Ringkasan topik
Topik 1
Simaklah video tersebut, kemudian buatlah refleksi dari video yang telah anda simak.
Topik ini menggarisbawahi mengenai orientasi perkuliahan, yaitu mengenai tujuan perkuliahan pengelolaan pendidikan, rincian materi-materi yang akan di bahas dalam 16 pertemuan, aturan perkuliah, sistem penilaian perkuliahan dan buku sumber/rujukan yang dapat digunakan selama perkuliahan pengelolaan pendidikan.
Topik 2
Konsep akadmik pengelolaan pendidikan merupakan gambaran umum bagaimana mata kuliah Pengelolaan Pendidikan dilaksanakan.
Deskripsikan secara singkat mengenai konsep pengelolaan pendidikan yang anda ketahui dengan menggunakan bahasa sendiri!
Topik 3
Topik ini menggarisbawahi mengenai bidang garapan yang ada pada pendidikan, yaitu manajemen kurikulum, Manajemen Kurikulum, Manajemen Peserta Didik, Manajemen Sarana dan Prasaran, Manajemen Tenaga Kependidikan, Manajemen Keuangan, Manajemen Hubungan Masyarakat
Mahasiswa diharuskan membuat Power Point secara berkelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang (pembagian kelompok tanggung jawab Ketua Kelas). Ketua Kelas harus berkordinasi dengan Ketua Kelas lainnya, untuk menentukan Topik/Materi yang akan dijadikan Power Point!
Topik/Materi, terdiri dari:
- Bidang garapan Pengelolaan pendidikan
- Kebijakan Pendidikan Nasional
- Administrasi dan manajemen pendidikan
- Manajemen sekolah
- Standar dan penyiapan pembelajaran
- Kepemimpinan pendidikan
- Personalia sekolah
- Optimalisasi layanan pesdik
- Pembiayaan pendidikan
- Sekolah, masyarakat dan dunia industri
- Fasilitas sekolah
- Supervisi dan pengawasan
Pada konten ini, setiap mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya/menjawab/berbagi pengalaman mengenai materi yang tidak dimengerti, dan dosen mata kuliah dapat memberikan jawaban atas diskusi tersebut.
Ket: Setiap mahasiswa yang akan bertanya/menjawab harus disertai dengan (KODE JURUSAN_NAMA_NIM)
Kode Jurusan: PE (Pendidikan Ekonomi), TB (Teknik Bangunan),
Contoh: TE_Tedi Maulana_1407456
Jelaskan keterkaitan antara bidang garapan pendidikan dengan fungsi manajemen, yang digambarkan pada sebuah bagan/alur
Download file tersebut, lalu diskusikan dengan teman-teman pada forum diskusi yang telah disediakan.
Berdasarkan berita tersebut, berikan solusi terhadap permasalahan yang terjadi yang mencakup aspek:
- Undang-undang ataupun peraturan pemerintah lainnya
- Bidang garapan manajemen pendidikan
Sumber Video: https://www.youtube.com/watch?v=0ZdQFOcsU_E
Catatan:
Setiap mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya atau menjawab terkait permasalahan tersebut. Jika salah satu mahasiswa sudah memberikan pertanyaan maka mahasiswa lainnya dapat menjawab dan mengembangkan jawaban tersebut atau bertanya kembali sesuai dengan konteks yang sedang dibahas.
Keterangan :
Setiap mahasiswa yang akan menjawab atau bertanya harus mencantumkan (KODE JURUSAN_NAMA_NIM_(tanya/jawab))
Kode Jurusan: PE (Pendidikan Ekonomi), TB (Teknik Bangunan),
Contoh: TB_Tedi Maulana_1407456_(tanya) / TB_Tedi Maulana_1407456_(jawab)
Topik 4
Kebijakan pendidikan di Indonesia adalah seperangkat konsep peraturan perundang-undangan yang menjadi titik tolak system pendidikan Indonesia, yang mengacu kepada Undang-Undang Dasar 1945 meliputi, Undang-Undang Dasar Republik Indonesia, Undang-Undang Peraturan Pemerintah pengganti undang-undang, peraturan pemerintah, dan lainnya
Mahasiswa diharuskan membuat Power Point secara berkelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang (pembagian kelompok tanggung jawab Ketua Kelas). Ketua Kelas harus berkordinasi dengan Ketua Kelas lainnya, untuk menentukan Topik/Materi yang akan dijadikan Power Point!
