Topic outline

  • PENGANTAR ILMU SOSIOLOGI (3 SKS)

    LECTURER NAME : Dra. Devy Stany Walukow, M.Hum, M.Si

    CONTACT INFO : devy.waluko@uph.edu

    TUTOR 1

    CONTACT INFO

    DESKRIPSI MATAKULIAH :

    Fokus mata kuliah ini adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang prinsip-prinsip dasar, konsep, dan teori-teori sosiologi dalam mengkaji realita sosial masyarakat sebagai pribadi-pribadi ciptaan Tuhan yang menyadari akan adanya etika hidup bermasyarakat. Sehingga mahasiswa mampu memahami diri sendiri, lingkungan, dan masyarakat sebagai makhluk sosial yang berpengetahuan dan berbudi luhur menggunakan lensa Iman Kristen yang memperlihatkan penghargaan, keprihatinan, dan komitmen pada dunia.

    STANDAR KOMPETENSI:

    Membentuk pribadi yang sadar sebagai individu ciptaan Tuhan sehingga berperan aktif di dalam kehidupan masyarakat dalam menghadapi perubahan di era globalisasi sehingga dapat memberikan informasi secara benar, kritis, bijaksana, dan rasional kepada masyarakat dengan menggunakan teori-teori dalam Sosiologi yang berdasarkan kepada Tuhan Allah sebagai sang Logos.

    TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM :

    Setelah pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa dapat :

    1. Mengenal konsep sosiologi.
    2. Mengerti teori-teori dalam sosiologi
    3. Memahami manfaat sosiologi dalam kehidupan masyarakat
    4. Mengetahui realitas sosial dalam masyarakat
    5. Memahami keberagaman yang ada dalam setiap komunitas masyarakat sebagai ciptaan Tuhan.

    DURASI :

    Matakuliah Pengantar Sosiologi berbobot 3 sks dengan durasi perkuliahan 16 Minggu dengan detail 14 Minggu Perkuliahan Online, 1 Minggu UTS dan 1 Minggu UAS.

    COURSE POLICY :

    1. Mahasiswa wajib mengikuti kuliah jarak jauh.
    2. Mahasiswa wajib mengerjakan tugas sesuai yang diinstruksikan Dosen.
    3. Mahasiswa wajib mengadakan dan membentuk jaringan sebagai forum diskusi.
    4. Mahasiswa wajib membentuk kelompok sendiri sejak pertemuan pertama dan langsung melaporkan kepada Dosen.
    5. Mahasiswa wajib mengikuti UTS dan UAS.
    6. Mahasiswa wajib melakukan koordinasi dengan tutor.
    7. Mahasiswa yang melakukan plagiat dan kecurangan dalam tugas dan ujian dinyatakan gagal dengan nilai F dan tidak dapat mengikuti remedial.
    8. Remedial diberikan bagi mahasiswa yang mendapat nilai akhir F dan bukan karena terkait dengan masalah di poin 7. Nilai tertinggi yang dapat diperoleh setelah remedial adalah C.

    GRADING :

    Kat 1. (tugas individu) : 20%

    Kat 2. (tugas riset) : 10%

    Kat 3. (kuis) : 10%

    UTS : 25%

    UAS : 35%

    Rubrik Penilaian Tugas berbentuk Essay / Paper dapat didownload disini : RUBRIK

    METODE BELAJAR :

    Belajar individu:

    1. Membaca materi yang disusun oleh dosen di dalam jaringan on-line
    2. Melakukan analisis suatu topik dan mengkaitkan dengan realitas sosial
    3. Mencari dan merancang sebuah kasus yang terkait dengan topik
    4. Melakukan evaluasi, membuat kesimpulan / rangkuman, laporan, dan menyusun refleksi

    Aktivitas on-line:

    1. Tanya-jawab dan sharing sesuai topik yang dibahas. Belajar konteks
    2. Kuis
    3. Membagikan pemahaman dari hasil analisis dan menonton video / film.
    4. Diskusi dengan teman-teman yang mengikuti mata kuliah ini atau pembimbingan dosen tentang kasus-kasus yang ada dalam masyarakat dalam Forum Diskusi

    REFERENSI :

