terbukti mendirikan dan memimpin organisasi kriminal, menjadi mata-mata politik atau militer, melakukan pelecehan seksual terhadap perempuan dewasa dan anak di bawah umur, serta terlibat dalam penyiksaan sehingga Pengadilan Turki menjatuhkan hukuman berat, yakni hingga 1000 tahun.

    Namun, materi Harun Yahya dalam bentuk video dan buku tentang keruntuhan teori evolusi telah banyak digunakan dan diadopsi sebagai materi evolusi selama ini. sehingga perlu dalam perkuliahan evolusi ini, meluruskan salah konsep yang terjadi pada teori evolusi pada materi Batasan teori evolusi. 
    Materi pertama perkuliahan evolusi, Anda akan memiliki Kemampuan akhir: Mahasiswa dapat memahami fenomena evolusi yang terjadi di alam dengan berbagai konflik teori yang melikupinya


    Indikator
    1)Menjelaskan fenomena eolusi berdasarkan data (observasi)
    2)Menjelaskan definisi evolusi
    3)Menjelaskan batasan/lingkup kajian evolusi
    4)Mengevaluasi teori evolusi yang saling konflik (pro dan kontra evolusi)

    Selamat belajar!

    Assignment: 1Files: 3
  • Pertemuan ke: 2 Metodologi Paleontologi dan Rekonstruksi Fosil

    Kemampuan akhir: Mahasiswa dapat memahami proses rekonstruksi guna menerangkan proses evolusi

    Indikator
    1)Berpikir ilmiah (literasi ilmiah) dalam merekonstruksi fosil
    2)Menjelaskan metode rekonstruksi fosil
    3)Merekonstruksi silsilah evolusi suatu spesimen berdasarkan teori yang berkembang
    File: 1Assignment: 1Chat: 1
  • Pertemuan ke: 3 Teori Evolusi Manusia: Bukti-Bukti Evolusi Manusia

    Kemampuan akhir: Mahasiswa dapat memahami proses evolusi manusia dengan berbagai teori yang menerangkannya.

    Indikator
    1)Berpikir ilmiah (literasi ilmiah) dalam memahami evolusi manusia
    2)Menjelaskan bukti-bukti evolusi yang mendukung evolusi manusia
    3)Menganalisis bukti-bukti yang dapat mendukung evolusi biologis manusia
    Chat: 1Assignment: 1
  • Pertemuan ke: 4 Teori Evolusi Manusia: Anatomi dan Garis Keturunan yang Mendukung Evolusi Manusia

    Kemampuan akhir: Mahasiswa dapat memahami proses evolusi manusia dengan berbagai teori yang menerangkannya.

    Indikator
    1)Berpikir ilmiah (literasi ilmiah) dalam memahami evolusi manusia
    2)Membandingkan profil manusia purba
    3)Menjelaskan bukti anatomi manusia yang mendukung evolusi manusia
    4)Mengevaluasi berbagai silsilah evolusi manusia
    5)Menyusun silsilah evolusioner manusia dari yang paling primitive sampai modern.
    Chat: 1Assignment: 1Choice: 1
  • Pertemuan ke: 5 Evolusi Makhluk Hidup dalam skala waktu geologis dan Teori asal-usul kehidupan

    Kemampuan akhir: Mahasiswa dapat memahami evolusi dalam skala waktu geologis dan asal-usul makhluk hidup dengan berbagai teori yang menerangkannya.

    Indikator
    1)Berpikir ilmiah (literasi ilmiah) dalam memahami evolusi dalam skala waktu geologis dan asal-usul makhluk hidup dengan berbagai teori
    2)Menjelaskan skala waktu geologis evolusi makhluk hidup
    3)Menjelaskan teori asal-usul kehidupan
    4)Mengevaluasi teori asal-usul kehidupan yang saling konflik
    Assignments: 2File: 1Chat: 1
  • Pertemuan ke: 6 Teori evolusi Lamarck

    Kemampuan akhir: Mahasiswa dapat memahami fenomena alam dengan teori evolusi Lamarck dan Darwin

    Indikator
    1)Berpikir ilmiah (literasi ilmiah) dalam memahami teori evolusi Lamarck dan Darwin
    2)Menjelaskan teori evolusi Lamarck
    3)Menjelaskan contoh aplikasi penerapan teori evolusi Lamarck
    4)Menganalisis fenomena kehidupan berdasarkan teori evolusi Lamarck
    Chat: 1File: 1Assignment: 1
  • Pertemuan ke: 7 Teori evolusi Darwin

    Kemampuan akhir: Mahasiswa dapat memahami fenomena alam dengan teori evolusi Lamarck dan Darwin

    Indikator
    1)Berpikir ilmiah (literasi ilmiah) dalam memahami teori evolusi Darwin
    2)Menjelaskan teori evolusi Darwin
    3)Menjelaskan contoh aplikasi penerapan teori evolusi Darwin
    4)Menganalisis fenomena kehidupan berdasarkan teori evolusi Darwin.
    Chat: 1Assignment: 1File: 1
  • Pertemuan ke: 8 UTS

    Kemampuan akhir: UTS
    Indikator
    Quiz: 1
  • Pertemuan ke: 9 Bukti-bukti evolusi, meliputi: Fosil sebagai bukti evolusi

    Kemampuan akhir: Mahasiswa dapat menjelaskan bukti-bukti baik langsung maupun tidak langsung yang menunjukkan fenomena evolusi di alam.