Topik/Materi, terdiri dari:
- Bidang garapan Pengelolaan pendidikan
- Kebijakan Pendidikan Nasional
- Administrasi dan manajemen pendidikan
- Manajemen sekolah
- Standar dan penyiapan pembelajaran
- Kepemimpinan pendidikan
- Personalia sekolah
- Optimalisasi layanan pesdik
- Pembiayaan pendidikan
- Sekolah, masyarakat dan dunia industri
- Fasilitas sekolah
- Supervisi dan pengawasan
Pada konten ini, setiap mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya/menjawab/berbagi pengalaman mengenai materi yang tidak dimengerti, dan dosen mata kuliah dapat memberikan jawaban atas diskusi tersebut.
Ket: Setiap mahasiswa yang akan bertanya/menjawab harus disertai dengan (KODE JURUSAN_NAMA_NIM)
Kode Jurusan: PE (Pendidikan Ekonomi), TB (Teknik Bangunan),
Contoh: TE_Tedi Maulana_1407456
- Buatlah definisi kebijakan pendidikan menurut pendapat anda sendiri!
- Jika anda analisis, kebijakan apa saja yang tertuang dalam peraturan mengenai pendidikan yang masih dilanggar atau tidak dijalankan oleh beberapa sekolah di Indonesia?
Setiap mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya atau menjawab terkait tentang Kebijakan Pendidikan Nasional . Jika salah satu mahasiswa sudah memberikan pertanyaan maka mahasiswa lainnya dapat menjawab dan mengembangkan jawaban tersebut atau bertanya kembali sesuai dengan konteks yang sedang dibahas.
Keterangan :
Setiap mahasiswa yang akan menjawab atau bertanya harus mencantumkan (KODE JURUSAN_NAMA_NIM_(tanya/jawab))
Kode Jurusan: PE (Pendidikan Ekonomi), TB (Teknik Bangunan),
Contoh: TB_Tedi Maulana_1407456_(tanya) / TB_Tedi Maulana_1407456_(jawab)
Topik 5
Topik ini menggarisbawahi mengenai konsep administrasi dan manajemen pendidikan, yang didalamnya dijelaskan tentang fungsi, prinsip-prinsip, dan ruang lingkup dari administrasi serta manajemen pendidikan.
Mahasiswa diharuskan membuat Power Point secara berkelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang (pembagian kelompok tanggung jawab Ketua Kelas). Ketua Kelas harus berkordinasi dengan Ketua Kelas lainnya, untuk menentukan Topik/Materi yang akan dijadikan Power Point!
Topik/Materi, terdiri dari:
- Bidang garapan Pengelolaan pendidikan
- Kebijakan Pendidikan Nasional
- Administrasi dan manajemen pendidikan
- Manajemen sekolah
- Standar dan penyiapan pembelajaran
- Kepemimpinan pendidikan
- Personalia sekolah
- Optimalisasi layanan pesdik
- Pembiayaan pendidikan
- Sekolah, masyarakat dan dunia industri
- Fasilitas sekolah
- Supervisi dan pengawasan
Pada konten ini, setiap mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya/menjawab/berbagi pengalaman mengenai materi yang tidak dimengerti, dan dosen mata kuliah dapat memberikan jawaban atas diskusi tersebut.
Ket: Setiap mahasiswa yang akan bertanya/menjawab harus disertai dengan (KODE JURUSAN_NAMA_NIM)
Kode Jurusan: PE (Pendidikan Ekonomi), TB (Teknik Bangunan),
Contoh: TE_Tedi Maulana_1407456
Jelaskan perbedaan konsep antara manajemen pendidikan dan administrasi pendidikan ?
Setiap mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya atau menjawab terkait tentang Administrasi dan Manajemen Pendidikan. Jika salah satu mahasiswa sudah memberikan pertanyaan maka mahasiswa lainnya dapat menjawab dan mengembangkan jawaban tersebut atau bertanya kembali sesuai dengan konteks yang sedang dibahas.
Keterangan :
Setiap mahasiswa yang akan menjawab atau bertanya harus mencantumkan (KODE JURUSAN_NAMA_NIM_(tanya/jawab))
Kode Jurusan: PE (Pendidikan Ekonomi), TB (Teknik Bangunan),
Contoh: TB_Tedi Maulana_1407456_(tanya) / TB_Tedi Maulana_1407456_(jawab)
Topik 6
Topik ini menggarisbawahi mengenai konsep Manajemen Sekolah. Uraian manajemen sekolah terdiri dari beberapa bahasan diantaranya sumber daya yang harus dimiliki dalam pelaksanaan manajemen sekolah, fungsi yang harus dijalankan, serta komponen-komponen dalam pelaksanaan manajemen sekolah.