    Andersen, Margaret, L; Taylor, Howard, F; Sociology, USA : Thomson Learning, Inc, 2005
    Budijanto, Rohman; Teknologi Industri Media Dan Perubahan Sosial; Malang : Sosiologi Komunikasi Pascasarjana UMM & Buku Litera,2010
    Horton, Paul. B; Hunt, Chester, L; Sosiologi, Jakarta : Penerbit Erlangga, 1999
    Kuyper, Abraham; Iman Kristen dan Problema Sosial, Surabaya : Momentum, 2004
    ------------------------; Lecturer On Calvinism. Jakarta : Penerbit Momentum, 2005
    Naugle, David, K.; Wawasan Dunia, Jakarta : Penerbit Momentum, 2010
    Poythress, Vern, Sheridan; Redeeming Sociology, USA : Illinois, 2011
    Setiadi, Elly, M; Kolip, Usman; Pengantar Sosiologi, Jakarta : Kencana, 2011
    Sunarto, Kamanto; Pengantar Sosiologi (Edisi Revisi), Jakarta: Lembaga Penerbit FE Universitas Indonesia, 2004
    Soekanto, Soerjono; Sosiologi: Suatu Pengantar, (Edisi Baru 41), Jakarta: Raja Grafindo Perkasa, 2012
    Wolters, Albert, M; Pemulihan Ciptaan, Surabaya : Momentum, 2010

    RENCANA BABAK DAN RENCANA PELAKSANAAN

    Matakuliah ini terdiri dari 12 Topik untuk durasi 16 Minggu, yaitu :

    1. Pengantar / Pengenalan
    2. Wawasan Dunia
    3. Teori,Perspektif dalam Sosiologi dan pandangan teologi
    4. Kebudayaan Bagian 1
    5. Kebudayaan Bagian 2
    6. Cara kerja Sosiologi
    7. Sosialisasi dan Kelangsungan Hidup
    8. Group,Jaringan dan Organisasi
    9. Konformitas, Penyimpangan, dan Kejahatan Bagian 1
    10. Konformitas, Penyimpangan, dan Kejahatan Bagian 2
    11. Stratifikasi Global
    12. Kekuasaan Dan Perubahan Sosial
    13. Pekerjaan dan Kehidupan Ekonomi
    14. Pendidikan Dan Media Massa

    Adapun rencana pelaksanaan setiap babak terdapat pada Rencana Pembelajaran Semester (RPS)

  • Topic 1 : Pendahuluan (Pengantar Sosiologi)

    Tanggal : 12 Januari 2015 - 18 Januari 2015 (Minggu 1)

    Tujuan Instruksional Khusus :

    1. Mahasiswa dapat menyebutkan tentang : hakikat, obyek studi dan ruang lingkup Sosiologi.

    2. Mahasiswa dapat menjelaskan bentuk imajinasi sosiologis melalui pemberian contoh dalam realitas sosial

    E-book Sumber Bacaan / Referensi :

    Aktifitas:

    1. Mahasiswa secara individu memberikan feedback tentang tugas yang diberikan.Tugas : membuat rangkuman tentang obyek sosiologi, maksimal 1 halaman (KAT 1)
    2. Membentuk jaringan mahasiswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan tutor dan mahasiswa dengan dosen
    3. Mahasiswa menonton video, kemudian diskusikan tentang apakah yang dimaksudkan dengan imaginasi sosiologis dan buatlah essay maksimal 1/2 halaman (KAT 1)
    4. Forum diskusi
  • Topik 2 : Wawasan Dunia

    Tanggal : 19 Januari 2015 - 25 Januari 2015 (Minggu 2)

    Tujuan Instruksional Khusus :

    1. Mahasiswa dapat menyebutkan arti dan maksud wawasan dunia atau weltanshauung

    2. Mahasiswa dapat menjelaskan maksud dari redeeming sosiologi

    E-book Sumber Bacaan / Referensi :

    Aktifitas:

    1. Mahasiswa mengunduh dan mempelajari materi (pdf) serta mendengarkan lecturer notes.
    2. Mahasiswa mengerjakan kuis secara online di Moodle
    3. Dosen mengevaluasi kuis mahasiswa dan memberikan umpan balik melalui fitur chatting di Moodle.
  • Topik 3 : Teori; Perspektif dalam Sosiologi dan pandangan Teologi

    Tanggal : 26 Januari 2015-01 February 2015 (Minggu 3)

    Tujuan Instruksional Khusus :

    1. Mahasiswa dapat menjelaskan dengan kata-kata sendiri tentang arti perspektif dalam Sosiologi
    2. Mahasiswa dapat membedakan tentang teori evolusi, teori fungsional, teori konflik, dan teori tindakan sosial.

