Identitas Mata Kuliah
SELAMAT DATANG DI
MATA KULIAH: STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA JERMAN
Prodi Pendidikan Bahasa Jerman - S1Semester Ganjil 2017/2018 - 2 SKS
Dosen: Dr. Wening Sahayu, MPd.
Selamat Datang para mahasiswa di mata kuliah Strategi Pembelajaran Bahasa Jerman. Mata kuliah ini bertujuan memberikan kompetensi kepada mahasiswa untuk menguasai pendekatan, metode, dan strategi yang efektif untuk pengajaran bahasa Jerman sebagai bahasa asing (Deutsch als Fremdsprache im Unterricht). Pada awal perkuliahan, mahasiswa diwajibkan terjun ke sekolah untuk melakukan observasi. Melalui observasi ini, mahasiswa akan memiliki pengalaman mengenai pembelajaran bahasa Jerman yang dilakukan guru di kelas yang sesungguhnya. Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa bisa menanyakan berbagai hal yang berkaitan dengan pembelajaran yang akan dilakukan oleh guru. Topik-topik yang dibahas meliputi; pendekatan komunikatif dalam pengajaran bahasa, pendekatan pengajaran bahasa secara terpadu, strategi pengajaran menyimak, startegi pengajaran berbicara, membaca, menulis, dan strategi pengajaran gramatik. Penilaian dilakukan melalui tes tertulis, tugas-tugas terstruktur serta hasil praktek. Selamat Belajar! Sukses selalu, Viel Erfolg!
PROFIL DOSEN
Dosen Pendidikan Bahasa Jerman FBS dan Pascasarjana UNY Email: weningsahayu@uny.ac.id |
IDENTITAS MATA KULIAH
1. Fakultas / Program Studi : Bahasa dan Seni/ Pendidikan Bahasa Jerman
2. Mata Kuliah & Kode : Strategi Pembelajaran Bahasa Jerman Hasil
3. Kode : JER6251
4. SKS : Teori: 2 SKS / Praktik: SKS /
5. Semester : 5 / Waktu : 100 Menit
6. Capaian Pembelajaran
1) (C2) Peserta didik memaparkan hakikat Startegi Belajar Mengajar dan (C4) memberikan pandangan pribadi atas fenomena proses pembelajaran yang dialaminya dan yang terjadi disekitarnya.
2) (C2) Peserta didik mampu menjelaskan strategi belajar mengajar yang mendukung Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan (C6) berkreasi untuk menghasilkan item soal yang sesuai dengan HOTS.
3) (C2) Peserta didik mampu menjelaskan pendekatan komunikatif: sejarah dan konsep global dan C4) menjelaskan persamaan dan perbedaan dengan pendekatan tradisional.
4) (C2) Peserta didik mampu menjelaskan strategi belajar mengajar menyimak, membaca, berbicara, menulis dan (C3) mampu menyusun RPP dan (C6) mempraktekkannya (didokumentasikan dalam video)
5) (C2) Peserta didik mampu menjelaskan strategi pengelolaan kelas yang efektif dan atraktif.
6) (C2) Peserta didik mampu menjelaskan strategi belajar mengajar dengan menggunakan permainan bahasa (C6) mempraktekkannya (didokumentasikan dalam video).
7. Peta Kompetensi
8. Gambaran Kegiatan Perkuliahan
KOMPONEN LANGKAH
|
Uraian Kegiatan |
Estimasi Waktu |
Metode |
Media |
Sumber Bahan/ Referensi |
Pendahuluan |
Silabi, hakikat strategi belajar mengajar, pandangan pribadi atas fenomena proses pembelajaran yang dialaminya dan yang terjadi disekitarnya.
|
10 menit |
ceramah |
|
|
Penyajian (Inti) |
Apa itu strategi belajar mengajar? Tujuan dan fungsi strategi belajar mengajar. Ciri-ciri strategi belajar mengajar. |
80 menit |
Ceramah, diskusi, presentasi, penugasan |
OHP, LCD |
|
Penutup |
Mahasiswa merefleksi kegiatan belajar mengajar yang pernah dialami selama sekolah.
|
10 menit |
Ceramah, penugasan |
|
|
Tindak Lanjut |
Tugas menceritakan hasil refleksi tentang proses belajar mengajar.
|
|
|
|
|