Mahasiswa diharuskan membuat Power Point secara berkelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang (pembagian kelompok tanggung jawab Ketua Kelas). Ketua Kelas harus berkordinasi dengan Ketua Kelas lainnya, untuk menentukan Topik/Materi yang akan dijadikan Power Point!
Topik/Materi, terdiri dari:
- Bidang garapan Pengelolaan pendidikan
- Kebijakan Pendidikan Nasional
- Administrasi dan manajemen pendidikan
- Manajemen sekolah
- Standar dan penyiapan pembelajaran
- Kepemimpinan pendidikan
- Personalia sekolah
- Optimalisasi layanan pesdik
- Pembiayaan pendidikan
- Sekolah, masyarakat dan dunia industri
- Fasilitas sekolah
- Supervisi dan pengawasan
Pada konten ini, setiap mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya/menjawab/berbagi pengalaman mengenai materi yang tidak dimengerti, dan dosen mata kuliah dapat memberikan jawaban atas diskusi tersebut.
Ket: Setiap mahasiswa yang akan bertanya/menjawab harus disertai dengan (KODE JURUSAN_NAMA_NIM)
Kode Jurusan: PE (Pendidikan Ekonomi), TB (Teknik Bangunan),
Contoh: TE_Tedi Maulana_1407456
- Manakah yang lebih penting antara Kepala Sekolah, guru dan pengawas pendidikan dalam tercapainya tujuan pendidikan dalam unit sekolah?
- Jelaskan konsep manajemen sekolah yang ditinjau berdasarkan input, proses, output dan outcome!
Setiap mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya atau menjawab terkait tentang Manajemen Sekolah. Jika salah satu mahasiswa sudah memberikan pertanyaan maka mahasiswa lainnya dapat menjawab dan mengembangkan jawaban tersebut atau bertanya kembali sesuai dengan konteks yang sedang dibahas.
Keterangan :
Setiap mahasiswa yang akan menjawab atau bertanya harus mencantumkan (KODE JURUSAN_NAMA_NIM_(tanya/jawab))
Kode Jurusan: PE (Pendidikan Ekonomi), TB (Teknik Bangunan),
Contoh: TB_Tedi Maulana_1407456_(tanya) / TB_Tedi Maulana_1407456_(jawab)
Topik 7
Topik ini berisi lembaran soal yang dapat di download dan dikerjakan mahasiswa untuk mendapatkan nilai Ujian Tengah Semester. Setelah dikerjakan Mahasiswa dapat mengirimkan file jawabannya.
Topik 8
Topik ini menggarisbawahi mengenai konsep standar dan penyiapan pembelajaran atau dalam hal lain dapat disebut juga sebagai pengelolaan atau manajemen kurikulum. Pada manajemen kurikulum+ terdapat beberapa tahapan atau proses (ruang lingkup) yang harus dijalankan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, supervisi, pemantauan dan perbaikan. Selain itu, dibahas mengenai pengembangan kurikulum, komponen kurikulum, serta contoh permasalahan dan kendala yang dialami dalam implemenasi kurikulum di Indonesia.
Mahasiswa diharuskan membuat Power Point secara berkelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang (pembagian kelompok tanggung jawab Ketua Kelas). Ketua Kelas harus berkordinasi dengan Ketua Kelas lainnya, untuk menentukan Topik/Materi yang akan dijadikan Power Point!
Topik/Materi, terdiri dari:
- Bidang garapan Pengelolaan pendidikan
- Kebijakan Pendidikan Nasional
- Administrasi dan manajemen pendidikan
- Manajemen sekolah
- Standar dan penyiapan pembelajaran
- Kepemimpinan pendidikan
- Personalia sekolah
- Optimalisasi layanan pesdik
- Pembiayaan pendidikan
- Sekolah, masyarakat dan dunia industri
- Fasilitas sekolah
- Supervisi dan pengawasan
Pada konten ini, setiap mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya/menjawab/berbagi pengalaman mengenai materi yang tidak dimengerti, dan dosen mata kuliah dapat memberikan jawaban atas diskusi tersebut.
Ket: Setiap mahasiswa yang akan bertanya/menjawab harus disertai dengan (KODE JURUSAN_NAMA_NIM)
Kode Jurusan: PE (Pendidikan Ekonomi), TB (Teknik Bangunan),
Contoh: TE_Tedi Maulana_1407456
Jelaskan pendapat anda mengenai sekolah yang menggunakan dua kurikulum secara bersamaan? Apakah pelaksanaan kurikulum di Indonesia sudah bejalan efektif dan efisien?
Cermatilah kasus tersebut, lalu diskusikan dengan teman-teman pada forum diskusi yang telah disediakan.