    Indikator
    1)Berpikir ilmiah (literasi ilmiah) dalam memahami bukti-bukti evolusi
    2)Menjelaskan alasan fosil sebagai bukti evolusi
    3)Menjelaskan contoh-contoh fosil yang dapat digunakan sebagai bukti evolusi
    Chat: 1Assignment: 1File: 1
  • Pertemuan ke: 10 Bukti-bukti evolusi: Anatomi perbandingan sebagai bukti evolusi

    Kemampuan akhir: Mahasiswa dapat menjelaskan bukti-bukti baik langsung maupun tidak langsung yang menunjukkan fenomena evolusi di alam.

    Indikator
    1)Berpikir ilmiah (literasi ilmiah) dalam memahami bukti-bukti evolusi
    2)Menjelaskan alasan anatomi perbandingan sebagai bukti evolusi
    3)Menerapkan anatomi perbandingan sebagai bukti evolusi makhluk hidup
    URL: 1Assignment: 1Chat: 1Quiz: 1
  • Pertemuan ke: 11 Bukti-bukti evolusi: Embriologi perbandingan sebagai bukti evolusi

    Kemampuan akhir: Mahasiswa dapat menjelaskan bukti-bukti baik langsung maupun tidak langsung yang menunjukkan fenomena evolusi di alam.

    Indikator
    1)Berpikir ilmiah (literasi ilmiah) dalam memahami bukti-bukti evolusi (Embriologi perbandingan sebagai bukti evolusi)
    2)Menjelaskan embriologi perbandingan sebagai bukti evolusi
    3)Menerapkan embriologi perbandingan sebagai bukti evolusi makhluk hidup
    File: 1Assignments: 2
  • Pertemuan ke: 12 Bukti-bukti evolusi: Genetika dan Biologi molekuler sebagai bukti evolusi

    Kemampuan akhir: Mahasiswa dapat menjelaskan bukti-bukti baik langsung maupun tidak langsung yang menunjukkan fenomena evolusi di alam

    Indikator
    1)Berpikir ilmiah (literasi ilmiah) dalam memahami bukti-bukti evolusi (Genetika dan Biologi molekuler sebagai bukti evolusi)
    2)Menjelaskan genetika sebagai bukti evolusi
    3)Menerapkan genetika untuk membuktikan evolusi makhluk hidup
    4)Menjelaskan biologi molekuler sebagai bukti evolusi
    5)Menerapkan biologi molekuler untuk membuktikan evolusi makhluk hidup.
    Chat: 1Assignment: 1File: 1
  • Pertemuan ke: 13 Spesies, Spesiasi dan Mekanisme evolusi

    Kemampuan akhir: Mahasiswa dapat menjelaskan mekanisme evolusi untuk memahami fenomena yang ada di alam

    Indikator
    1)Berpikir ilmiah (literasi ilmiah) dalam memahami mekanisme evolusi
    2)Menjelaskan pengertian spesies
    3)Menjelaskan proses terjadianya spesies (spesiasi)
    4)Menjelaskan macam-macam mekanisme evolusi.
    Chat: 1Assignment: 1File: 1
  • Pertemuan ke: 14 Mekanisme evolusi meliputi: Genetic drift dan Gene flow

    Kemampuan akhir: Mahasiswa dapat menjelaskan mekanisme evolusi untuk memahami fenomena yang ada di alam

    Indikator
    1)Berpikir ilmiah (literasi ilmiah) dalam memahami mekanisme evolusi (Genetic drift dan Gene flow)
    2)Menjelaskan pengertian genetic drift
    3)Menjelaskan pengertian gene flow
    4)Menjelaskan mekanisme genetic drift yang mendorong terjadinya evolusi biologi mahkluk hidup
    5)Menjelaskan mekanisme gene flow yang mendorong terjadinya evolusi biologi mahkluk hidup.
    Chat: 1Assignments: 2
  • Pertemuan ke: 15 Mekanisme evolusi meliputi: Mutation, Descent, Coevolution

    Kemampuan akhir: Mahasiswa dapat menjelaskan mekanisme evolusi untuk memahami fenomena yang ada di alam

    Indikator
    1)Berpikir ilmiah (literasi ilmiah) dalam memahami mekanisme evolusi (Mutation, Descent, Coevolution)
    2)Menjelaskan pengertian Mutation
    3)Menjelaskan pengertian Descent
    4)Menjelaskan pengertian Coevolution
    5)Menjelaskan mekanisme mutation yang mendorong terjadinya evolusi biologi mahkluk hidup
    6)Menjelaskan mekanisme Descent yang mendorong terjadinya evolusi biologi mahkluk hidup
    7)Menjelaskan mekanisme Coevolution yang mendorong terjadinya evolusi biologi mahkluk hidup.
    Chat: 1Assignment: 1Choice: 1