Weekly outline

  • Selamat datang ..

    Selamat datang ke dalam situs pembelajaran Pendidikan Jarak Jauh. Dalam situs ini kita akan mendiskusikan tentang pendidikan jarak jauh, mulai dari filosofi, pedagogi, sampai implementasi PJJ. Beberapa aktivitas belajar telah dirancang dengan mensyaratkan keaktifan Anda dalam berinteraksi dengan sesama mahasiswa maupun dengan dosen.

    Selamat belajar ...

    Hari Wibawanto

    hariwibawanto@gmail.com

  • MOOCs .... PJJ skala masif

    MOOCs, atau Massive Open Online Courses, adalah bentuk evolusi terbaru pendidikan jarak jauh yang berkembang seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, terutama Internet. Salah satu pelopor MOOCs adalah Coursera (http://coursera.com).
    Pada sesi pengantar ini, Anda diminta mencermati video ceramah Daphne Kohler, salah satu pelopor pendidikan jarak jauh skala masif (dari sisi jumlah peserta kuliahnya) yang kemudian mendirikan Coursera. Bagaimana teknologi informasi dan komunikasi membuka peluang baru untuk model pembelajaran PJJ yang mampu menjangkau komunitas yang sebelumnya tidak terjangkau dengan biaya yang dapat ditekan sangat murah. Selamat menyimak.

  • Dari Korespondensi sampai Daring

    Pada bagian ini, kita mendiskusikan perkembangan PJJ mulai model korespondensi sampai pembelajaran dalam jaringan (online learning)

  • Evolusi Teori PJJ

    Bagian ini menjelaskan berbagai kerangka teori tentang pendidikan jarak jauh yang dikemukakan oleh Otto Peters, Michael Moore, Borje Holmberg, Desmon Keegan, D.R. Garrison (bersama Myra Baynton dan Doug Shale) serta John Verduin dan Thomas Clark.

  • Desain Pembelajaran pada PJJ

    Membahas pentingnya desain pembelajaran (instructional design) pada pendidikan jarak jauh yang meliputi: Mengapa desain pembelajaran penting? Bagaimana orang dewasa belajar? Apa yang berbeda pada bahan ajar untuk pendidikan jarak jauh?, dan apa saja jenis-jenis desain pembelajaran?

  • Merencanakan Pembelajaran

    Bagian ini membahahas mengenai bagaimana pembelajaran dalam PJJ disiapkan. Oleh karena bagian utama dari pembelajaran dalam PJJ adalah bahan ajar, maka topik sentral dalam pembahasan ini adalah profil pembelajar dan bahan ajar yang harus dibuat.

  • Media Pembelajaran

    Pada bagian ini didiskusikan berbagai media yang dapat digunakan dalam pendidikan jarak jauh, mulai dari media cetak sampai video interaktif

  • Multimedia dalam PJJ

    Bahan ajar multimedia adalah salah satu bahan ajar yang banyak digunakan dalam pembelajaran daring. Kemajuan komputer dalam menyajikan bahan ajar multimedia menjadikan pembelajaran daring, dalam beberapa hal, unggul dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Dalam sesi ini akan dibahas teori mengenai pembelajaran multimedia, berdasarkan temuan-temuan empiris pada ahli.

  • Tutorial Daring

    Interaksi dengan dosen, baik langsung melalui komunikasi sinkron maupun asinkron maupun tidak langsung melalui buku ajar yang komunikatif, perlu dilakukan untuk menjaga "kehadiran" pengajar dalam pembelajaran daring (online). Proses "membelajarkan" dapat dilakukan secara daring (dengan interaksi tekstual sinkron maupun asinkron maupun interaksi verbal realtime melalui telekonferensi) maupun secara luring (dengan membuka kelas-kelas konvensional untuk pembelajaran yang memang memerlukan tatap muka). Pada sesi ini kita akan mendiskusikan bagaimana tutorial daring pada pendidikan jarak jauh diselenggarakan.