Berdesarkan berita tersebut, terdapat dua kebijakan yaitu 1) kebijakan jam belajar full day school kurukulum 2013 sebanyak 46 jam untuk enam hari sekolah; dan 2) pemangkasan jam belajar full day school menjadi 40 jam sepekan dan sore hari untuk kegiatan ekstrakurikuler. Menurut anda, kebijakan manakah yang lebih baik untuk diterapkan (berikan alasan pada pilihan anda)! Serta strategi apa yang dapat menengahi antara dua kebijakan tersebut.
Catatan:
Setiap mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya atau menjawab terkait permasalahan tersebut. Jika salah satu mahasiswa sudah memberikan pertanyaan maka mahasiswa lainnya dapat menjawab dan mengembangkan jawaban tersebut atau bertanya kembali sesuai dengan konteks yang sedang dibahas.
Keterangan :
Setiap mahasiswa yang akan menjawab atau bertanya harus mencantumkan (KODE JURUSAN_NAMA_NIM_(tanya/jawab))
Kode Jurusan: PE (Pendidikan Ekonomi), TB (Teknik Bangunan),
Contoh: TB_Tedi Maulana_1407456_(tanya) / TB_Tedi Maulana_1407456_(jawab)
Buku ini merupakan salah satu buku rujukan/buku sumber yang dapat digunakan mahasiswa
Topik 9
Pada topik ini menggarisbawahi mengenai kepemimpinan pendidikan. Kepemimpinan merupakan proses mempengaruhi, menggerakkan, dan mengarahkan sumber daya yang dimiliki organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Terdapat delapan tipe atau gaya kepemimpinan yang dapat digunakan dalam menjalankan roda organisasi, serta terdapat tiga tipe pendekatan untuk memahami gaya kepemimpinan yang digunakan.
Mahasiswa diharuskan membuat Power Point secara berkelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang (pembagian kelompok tanggung jawab Ketua Kelas). Ketua Kelas harus berkordinasi dengan Ketua Kelas lainnya, untuk menentukan Topik/Materi yang akan dijadikan Power Point!
Topik/Materi, terdiri dari:
- Bidang garapan Pengelolaan pendidikan
- Kebijakan Pendidikan Nasional
- Administrasi dan manajemen pendidikan
- Manajemen sekolah
- Standar dan penyiapan pembelajaran
- Kepemimpinan pendidikan
- Personalia sekolah
- Optimalisasi layanan pesdik
- Pembiayaan pendidikan
- Sekolah, masyarakat dan dunia industri
- Fasilitas sekolah
- Supervisi dan pengawasan
Pada konten ini, setiap mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya/menjawab/berbagi pengalaman mengenai materi yang tidak dimengerti, dan dosen mata kuliah dapat memberikan jawaban atas diskusi tersebut.
Ket: Setiap mahasiswa yang akan bertanya/menjawab harus disertai dengan (KODE JURUSAN_NAMA_NIM)
Kode Jurusan: PE (Pendidikan Ekonomi), TB (Teknik Bangunan),
Contoh: TE_Tedi Maulana_1407456
Gaya kepemimpinan seperti apakah yang cocok dengan dirianda, jika seadainya anda menjadi seorang pemimpin? Berikan alasannya!
Cermatilah kasus tersebut, kemudian diskusikanlah dengan teman-teman pada forum diskusi yang telah disediakan.
Setelah anda membaca berita tersebut, bagaimana anda menyikapi permasalahan yang terjadi? Apabila anda menjadi kepala sekolah yang menghadapi permasalahan tersebut, tindakan apa yang akan anda ambil serta gaya kepemimpinan apa yang cocok untuk diterapkan?
Catatan:
Setiap mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya atau menjawab terkait permasalahan tersebut. Jika salah satu mahasiswa sudah memberikan pertanyaan maka mahasiswa lainnya dapat menjawab dan mengembangkan jawaban tersebut atau bertanya kembali sesuai dengan konteks yang sedang dibahas.
Keterangan :
Setiap mahasiswa yang akan menjawab atau bertanya harus mencantumkan (KODE JURUSAN_NAMA_NIM_(tanya/jawab))
Kode Jurusan: PE (Pendidikan Ekonomi), TB (Teknik Bangunan),
Contoh: TB_Tedi Maulana_1407456_(tanya) / TB_Tedi Maulana_1407456_(jawab)
Topik 10
Pada topik ini menggarisbawahi mengenai bagaimana mengelola personalia sekolah dari awal personalia diterima kerja hingga pemberhentia kerja. Pengelolaan personalia sekolah di awali pada proses analisis jabatan, seleksi pegawai, penempatan, pelatihan, mutasi, promosi, kompensasi dan pemberhentian kerja.