    E-book Sumber Bacaan / Referensi :

    Klik untuk melihat Materi pendukung

    Aktifitas:

    1. Mahasiswa mengunduh dan mempelajari materi (pdf) yang diunggah serta mendengarkan lecturer notes.
    2. Mahasiswa menonton video online yang diunggah di Moodle dan mendiskusikannya dalam forum diskusi dengan mengkaitkannya dengan teori-teori yang dipelajari (KAT 1)
    3. Mahasiswa menyusun laporan dan di unggah dalam Moodle
    4. Mahasiswa wajib mengerjakan kuis di Moodle (KAT 3)
    5. Dosen mengevaluasi tugas mahasiswa di Moodle dan memberikan umpan balik mengenai tugas dan kuis yang dikerjakan mahasiswa melalui fitur chatting di Moodle
  • Topik 4 : Kebudayaan

    Tanggal : 02 - 15 February 2015 (Minggu 4 dan 5)

    Tujuan Instruksional Khusus :

    1. Mahasiswa dapat menganalisa keragaman budaya dalam masyarakat dengan menggunakan perspektif atau teori-teori tentang kebudayaan

    E-book Sumber Bacaan / Referensi :

    Aktifitas:

    Minggu 4:

    1. Mahasiswa mengunduh dan mempelajari materi (pdf) yang diunggah serta mendengarkan lecturer notes.
    2. Mahasiswa menonton video online yang diunggah di Moodle dan mempelajarinya secara mandiri
    3. Mahasiswa ditugaskan membuat essay tentang perubahan budaya dapat terjadi dalam masyarakat.
    4. Dosen mengevaluasi tugas mahasiswa di Moodle dan memberikan umpan balik mengenai tugas mahasiswa melalui fitur chatting di Moodle

    Minggu 5 :

    1. Mahasiswa mengunduh dan mempelajari materi (pdf) yang diunggah serta mendengarkan lecturer notes.
    2. Mahasiswa menonton video online yang diunggah di Moodle tentang: Kehidupan keberagaman budaya di Indonesia: Masalah dan Solusinya dan dan mempelajarinya
    3. Mahasiswa memberikan tanggapan mengenai video yang ditonton dan mendiskusikannya dengan teman dan tutor menggunakan dalam forum diskusi di Moodle.
  • Topik 5 : Cara Kerja Sosiologi

    Tanggal : 16-22 February 2014 (Minggu 6)

    Tujuan Instruksional Khusus :

    1. Mahasiswa dapat menyebutkan pengaruh zaman pencerahan bagi Sosiologi sebagai ilmu
    2. Mahasiswa dapat membedakan alat-alat yang digunakan dalam penelitian Sosiologi dengan memberikan contoh
    3. Mahasiswa dapat menjelaskan maksud dari bebas nilai dalam penelitian sosiologi sebagai etika penelitian

    E-book Sumber Bacaan / Referensi :

    Aktifitas:

    1. Mahasiswa mengunduh dan mempelajari materi (pdf) yang diunggah serta mendengarkan lecturer notes.
    2. Mahasiswa menonton video online yang diunggah di Moodle dan mempelajarinya secara mandiri
    3. Mahasiswa mendiskusikan video tersebut melalui forum diskusi dengan teman-teman dan tutor
    4. Mahasiswa mengerjakan kuis di Moodle dan dosen mengevaluasi hasilnya di Moodle

  • Topik 6 : Sosialisasi dan Kelangsungan Hidup

    Tanggal : 23 Februari 2015 - 01 Maret 2015 (minggu 7)

    Tujuan Instruksional Khusus :

    1. Mahasiswa dapat menjelaskan tentang bentuk sosialisasi dan kelangsungan hidup masyarakat dengan cara memberikan contoh
    2. Mahasiswa dapat membuktikan maksud dari resosialisasi melalui proses pertobatan dan indoktrinasi.

