General
KEWIRAUSAHAAN : TEORI DAN PERILAKUMatakuliah daring ini memberikan pembelajaran mengenai teori perilaku wirausaha. Setelah mengikuti pembelajaran dalam matakuliah ini mahasiswa akan mampu memahami, menjelaskan dan melaksanakan perilaku wirausaha. Dalam dunia akademis, penelitian perilaku konsumen dan perilaku produsen telah berkembang pesat akan tetapi tidak demikian dengan perilaku wirausaha. Matakuliah ini akan menjelaskan bagaimana membentuk perilaku wirausaha dan apa saja yang membedakan dengan perilaku konsumen dan produsen.
Tujuan pembelajaran matakuliah ini adalah mampu mengaplikasikan berbagai konsep akademis yang menentukan seseorang dapat sukses berkesinambungan meniti karir sebagai wirausaha. Mahasiswa akan diperkenalkan pada konsep bricolage, effectuation, thinking strutucturally, cognitive adept untuk kemudian diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Konsep ini dijelaskan dan dipraktekan dalam aktifitas kelompok.
Beberapa konsep manajemen dan inovasi juga diperkenalkan untuk mengetahui bagaimana perilaku seorang wirausaha. Dimulai dari mencari sumber ide bisnis yang valid dan layak dilaksanakan berdasarkan penguasaan aspek produksi, pemasaran, dan sumber daya yang dimiliki hingga pelaksanaan proses produksi, penjualan dan penelitian terperinci mengenai tanggapan konsumen serta mengkonversi kegiatan siklus bisnis menjadi laporan keuangan. Dalam hal ini akan diperkenalkan metode lean startup, unique value proposition, dan metode penelitian konsumen.
Setelah itu melakukan proyeksi peluang bisnis selama beberapa periode kedepan dan mempersiapkan presentasi rencana bisnis kepada para calon investor. Hal ini termasuk memperkenalkan beberapa analisis seperti analisa SWOT, strategi bauran pemasaran (pemasaran gerilya). Dalam laporan kelayakan dan rencana bisnis juga diperkenalkan metode survey validitas atas aspek-aspek kunci keberhasilan bisnis.
CATATAN: HARAP MAHASISWA SELALU MEMERIKSA INFORMASI DAN TUGAS BELAJAR TERKINI PADA NEWS FORUM DIBAWAH INI.