Mahasiswa diharuskan membuat Power Point secara berkelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang (pembagian kelompok tanggung jawab Ketua Kelas). Ketua Kelas harus berkordinasi dengan Ketua Kelas lainnya, untuk menentukan Topik/Materi yang akan dijadikan Power Point!
Topik/Materi, terdiri dari:
- Bidang garapan Pengelolaan pendidikan
- Kebijakan Pendidikan Nasional
- Administrasi dan manajemen pendidikan
- Manajemen sekolah
- Standar dan penyiapan pembelajaran
- Kepemimpinan pendidikan
- Personalia sekolah
- Optimalisasi layanan pesdik
- Pembiayaan pendidikan
- Sekolah, masyarakat dan dunia industri
- Fasilitas sekolah
- Supervisi dan pengawasan
Pada konten ini, setiap mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya/menjawab/berbagi pengalaman mengenai materi yang tidak dimengerti, dan dosen mata kuliah dapat memberikan jawaban atas diskusi tersebut.
Ket: Setiap mahasiswa yang akan bertanya/menjawab harus disertai dengan (KODE JURUSAN_NAMA_NIM)
Kode Jurusan: PE (Pendidikan Ekonomi), TB (Teknik Bangunan),
Contoh: TB_Tedi Maulana_1407456
Buatlah alur manajemen sumber daya manusia/personalia mulai dari analisis hingga pada pemberhentian, disertai dengan peraturan-peraturan yang terkait!
Cermatilah video tersebut, lalu diskusikan dengan teman-teman pada forum diskusi yang telah disediakan.
Berdasarkan berita tersebut, coba anda analisis permasalahan tersebut (berupa deskripsi). Apa faktor utama penyebab dari permasalahan tersebut? Menurut anda, berdasarkan teori atau peraturan yang berlaku siapa yang seharusnya bertanggungjawab untuk memberikan kompensasi (gaji) kepada guru honorer? Serta sebutkan peraturan tersebut.
Sumber video:
https://www.youtube.com/watch?v=9NCKLgMiHl8
Catatan:
Setiap mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya atau menjawab terkait permasalahan tersebut. Jika salah satu mahasiswa sudah memberikan pertanyaan maka mahasiswa lainnya dapat menjawab dan mengembangkan jawaban tersebut atau bertanya kembali sesuai dengan konteks yang sedang dibahas.
Keterangan :
Setiap mahasiswa yang akan menjawab atau bertanya harus mencantumkan (KODE JURUSAN_NAMA_NIM_(tanya/jawab))
Kode Jurusan: PE (Pendidikan Ekonomi), TB (Teknik Bangunan),
Contoh: TB_Tedi Maulana_1407456_(tanya) / TB_Tedi Maulana_1407456_(jawab)
Buku ini merupakan salah satu buku rujukan/buku sumber yang dapat digunakan mahasiswa
Topik 11
Topik ini menggarisbawahi mengenai konsep Optimalisasi layanan peserta didik atau dapat disebut juga sebagai pengelolaan atau manajemen peserta didik, yang dimulai dari proses awal yaitu ketika peserta didik masuk sekolah hingga pada peserta didik lulus atau keluar dari sekolah.
Mahasiswa diharuskan membuat Power Point secara berkelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang (pembagian kelompok tanggung jawab Ketua Kelas). Ketua Kelas harus berkordinasi dengan Ketua Kelas lainnya, untuk menentukan Topik/Materi yang akan dijadikan Power Point!
Topik/Materi, terdiri dari:
- Bidang garapan Pengelolaan pendidikan
- Kebijakan Pendidikan Nasional
- Administrasi dan manajemen pendidikan
- Manajemen sekolah
- Standar dan penyiapan pembelajaran
- Kepemimpinan pendidikan
- Personalia sekolah
- Optimalisasi layanan pesdik
- Pembiayaan pendidikan
- Sekolah, masyarakat dan dunia industri
- Fasilitas sekolah
- Supervisi dan pengawasan
Pada konten ini, setiap mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya/menjawab/berbagi pengalaman mengenai materi yang tidak dimengerti, dan dosen mata kuliah dapat memberikan jawaban atas diskusi tersebut.
Ket: Setiap mahasiswa yang akan bertanya/menjawab harus disertai dengan (KODE JURUSAN_NAMA_NIM)
Kode Jurusan: PE (Pendidikan Ekonomi), TB (Teknik Bangunan),
Contoh: TB_Tedi Maulana_1407456
Sebutkan kegiatan apa saja yang termasuk dalam manajemen peserta didik, jelaskan secara singkat dan kemukakan contohnya!