    E-book Sumber Bacaan / Referensi :

    Aktifitas:

    1. Mahasiswa mengunduh dan mempelajari materi (pdf) yang diupload serta mendengarkan lecturer notes.
    2. Mahasiswa menonton video online yang diunggah di Moodle dan mempelajarinya serta mendiskusikan video tersebut dalam forum diskusi
    3. Dosen mengevaluasi mahasiswa dan memberikan umpan balik kepada mahasiswa melalui chatting dan/atau video call di Skype.
    4. Dosen memberikan instruksi dan pengumuman terkait ujian tengah semester dan berdiskusi dengan mahasiswa menggunakan Skype
  • UTS (ONLINE)

    Tanggal : 02-08 Maret 2014 (Minggu 8)

    Aktifitas: UTS (ONLINE)

    1. Mahasiswa mengerjakan kuis UTS online di Moodle
    2. Kuis UTS dibuka pada tanggal 02-08 Maret 2015, pk 07:00- pk.22.00
    3. Kesempatan pengerjaan kuis online hanya 1 kali.
    4. Waktu pengerjaan kuis adalah 90 menit.
  • Topik 7 : Group, Jaringan, Dan Organisasi

    Tanggal : 09-15 Maret 2015 (Minggu 9)

    Tujuan Instruksional Khusus :

    1. Mahasiswa dapat membedakan yang dimaksudkan dengan group, jaringan, dan organisasi

    E-book Sumber Bacaan / Referensi :

    Aktifitas:

    1. Mahasiswa mengunduh dan mempelajari materi (pdf) yang diunggah serta mendengarkan lecturer notes.
    2. Mahasiswa membuat video berkaitan dengan: 1). group, 2). jaringan, dan 3). organisasi, dengan durasi keseluruhan 10-15 menit, dan mengunggahnya di youtube (membuat saluran pribadi) dan membagikan linknya ke Moodle, instruksi tugas sbb :
      1. Bentuk file dapat dalam format flv atau mp4 (maksimal 10 MB)
      2. Sebagai alternatif, jika file size terlalu besar untuk diupload ke Moodle, file video dapat diupload ke Youtube (mahasiswa dapat membuat akun di Youtube dan upload videonya disana), kemudian link video ke youtube yang diserahkan dalam file tugas (doc).
      3. Dosen mengevaluasi tugas mahasiswa serta memberikan umpan balik melalui fitur chatting di Moodle
  • Topik 8 : Konformitas, Penyimpangan, dan Kejahatan

    Tanggal : 16-29 Maret 2015 (Minggu 10 dan 11)

    Tujuan Instruksional Khusus :

    1. Mahasiswa dapat menunjukkan perbedaan antara konformitas, penyimpangan, dan kejahatan melalui pemberian contoh.

    E-book Sumber Bacaan / Referensi :

    Aktifitas:

    Minggu 10:

    1. Mahasiswa mengunduh dan mempelajari materi (pdf) yang diunggah serta mendengarkan lecturer notes.
    2. Mahasiswa menonton video online yang diunggah di Moodle dan mempelajarinya
    3. Mahasiswa dan dosen mendiskusikan video tersebut dalam forum diskusi
    4. Mahasiswa ditugaskan membuat sebuah tulisan tentang perbedaan antara konformitas, penyimpangan, dan kejahatan (dengan masing-masing contoh) berdasarkan tayangan video dan diunggah di Moodle
    5. Dosen mengevaluasi tugas mahasiswa serta memberikan umpan balik melalui fitur chatting di Moodle.

    Minggu 11:

    1. Mahasiswa membuat laporan hasil indentifikasi dari bentuk kejahatan cyberterrorism yang ada di tengah masyarakat, serta memberikan solusi bagi penyelesaian kejahatan tersebut. Tetapi sebelumnya harus mengikuti penjelasan ttg cyberterrorism di Moodle
    2. Mahasiswa mengunggah tugas laporannya di Moodle.
    3. Mahasiswa mengerjakan kuis materi online
    4. Dosen mengevaluasi tugas dan kuis yang dikerjakan mahasiswa di Moodle dan memberikan umpan balik melalui fitur chatting.
  • Topik 9 : Stratifikasi Global

