Weekly outline

  • Profil Mata Kuliah


    Mata Kuliah Strategi dan Implementasi E-Commerce ini merupakan bagian dari Program yang diselenggarakan oleh APTIKOM (Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer) bekerja sama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Program ini secara khusus dirancang bagi para dosen informatika dan komputer di Indonesia yang belum memiliki latar belakang tingkat magister. Adapun mata kuliah ini juga merupakan salah satu dari Materi Daring Terbuka yang dikembangkan oleh Tim PDITT (Perkuliahan Daring Indonesia Terbuka dan Terpadu).

  • Dosen Pengampu dan Asisten/Tutor

  • Pendahuluan

    Ketika untuk pertama kalinya internet diperkenalkan, pemrakarsanya tidak pernah menduga bahwa dampaknya nanti di kemudian hari akan sedemikian dasyatnya. Yang terbayangkan oleh manusia sebelumnya adalah suatu globalisasi dunia fisik, dimana batasan geografis yang membagi bumi menjadi beberapa negara akan perlahan-lahan pudar dan hilang. Dan secara perlahan-lahan usaha tersebut mulai dilakukan dengan membuka perdagangan dunia seluas-luasnya, tanpa adanya proteksi pemerintah atau pihak lain yang mengatur mekanisme jual beli.

    Perkembangan internet telah menyebabkan terbentuknya sebuah arena baru yang lazim disebut sebagai dunia maya, dimana setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk berhubungan dengan individu lain tanpa adanya batasan apapun yang menghalanginya. Globalisasi yang sesungguhnya pada dasarnya telah terlaksana di dunia maya, yang menghubungkan antar seluruh masyarakat digital atau mereka yang kerap menggunakan internet dalam aktivitas kehidupannya setiap hari.

    Dari seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak oleh kehadiran internet, sektor bisnis atau perdagangan merupakan yang paling cepat tumbuhnya. Berdagang di dunia maya dengan memanfaatkan perangkat telekomunikasi, yang kerap diistalahkan sebagai e-commerce (electronic commerce), merupakan suatu mekanisme bisnis tersendiri yang masih seumur jagung usianya. Namun disinilah letak keistimewaannya. Untuk pertama kalinya seluruh manusia di lapisan bumi memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk dapat berhasil berbisnis di dunia maya, karena selain permainan ini masih sangat baru, lahan yang belum digarap masih tersedia sedemikan luasnya.

  • Pokok Bahasan #1: Dunia Electronic Commerce

  • Pokok Bahasan #2: Proses Bisnis Dalam Kerangka Electronic Commerce

  • Pokok Bahasan #3: Arsitektur Bisnis dan Teknologi dalam Pengembangan Electronic Commerce

  • Pokok Bahasan #4: Membangun Komunitas Dunia Maya

  • Pokok Bahasan #5 : Fenomena B-Web di Dunia Maya

  • Pokok Bahasan #6: Virtual Value Chain

  • Ujian Tengah Semester

  • Pokok Bahasan #7 : Kesalahan Utama memulai Bisnis di Dunia Maya

  • Pokok Bahasan #8: Sistem Keamanan Komunikasi Dalam Electronic Commerce

  • Pokok Bahasan #9: Strategi Pengadaan Software Electronic Commerce

  • Pokok Bahasan #10: Konvergensi Industri di Dunia Maya

  • Pokok Bahasan #11: Para Arsitek Sistem Electronic Commerce dan Kompetensinya

  • Pokok Bahasan #12: Jurus Membangun dan Mempertahankan Loyalitas Konsumen