Setiap mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya atau menjawab terkait tentang Optimalisasi Layanan Pesdik. Jika salah satu mahasiswa sudah memberikan pertanyaan maka mahasiswa lainnya dapat menjawab dan mengembangkan jawaban tersebut atau bertanya kembali sesuai dengan konteks yang sedang dibahas.
Keterangan :
Setiap mahasiswa yang akan menjawab atau bertanya harus mencantumkan (KODE JURUSAN_NAMA_NIM_(tanya/jawab))
Kode Jurusan: PE (Pendidikan Ekonomi), TB (Teknik Bangunan),
Contoh: TB_Tedi Maulana_1407456_(tanya) / TB_Tedi Maulana_1407456_(jawab)
Buku ini merupakan salah satu buku rujukan/buku sumber yang dapat digunakan mahasiswa
Topik 12
Pada topik ini menggarisbawahi bagaimana mengelola pembiayaan pendidikan di sekolah, seperti dimulai dari proses perencanaan anggaran belanja sekolah, pelaksanaan anggaran belanja sekolah, penyelenggaraan pembukaan dan penyampaian laporan, serta pengawasan pelaksanaan anggaran sekolah. Selain itu, dibahas juga mengenai tipe-tipe pembiayaan pendidikan.
Mahasiswa diharuskan membuat Power Point secara berkelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang (pembagian kelompok tanggung jawab Ketua Kelas). Ketua Kelas harus berkordinasi dengan Ketua Kelas lainnya, untuk menentukan Topik/Materi yang akan dijadikan Power Point!
Topik/Materi, terdiri dari:
- Bidang garapan Pengelolaan pendidikan
- Kebijakan Pendidikan Nasional
- Administrasi dan manajemen pendidikan
- Manajemen sekolah
- Standar dan penyiapan pembelajaran
- Kepemimpinan pendidikan
- Personalia sekolah
- Optimalisasi layanan pesdik
- Pembiayaan pendidikan
- Sekolah, masyarakat dan dunia industri
- Fasilitas sekolah
- Supervisi dan pengawasan
Pada konten ini, setiap mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya/menjawab/berbagi pengalaman mengenai materi yang tidak dimengerti, dan dosen mata kuliah dapat memberikan jawaban atas diskusi tersebut.
Ket: Setiap mahasiswa yang akan bertanya/menjawab harus disertai dengan (KODE JURUSAN_NAMA_NIM)
Kode Jurusan: PE (Pendidikan Ekonomi), TB (Teknik Bangunan),
Contoh: TB_Tedi Maulana_1407456
- Sebutkan dan jelaskan proses kegiatan pada manajemen pembiayaan pendidikan!
- Analisis perbedaan sumber pendapatan antara lembaga sekolah negeri dengan swasta!
Setiap mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya atau menjawab terkait tentang Pembiayaan Pendidikan. Jika salah satu mahasiswa sudah memberikan pertanyaan maka mahasiswa lainnya dapat menjawab dan mengembangkan jawaban tersebut atau bertanya kembali sesuai dengan konteks yang sedang dibahas.
Keterangan :
Setiap mahasiswa yang akan menjawab atau bertanya harus mencantumkan (KODE JURUSAN_NAMA_NIM_(tanya/jawab))
Kode Jurusan: PE (Pendidikan Ekonomi), TB (Teknik Bangunan),
Contoh: TB_Tedi Maulana_1407456_(tanya) / TB_Tedi Maulana_1407456_(jawab)
Buku ini merupakan salah satu buku rujukan/buku sumber yang dapat digunakan mahasiswa
Topik 13
Topik ini menggarisbawahi mengenai konsep manajemen humas (hubungan masyarakat) dengan stakeholder, orang tua siswa, dunia industri, dll. Pembahasan lebih lanjut yaitu mengenai fungsi, tugas dan kewajiban, serta teknik-teknik dalam pelaksanaan manajemen humas.
Mahasiswa diharuskan membuat Power Point secara berkelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang (pembagian kelompok tanggung jawab Ketua Kelas). Ketua Kelas harus berkordinasi dengan Ketua Kelas lainnya, untuk menentukan Topik/Materi yang akan dijadikan Power Point!
