Topic outline

  • General

                        KEWIRAUSAHAAN :   TEORI DAN PERILAKU
    Matakuliah daring ini memberikan pembelajaran mengenai teori perilaku wirausaha. Setelah mengikuti pembelajaran dalam matakuliah ini mahasiswa akan mampu memahami, menjelaskan dan melaksanakan perilaku wirausaha. Dalam dunia akademis, penelitian perilaku konsumen dan perilaku produsen telah berkembang pesat akan tetapi tidak demikian dengan perilaku wirausaha. Matakuliah ini akan menjelaskan bagaimana membentuk perilaku wirausaha dan apa saja yang membedakan dengan perilaku konsumen dan produsen.

    Tujuan pembelajaran matakuliah ini adalah mampu mengaplikasikan berbagai konsep akademis yang menentukan seseorang dapat sukses berkesinambungan meniti karir sebagai wirausaha. Mahasiswa akan diperkenalkan pada konsep bricolage, effectuation, thinking strutucturally, cognitive adept untuk kemudian diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Konsep ini dijelaskan dan dipraktekan dalam aktifitas kelompok.

    Beberapa konsep manajemen dan inovasi juga diperkenalkan untuk mengetahui bagaimana perilaku seorang wirausaha. Dimulai dari mencari sumber ide bisnis yang valid dan layak dilaksanakan berdasarkan penguasaan aspek produksi, pemasaran, dan sumber daya yang dimiliki hingga pelaksanaan proses produksi, penjualan dan penelitian terperinci mengenai tanggapan konsumen serta mengkonversi kegiatan siklus bisnis menjadi laporan keuangan. Dalam hal ini akan diperkenalkan metode lean startup, unique value proposition, dan metode penelitian konsumen.

    Setelah itu melakukan proyeksi peluang bisnis selama beberapa periode kedepan dan mempersiapkan presentasi rencana bisnis kepada para calon investor. Hal ini termasuk memperkenalkan beberapa analisis seperti analisa SWOT, strategi bauran pemasaran (pemasaran gerilya). Dalam laporan kelayakan dan rencana bisnis juga diperkenalkan metode survey validitas atas aspek-aspek kunci keberhasilan bisnis.

    CATATAN: HARAP MAHASISWA SELALU MEMERIKSA INFORMASI DAN TUGAS BELAJAR TERKINI PADA NEWS FORUM DIBAWAH INI.

  • Topic 1

    Kewirausahaan:

    Tujuan Pembelajaran (3 sampai 4 sesi):

    1. Mengidentifikasi dan Mengasosiasikan Sumber Pendapatan dalam Perekonomian dilihat dari Teori Klasik (Pendapatan Gaji, Bunga, Sewa, Profit) dan Modern (Pendapatan aktif, pasif dan portofolio).
    2. Mengidentifikasi dan Membandingkan Perilaku Konsumen, Produsen dan Wirausaha.
    3. Konsep komponen perilaku wirausaha untuk mengukur keberhasilan usaha (Bricolage, Effectuation, Thinking Structurally, Cognitive Adept) dari teori penelitian beberapa akademis.
  • This topic

    Topic 3

    Implementasi Perilaku Wirausaha.

    Dalam tahap ini mahasiswa membuat kelompok usaha pemula dengan membahas produk yang akan diciptakan karena dibutuhkan oleh masyarakat segmen pasar yang dipilih.

    Kegiatan diskusi menggunakan metode BETSCA dan DISRUPT. Dimana mengakses bricolage masing-masing, juga efektuasi atau minat atau keinginan terbesar menghasilkan produk yang bermanfaat, menggunakan pembelajaran terkait dalam membuat produk dan memperhatikan adaptasi yang diperlukan agar produk dapat laku dipasar.

    Yang ditulis dalam laporan adalah tahap perumusan produk lalu tahap rencana pelaksanaan produksi produk, mengumpulkan sumber daya, menghitung biaya proses produksi, menerapkan strategi harga produk dan penggabungan dengan tema pemasaran, penjualan produk, penelitian tanggapan konsumen, perencanaan penyempurnaan produk.

    Metode Pembelajaran: Problem Based Learning (Pembelajaran berbasis kasus) dimana mahasiswa diharapkan menyelesaikan masalah pasar dengan menciptakan produk.

    Metode baru yang akan dipelajari: Bangun-Ukur-Pelajari (Build-Measure-Learn) Lean Startup; dan Unique Value Propostion.