    Tanggal : 30 Maret-05 April 2015 (Minggu 12)

    Tujuan Instruksional Khusus :

    1. Mahasiswa dapat menyimpulkan dampak stratifikasi global melalui pemberian contoh antara negara kaya dan negara miskin

    E-book Sumber Bacaan / Referensi :

    Aktifitas:

    1. Mahasiswa mengunduh dan mempelajari materi (pdf) yang diupload serta mendengarkan lecturer notes.
    2. Mahasiswa menonton video online yang diunggah di Moodle dan mempelajarinya
    3. Mahasiswa mendiskusikan video tersebut dalam forum diskusi
    4. Mahasiswa membuat resume dan mengunggahnya di Moodel
    5. Dosen mengevaluasi dan memberikan umpan balik di Moodle.
  • Topik 10 : Kekuasaan Dan Perubahan Sosial

    Tanggal : 06-12 April 2015 (Minggu 13)

    Tujuan Instruksional Khusus :

    1. Mahasiswa dapat menjelaskan tentang realita kehidupan masyarakat dikaitkan dengan beberapa teori tentang kekuasaan
    2. Mahasiswa dapat menunjukkan bentuk-bentuk perubahan sosial dengan menggunakan teori-teori tentang perubahan sosial

    E-book Sumber Bacaan / Referensi :

    Aktifitas:

    1. Mahasiswa mengunduh dan mempelajari materi (pdf) yang diunggah serta mendengarkan lecturer notes.
    2. Mahasiswa menonton video online yang diunggah di Moodle dan mempelajarinya secara mandiri
    3. Mahasiswa dan dosen wajib aktif dalam forum diskusi'
    4. Mahasiswa wajib mengerjakan kuis materi.
  • Topik 11 : Pekerjaan dan Kehidupan Ekonomi

    Tanggal : 13-19 April 2015 (Minggu 14)

    Tujuan Instruksional Khusus :

    1. Mahasiswa dapat menjelaskan tentang kehidupan ekonomi masyarakat dengan menggunakan perspektif / teori dalam bekerja

    E-book Sumber Bacaan / Referensi :

    Aktifitas:

    1. Mahasiswa mengunduh dan mempelajari materi (pdf) yang diunggah serta mendengarkan lecturer notes.
    2. Mahasiswa menonton video dan mempelajari video tersebut secara mandiri
    3. Setiap mahasiswa menyusun deskripsi (uraian) tentang kehidupan ekonomi masyarakat dengan menggunakan perspektif/teori dalam bekerja dan mengunggahnya di Moodle
    4. Dosen memberikan umpan balik dalam forum diskusi
  • Topik 12 : Pendidikan Dan Media Massa

    Tanggal : 20-26 April 2015 (Minggu 15)

    Tujuan Instruksional Khusus :

    1. Mahasiswa dapat menjelaskan setiap pandangan tentang pendidikan dalam masyarakat
    2. Mahasiswa dapat membuat sebuah rancangan berbentuk slogan tentang pendidikan yang disampaikan dalam salah satu jenis media massa

    E-book Sumber Bacaan / Referensi :

    Aktifitas:


    1. Mahasiswa mengunduh dan mempelajari materi (pdf) yang diunggah serta mendengarkan lecturer notes
    2. Mahasiswa menonton dan mempelajari video online yang diunggah di Moodle serta mendiskusikan video tersebut dalam forum diskusi.
    3. Mahasiswa mengerjakan tugas yang diberikan dan mengunggah tugas tersebut di Moodle.
    4. Dosen mengevaluasi tugas mahasiswa di Moodle dan memberikan umpan balik melalui fitur chatting dan melakukan tatap muka melalui video call di Skype.
    5. Dosen berdiskusi dan memberkan instruksi serta pengumuman terkait proses Ujian Akhir Semester melalui video call di Skype
  • UAS (ONSITE IN USBJJ)

    Tanggal : 27 April - 03 Mei 2015 (Minggu 16)

    Aktifitas: UAS

  • FEEDBACK & PEMBERITAHUAN REMEDIAL

    Tanggal : 5 Mei - 10 Mei 2015

    Aktifitas:

    1. Mahasiswa melihat nilai hasil ujian
    2. Jika gagal mahasiswa harus melakukan remedial