Topik/Materi, terdiri dari:
- Bidang garapan Pengelolaan pendidikan
- Kebijakan Pendidikan Nasional
- Administrasi dan manajemen pendidikan
- Manajemen sekolah
- Standar dan penyiapan pembelajaran
- Kepemimpinan pendidikan
- Personalia sekolah
- Optimalisasi layanan pesdik
- Pembiayaan pendidikan
- Sekolah, masyarakat dan dunia industri
- Fasilitas sekolah
- Supervisi dan pengawasan
Pada konten ini, setiap mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya/menjawab/berbagi pengalaman mengenai materi yang tidak dimengerti, dan dosen mata kuliah dapat memberikan jawaban atas diskusi tersebut.
Ket: Setiap mahasiswa yang akan bertanya/menjawab harus disertai dengan (KODE JURUSAN_NAMA_NIM)
Kode Jurusan: PE (Pendidikan Ekonomi), TB (Teknik Bangunan),
Contoh: TB_Tedi Maulana_1407456
Bagaimana cara memberdayakan masyarakat dalam menunjang/mendukung peningkatan mutu proses pendidikan?
Paradigma hubungan keluarga, sekolah, dan masyarakat
Paradigma lama memandang keluarga, sekolah, dan masyarakat secara terpisah. Ketiga institusi tersebut tidak saling bekerja sama, apalagi bekerja sama secara sinergis, padahal ketiga institusi tersebut sebenarnya mempunyai fungsi yang sama, yakni mendidik anak-anak bangsa. Paradigma lama memandang urusan pendidikan sekolah adalah urusan pendidik dan tenaga kependidikan. Orangtua tidak peduli dengan urusan pendidikan anak-anak di sekolah itu. Terserah Pak Guru sajalah, demikian orangtua biasa menyampaikan ungkapan kepada sekolah. Apalagi dengan masyarakat, khususnya masyarakat DUDI, yang tidak peduli dengan urusan pendidikan sekolah. DUDI hanya berharap lulusan yang berkualitas. Kalau tidak maka DUDI akan berteriak, dan tidak ada rasa tanggung jawab terhadap upaya meningkatkan kualitas lulusan sekolah itu. Inilah paradigma lama hubungan antara keluarga, sekolah, dan masyarakat.
Sumber : http://suparlan.com/77/komite-sekolah-kondisi-masalah-dan-tantangan-di-masa-depan
Pertanyaan:
Bagaimana pandangan anda mengenai peranan ketiga pihak dalam meningkatkan mutu pendidikan? gambarkan bagan keterkaitan antara ketiga pihak dalam meningkatkan mutu pendidikan!
Setiap mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya atau menjawab terkait permasalahan tersebut. Jika salah satu mahasiswa sudah memberikan pertanyaan maka mahasiswa lainnya dapat menjawab dan mengembangkan jawaban tersebut atau bertanya kembali sesuai dengan konteks yang sedang dibahas.
Keterangan :
Setiap mahasiswa yang akan menjawab atau bertanya harus mencantumkan (KODE JURUSAN_NAMA_NIM_(tanya/jawab))
Kode Jurusan: PE (Pendidikan Ekonomi), TB (Teknik Bangunan),
Contoh: TB_Tedi Maulana_1407456_(tanya) / TB_Tedi Maulana_1407456_(jawab)
Buku ini merupakan salah satu buku rujukan/buku sumber yang dapat digunakan mahasiswa
Topik 14
Topik ini menggarisbawahi bagaimana mengelola fasilitas yang dimiliki oleh sekolah, seperti merencanakan kebutuhan fasilitas sekolah, pengadaan fasilitas, pemeliharaan fasilitas sekolah, inventarisasi fasilitas sekolah, dan penghapusan fasilitas sekolah serta membahas jenis-jenis sarana dan prasarana pendidikan.
Mahasiswa diharuskan membuat Power Point secara berkelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang (pembagian kelompok tanggung jawab Ketua Kelas). Ketua Kelas harus berkordinasi dengan Ketua Kelas lainnya, untuk menentukan Topik/Materi yang akan dijadikan Power Point!
Topik/Materi, terdiri dari:
- Bidang garapan Pengelolaan pendidikan
- Kebijakan Pendidikan Nasional
- Administrasi dan manajemen pendidikan
- Manajemen sekolah
- Standar dan penyiapan pembelajaran
- Kepemimpinan pendidikan
- Personalia sekolah
- Optimalisasi layanan pesdik
- Pembiayaan pendidikan
- Sekolah, masyarakat dan dunia industri
- Fasilitas sekolah
- Supervisi dan pengawasan
Pada konten ini, setiap mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya/menjawab/berbagi pengalaman mengenai materi yang tidak dimengerti, dan dosen mata kuliah dapat memberikan jawaban atas diskusi tersebut.
Ket: Setiap mahasiswa yang akan bertanya/menjawab harus disertai dengan (KODE JURUSAN_NAMA_NIM)
Kode Jurusan: PE (Pendidikan Ekonomi), TB (Teknik Bangunan),
Contoh: TB_Tedi Maulana_1407456
Bagaimana pandangan anda mengenai manajemen sarana dan prasarana di Indonesia, mengingat masih banyaknya sekolah-sekolah yang tidak memiliki gedung/ruang untuk belajar, bangunan dan media pembelajaran belum memenuhi standar? Strategi apa saja yang harus dilakukan untuk memenuhi sarana dan prasarana yang belum sesuai dengan standar?
Setiap mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya atau menjawab terkait tentang Fasilitas Sekolah. Jika salah satu mahasiswa sudah memberikan pertanyaan maka mahasiswa lainnya dapat menjawab dan mengembangkan jawaban tersebut atau bertanya kembali sesuai dengan konteks yang sedang dibahas.
Keterangan :
Setiap mahasiswa yang akan menjawab atau bertanya harus mencantumkan (KODE JURUSAN_NAMA_NIM_(tanya/jawab))
Kode Jurusan: PE (Pendidikan Ekonomi), TB (Teknik Bangunan),
Contoh: TB_Tedi Maulana_1407456_(tanya) / TB_Tedi Maulana_1407456_(jawab)
Buku ini merupakan salah satu buku rujukan/buku sumber yang dapat digunakan mahasiswa
Topik 15
Topik ini menggarisbawahi mengenai supervisi pendidikan dan pengawasan pendidikan yang membahas pengertian, tujuan, dan prinsip supervisi dan pengawasan.
Mahasiswa diharuskan membuat Power Point secara berkelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang (pembagian kelompok tanggung jawab Ketua Kelas). Ketua Kelas harus berkordinasi dengan Ketua Kelas lainnya, untuk menentukan Topik/Materi yang akan dijadikan Power Point!
Topik/Materi, terdiri dari:
- Bidang garapan Pengelolaan pendidikan
- Kebijakan Pendidikan Nasional
- Administrasi dan manajemen pendidikan
- Manajemen sekolah
- Standar dan penyiapan pembelajaran
- Kepemimpinan pendidikan
- Personalia sekolah
- Optimalisasi layanan pesdik
- Pembiayaan pendidikan
- Sekolah, masyarakat dan dunia industri
- Fasilitas sekolah
- Supervisi dan pengawasan
Pada konten ini, setiap mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya/menjawab/berbagi pengalaman mengenai materi yang tidak dimengerti, dan dosen mata kuliah dapat memberikan jawaban atas diskusi tersebut.
Ket: Setiap mahasiswa yang akan bertanya/menjawab harus disertai dengan (KODE JURUSAN_NAMA_NIM)
Kode Jurusan: PE (Pendidikan Ekonomi), TB (Teknik Bangunan),
Contoh: TB_Tedi Maulana_1407456
- Jelaskan perbedaan antara pengawasan serta supervisi pendidikan!
- Siapa saja yang berperan dalam pencapaian pengawasan pendidikan?
- Apa yang menyebabkan pengawasan pendidikan tidak berjalan secara optimal? Pembenahan apa saja yang harus dilakukan untuk menata ulang pengawasan pendidikan di Indonesia?
Cermatilah kasus tersebut, lalu diskusikan dengan teman-teman pada forum diskusi yang telah disediakan.
Dari masalah yang dipersoalkan di PINGGIR KOTA, menurut pandangan anda masalah manakah yang paling krusial yang lebih berdampak pada proses keberlangsungan pendidikan di sekolah (berikan alasannya)! Solusi apakah yang harus dilakukan jika ditinjau dari sudut pandang teori supervisi dan pengawasan?
Catatan:
Setiap mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya atau menjawab terkait permasalahan tersebut. Jika salah satu mahasiswa sudah memberikan pertanyaan maka mahasiswa lainnya dapat menjawab dan mengembangkan jawaban tersebut atau bertanya kembali sesuai dengan konteks yang sedang dibahas.
Keterangan :
Setiap mahasiswa yang akan menjawab atau bertanya harus mencantumkan (KODE JURUSAN_NAMA_NIM_(tanya/jawab))
Kode Jurusan: PE (Pendidikan Ekonomi), TB (Teknik Bangunan),
Contoh: TB_Tedi Maulana_1407456_(tanya) / TB_Tedi Maulana_1407456_(jawab)
Topik 16
Topik ini berisi lembaran soal yang dapat di download dan dikerjakan mahasiswa untuk mendapatkan nilai Ujian Akhir Semester. Setelah dikerjakan Mahasiswa dapat mengirimkan file jawabannya.